Baru lulus SMA dan melanjutkan pendidikan ke jenjang mahasiswa yang berada jauh dari rumah? Mungkin ngekost, sewa kontrakan, atau menumpang hidup pada saudara bisa menjadi pilihan. Intinya, kamu harus hidup jauh dari kedua orangtua dan belajar hidup mandiri mengatasi kebutuhan hidup sehari-hari. Tak hanya itu, karena uang jajan diberikan secara bulanan, kamupun harus pandai-pandai mengatur keuangan. Nah, agar tidak bokek di akhir bulan dan tetap bisa memenuhi kebutuhan harian serta jalan-jalan, inilah 5 cara mudah mengelola uang jajan!

1. Mengatur pengeluaran dan tabungan harian

Photo Credit: Tillison Consulting

Sempat mengenyam pendidikan di luar negeri harus membuat saya berhati-hati, salah-salah malah rugi sendiri. Nah, saat itu saya menerapkan pengeluaran harian dan menyembunyikan sisa 'uang besar' di dalam lemari pakaian. Setiap hari saya hanya boleh menarik uang sebesar 100 baht (40 ribu rupiah) untuk keperluan transportasi ke kampus, fotokopi, jajan, dan makan. Saya baru boleh mengeluarkan uang lebih jika harus membeli buku atau keperluan lain yang jadi kewajiban. Selain menentukan pengeluaran harian, saya juga menentukan tabungan harian yakni sebesar 30 baht (12 ribu rupiah) per hari. Di akhir bulan, saya punya dana sekitar 1000 baht (400 ribu) untuk jalan-jalan dan menikmati liburan. Lumayan, kan?

2. Biasakan belanja bulanan dan membeli produk kemasan large

Mengapa? Sebab belanja bulanan akan menghindarkanmu dari kebiasaan 'sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit'. Yup, bila kamu suka pergi ke minimarket untuk mencicil kebutuhan, maka besar kemungkinan anggaranmu makin membengkak dan berlebihan. Belanjalah di awal bulan saat baru mendapat kiriman uang, lalu catatlah kebutuhanmu selama satu bulan dan simpanlah sisanya untuk diambil secara harian. Selain itu, biasakan membeli barang ukuran large karena bila dihitung-hitung, harganya bisa lebih murah dibanding kemasan kecil atau kemasan satuan.

3. Kurangi cemilan dan makanan mahal

Ini benar sekali, Sahabat Moola! Saat belanja bulanan ataupun harian, kamu harus bisa mengendalikan pandangan dari cemilan dan makanan mahal. Kurang-kurangilah hasrat ngemilmu karena jika terus-terusan diikuti, akibatnya akan bokek sendiri. Sesekali kamu memang boleh mencicipi makanan mahal, namun hal itu tidak lantas menjadi kebiasaan sebab kamu harus mengutamakan kebutuhan belajar daripada gaya hidup yang kurang seimbang.

4. Patungan masak bareng teman

Photo Credit: University Life

Yang keempat adalah urusan perut harian, hendaknya kamu tidak terlalu memaksakan diri untuk masak sendiri-sendiri bila patungan lebih asyik. Coba bayangkan jika memasak capcay saja budgetnya lebih dari 40 ribu rupiah untuk dimakan sendirian, padahal jika patungan uang segitu bisa dibagi barengan. Kamu boleh belanja sayur dan lauk bersama teman sekamar lalu memasaknya secara bergantian. Dengan metode ini, dijamin uangmu akan lebih banyak disimpan daripada dihambur-hamburkan. Sedikit tambahan, kamu memang harus membiasakan memasak sendiri daripada beli makanan di luar jika ingin melakukan penghematan.

5. Saling mengingatkan

Terakhir dan bukan yang terakhir, saya masih ingat saat hidup jauh di perantauan bersama teman-teman seperjuangan. Kami selalu peduli antar satu dengan yang lain termasuk dalam hal keuangan. Di dinding asrama, tertempel selembar kertas karton berisi daftar nama kami berenam, pengeluaran harian, dan total pengeluaran bulanan. Siapa yang paling boros akan mendapat hukuman dan yang paling hemat akan mendapat penghargaan. Hal kecil sih, tapi cukup berguna untuk 'mengerem' gaya hidup ugal-ugalan. Ya mau gimana lagi, kalau terus-terusan 'kalah' kan jadi malu sendiri.

BACA JUGA


Dengan Gaji 3 Jutaan, Inilah Langkah Mudah Miliki Mobil Idaman

Dengan Gaji 3 Jutaan, Inilah Langkah Mudah Miliki Mobil Idaman

Meski gaji baru di angka 3 jutaan, kamu bisa kok membeli mobil idaman

Read more..

Nah itulah tips yang bisa diberikan untuk teman-teman yang akan menginjak dunia mahasiswa dengan kehidupan ala anak kost-nya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Calon Anak Kost Wajib Tahu! 5 Cara Mengelola Uang Jajan Biar Bisa Jalan-jalan dan Nggak Bokek di Akhir Bulan!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !