Perhelatan sastra terbesar se-Asia Tenggara kembali digelar di Ubud pada bulan Oktober nanti. Siapapun yang merasa memiliki dan menggilai sastra pasti tak mau ketinggalan ambil bagian. Ratusan pembicara dari berbagai belahan dunia berlatar belakang penulis, musisi, jurnalis, sineas, penari, hingga juru masak dan aktivis sosial serta lingkungan hadir di Ubud untuk berbagi kisah mereka. Salah satu yang pernah mencuri perhatian adalah Hyeonseo Lee, penulis The Girl with Seven Names yang bercerita tentang pelariannya dari Korea Utara ke Korea Selatan. Kalau dari dalam negeri, sebut saja penulis Dee Lestari, Seno Gumira Adjidarma, Eka Kurniawan, Goenawan Mohamad, Sapardi Djoko Damono, Debra Yatim, dan lain-lain yang kerap menjadi langganan festival tersebut. Nah, bagi kamu pecinta sastra yang ingin datang tapi berdana minimal, kamu bisa kok datang ke Ubud Writers & Readers Festival dengan budget 1 juta. Bagaimana caranya? Simak ya!

1. Pilih transportasi murah

Photo Credit: Bus Traveller

Bagi kamu yang tinggal di pulau Jawa dan tidak sedang diburu waktu, datang ke Bali dengan jalur darat tentu lebih murah dibanding dengan transportasi udara. Tiket bus malam dari Surabaya ke Terminal Ubung kini dibandrol kurang dari 200 ribu rupiah saja. Untuk pulang-pergi kamu hanya butuh ongkos sekitar 400 ribu ya.

2. Penginapan hemat di jantung Ubud

Photo Credit: Freelance WordPress Developer

Tak perlu memilih penginapan mahal untuk menikmati Ubud, sebab yang harganya hemat juga menawarkan pengalaman tak terlupakan. Kamu bisa menemukan penginapan murah meriah tersebut di sekitar Jalan Monkey Forest Gang Arjuna, Jalan Suweta, atau Jalan Kajeng. Tak hanya bersih dan hemat, penginapan di sini pun menyediakan menu sarapan yang cukup mengenyangkan. Harga per malam dibandrol mulai 180 ribu rupiah untuk bertiga. Jadi, 180 ribu rupiah dibagi 3 orang dikali 4 hari festival hasilnya adalah 240 ribu rupiah.

3. Manfaatkan free shuttle

Photo Credit: Balinest

Yayasan Mudra Swari Saraswati sebagai payung dari Ubud Writers and Readers Festival menyediakan free shuttle yang bisa menjangkau semua venue panel diskusi. Jadi, buat kamu yang ber-budgetpas-pasan tidak perlu bingung menyewa kendaraan. Dimana bisa menjumpai free shuttle ini? Biasanya ia akan start di Casa Luna dan akan berhenti di Jalan Sanggingan.

4. Banyak kenalan banyak rezeki

Photo Credit: UWRF 2014/Anggara Mahendra

Berbaurlah dengan seluruh partisipan yang hadir dalam festival agar koneksimu bertambah. Siapa tahu mereka bisa jadi partner-mu berbagi kamar agar lebih hemat pengeluaran. Dan bukankah keuntungan tak semata diukur oleh uang? Dengan bergaul bersama banyak orang, kamu akan mendapat pengalaman yang tak ternilai harganya. Datangi kafe dan resto terbaik tempat lokasi diskusi dihelat, di sana kamu bisa ikuti banyak panel sambil berpose bersama kawan-kawan baru tanpa harus mengeluarkan budget tambahan.

5. Ubud, wisata gratis!

Photo Credit: Pinterest

Alam yang cantik berpadu dengan tradisi dan budaya yang menarik, itulah Ubud. Jika beberapa tempat terbaik mengharuskanmu membeli tiket yang tak murah, tenang! Yang gratisan juga masih banyak. Kamu bisa menyusuri persawahan nan hijau di sekitar Jalan Abangan dan Tegallalang, atau mengunjungi lokasi syuting film Eat, Pray, Love yang tak perlu bayar mahal. Selain itu, jika kamu ingin menyaksikan tari-tarian atau pentas seni lainnya, Ubud Writers and Readers Festival sudah menyediakan paket lengkap yang bisa kamu ikuti sesuai jadwal.

6. Menambah skill dengan menjadi volunteer

Photo Credit: UWRF 2014

Kamu tahu kan, untuk bisa masuk dalam rangkaian festival 4 harian itu harus merogoh kocek lumayan? Jadi, kalau kamu tidak ingin ditarik biaya, kamu bisa kok melamar sebagai volunteer panitia yang bekerja selama 3 jam sehari. Selain mendapat free pass untuk seluruh program inti, kamu juga mendapatkan merchandise resmi serta jatah makan yang bikin kamu semakin hemat dan tetap bisa menikmati momen secara maksimal.

BACA JUGA


Pergi ke Bangkok dengan Budget Pas-pasan? Tenang, di Bangkok Banyak yang Gratisan!

Pergi ke Bangkok dengan Budget Pas-pasan? Tenang, di Bangkok Banyak yang Gratisan!

Jika ada yang gratis di Bangkok, mengapa harus bayar mahal

Read more..

Dari berbagai penjuru dunia, banyak orang datang ke Ubud demi festival yang satu ini. Kalau kamu bagaimana? Yakin akan melewatkannya lagi? Jika ditotal secara keseluruhan, biaya yang kamu keluargakan untuk transport dan penginapan tidak lebih dari 640 ribu rupiah saja. Masih mau bilang kemahalan? Wujudkan mimpimu sekarang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Datang ke Ubud Writers & Readers Festival 2017 dengan Budget 1 Juta? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !