Orang bijak berkata bahwa terlahir miskin bukan kesalahan kita, namun bila kita meninggal dalam keadaan miskin, tentulah hal tersebut menjadi sepenuhnya kesalahan kita.

Apa maksud dari kalimat tersebut?

Menjadi kaya adalah hak semua orang. Bila kita tidak terlahir dalam kondisi kaya, maka dalam perjalanan hidup kita, dengan segala upaya serta strategi yang dikerahkan, kita memiliki kesempatan yang sama dalam meraih kesuksesan dan kemapanan. Maka, belajar dari kisah sukses para miliarder yang berhasil meraih mimpinya, inilah 5 cara mudah menjadi cepat kaya ala mereka!

1. Utamakan kebutuhan dasar setelah memperoleh gaji bulanan

Sebelum kamu tergoda membelanjakan untuk hal-hal yang kurang perlu, hal pertama yang harus kamu penuhi adalah kebutuhan dasar seperti biaya asuransi kesehatan, listrik, belanja bulanan, bensin, pulsa, serta menyantuni orangtua. Selain itu, jangan lupa menyisihkan sebagian dari gaji bulanan untuk bersedekah agar hasil yang kamu dapatkan lebih terasa berkahnya. Dengan demikian, kamu telah melakukan asas "dahulukan kebutuhan di atas keinginan" sebab kebutuhan utama telah terselamatkan tanpa harus berutang.

2. Kurangi gaya hidup yang tidak perlu

Photo Credit: Giphy

Anak muda memang masih ingin mencari pengakuan dalam pergaulan. Oleh sebab itu, terkadang mereka melakukan hal-hal yang berujung pemborosan, sebut saja pergi facial ke salon, manicure dan pedicure, nongkrong di club malam, makan siang di cafe-cafe mahal, dan sebagainya. Memang tidak ada salahnya sesekali mencoba gaya hidup demikian, namun bila dijadikan kebiasaan, maka kamu akan sulit menyisihkan uang tabungan dan tentu sulit juga mencapai standar hidup 'kaya' yang kamu idam-idamkan.

3. Jangan terlilit utang properti

Masih muda memang bagus jika sudah memiliki properti. Tapi, apa jadinya jika properti tersebut kamu beli dari hasil kredit selangit? Apalagi, jika properti yang jadi dambaanmu tidak sesuai dengan kemampuanmu. Sebut saja A yang ingin segera mempunyai rumah pribadi di sebuah cluster mewah namun tidak memiliki tabungan sama sekali. Demi mewujudkannya, A nekat berutang pada bank untuk membayar DP yang ditentukan dan mulai mencicil tiap bulan - baik itu angsuran maupun cicilan DP di awal. Bisa kamu bayangkan betapa beratnya beban yang ditanggung oleh A setiap bulannya sebab ia harus membayar angsuran dobel yang mencekiknya? Untuk memenuhi kebutuhan bulanan, A terus menumpuk utang dari kiri kanan, gali lubang dan tutup lubang hingga hidup menjadi berantakan. Nah, jangan sampai hal tersebut terjadi kepadamu, Sahabat Moola. Jika kamu ingin segera memiliki properti atau aset tertentu, yang harus kamu pastikan adalah daya belinya sesuai dengan kemampuanmu.

4. Hindari tipu daya kartu kredit

Photo Credit: Wise Bread

Dalam banyak hal, kartu kredit memang dapat memudahkan transaksi pembayaran serta membantu mendapatkan harga minimal. Namun terkadang, tipu daya kartu kredit membuat seseorang terus melakukan pembelanjaan hingga berujung pemborosan dan terlilit utang. Lantas, bagaimana bisa seseorang menjadi kaya dan terjamin hidupnya jika masih saja berkutat pada utang-utang yang tidak jelas ujungnya?

5. Mulailah berbisnis

Percaya tidak percaya, menjadi kaya tidak cukup diupayakan dengan gaji bulanan saja, kamu perlu penghasilan tambahan yang bahkan lebih besar jumlahnya lewat bisnis menjanjikan. Peluang usaha yang kini banyak tersedia bisa kamu tangkap salah satunya sesuai dengan minat dan bakat yang kamu punya. Soal modal, sekarang ada banyak pinjaman lunak yang disediakan oleh bank demi mendukung pelaku UKM mengembangkan bisnisnya. Jangan lupa, manfaatkan koneksi pertemanan untuk mendapatkan kepercayaan serta kesempatan yang kamu butuhkan. Selamat berjuang!

BACA JUGA


Dilema Social Trend Menjadi Kaya di Usia Muda, Bagaimana Kamu Mampu Mencapainya?

Dilema Social Trend Menjadi Kaya di Usia Muda, Bagaimana Kamu Mampu Mencapainya?

Siapa yang tidak mau kaya di usia muda seperti Bill Gates atau Mark Zuckerberg? Pungky seorang fresh graduate yang belum mencapai 25 tahun ...

Read more..

Nah, itulah 5 cara mudah cepat kaya ala miliarder yang membagi ilmunya. Jika bisa sukses di usia muda, mengapa harus menunggu tua?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Mudah Cepat Kaya. Belajar dari Kisah Sukses Para Miliarder yang Membagi Ilmunya". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !