Sebut saja Nia, seorang fotografer memberikan beberapa tips untuk menggunakan dana di bulan Ramadan. Rasanya uang terasa begitu cepat mengalir untuk pos-pos yang tidak penting. Tapi untungnya Nia sadar betul setiap pengeluarannya sesuai kebutuhan. Apa saja sih tips dari Nia yang mau dibagi agar uang tidak hilang begitu saja? Yuk intip di bawah ini!

1. Menjadi Pembeli Pintar

Ya, selama bulan Ramadan Nia berusaha tidak tergoda dengan tawaran promo-promo makanan untuk berbuka puasa di supermarket yang sangat menggiurkan. Cara Nia menyiasatinya adalah, sehabis buka puasa ia makan beberapa makanan kecil baru keliling supermarket untuk mencari stok makanan besok. Cara ini cukup jitu, karena Nia sudah kenyang sehingga ia bisa menjaga keinginannya menghamburkan uang membeli makanan cemilan.

2. Hindari Produk Mahal

photo credit: better-india

Bazar Ramadan sangat menarik, ditambah dengan dekorasi dan booth yang warna-warni diiringi musik dari Timur Tengah membuat pengunjung semakin betah berlama-lama. Nia bersama teman-temannya pun suka menghadirinya. Sambil melihat-lihat produk yang ditawarkan, Nia lebih senang menghabiskan waktunya berkeliling untuk berburu gambar-gambar menarik dan membandingkan produk yang satu dengan yang lain.

Kadang ketika melintas di booth tertentu ia akan mencari-cari barang-barang yang dirasa baik untuk dibeli dengan harga yang tidak terlalu mahal. Ia menghindari produk-produk mahal yang rasanya tidak butuh-butuh amat. Percayalah, coba keliling dulu jangan berhenti di satu tempat, banyak booth yang menawarkan produk yang sama dengan harga yang bisa saja lebih murah.

Kebiasaan Nia ini juga berlaku ketika ia pergi ke restoran bersama teman-temannya, sebisa mungkin pergi ke restoran yang menu makanannya sesuai dengan budgetnya.

3. Manfaatkan Promo Kartu Kredit

Kalau kamu punya banyak kartu kredit, manfaatkan promo yang ditawarkan dalam kartu kredit tersebut. Banyak restoran yang menawarkan diskon dengan kartu kredit ini itu yang cukup menarik. Kalau kamu sama sekali belum punya kartu kredit, kamu bisa nimbrung dengan temanmu yang punya kartu kredit, manfaatkan promonya untuk mendapatkan harga yang lebih menarik dan pas dengan kantongmu.

4. Simpan Uang dari Kebiasaanmu

Nia berujar, di bulan Ramadan ini ia akan berhenti minum alkohol dan akan berlanjut setelah itu. Kenyataannya ia mampu berpuasa minum alkohol selama bulan Ramadan ini. Berapa banyak uang yang bisa kamu save untuk itu? Ini juga berlaku buat kamu yang perokok. Kalau di bulan Ramadan kamu bisa berpuasa merokok, kenapa tidak lanjut? Selain lebih sehat secara fisik, keuanganmu juga bisa berjalan lebih baik.

Nia juga mengatakan, sebetulnya bukan hanya untuk peminum dan perokok saja, kalau kamu sangat menderita dengan kemacetan yang tak pernah kenal puasa ataupun Lebaran, kamu bisa puasa naik kendaraan pribadi dan mencoba naik transportasi umum yang bisa menyelamatkanmu dari kemacetan, lalu hitung berapa uang atau waktu yang bisa kamu save.

5. Tentukan Pilihan

photo credit: fact-magazine

Sebelum memutuskan pergi keluar untuk berbuka puasa. Pastikan, kamu sudah punya pilihan. Menurut Nia ini penting, kamu bisa pilih pergi ke bazar, restoran, kaki lima, atau berbuka di rumah. Karena dalam setiap pilihanmu akan menentukan berapa uang yang akan kamu keluarkan.

Jika kamu ingin mengadakan buka puasa di restoran yang mana harus reservasi terlebih dahulu, pastikan kamu melakukan reservasi H-1 untuk mendapat tempat yang terbaik. Reservasi dadakan atau terlalu mepet kadang membuat pihak restoran menaikkan harga dan tentu saja kamu harus menganggarkan budget lebih.

BACA JUGA


Berburu Takjil, Aneka Makanan Berbuka dan Sahur di Jakarta

Berburu Takjil, Aneka Makanan Berbuka dan Sahur di Jakarta

Jam makan di bulan Ramadan berubah, berpengaruh juga pada jam memasaknya. Bagi yang sibuk dengan berbagai aktivitas, jelas tak mudah untuk ...

Read more..

Ramadan ini seharusnya tetap bisa membuat kamu enjoy menikmati promo yang ditawarkan dan jajanan Nusantara yang melimpah. Pastikan kamu sudah menyiapkan anggaran selama bulan ini, agar pengeluaranmu sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Cara Keren Membelanjakan Uang di Bulan Ramadan. Awas, Jangan Kebablasan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !