Pergi belanja untuk sebagian orang adalah hobi yang menyenangkan. Jika kamu sangat-sangat sering melampiaskan waktumu untuk berbelanja bisa jadi kamu termasuk salah satu dari ribuan shopaholic atau penggila belanja. Jangan khawatir dan gak usah resah, ada 5 cara yang dapat kamu praktekkan supaya hobi belanjamu tetap tersalurkan dan kantongmu tidak jebol di tengah bulan. Cara ini dapat membuatmu lebih senang hati berbelanja karena tidak akan merasa terbebani dengan perasaan bersalah. Hati kamu akan senang, rekening pun aman.

1. Bawa Daftar Belanjaan

Daftar belanjaan ini kecil tapi penting sekali peranannya. Sebelum pergi shopping tulis dulu daftar belanjaanmu, mau ditulis di kertas boleh, di handphone pun oke yang penting daftar belanjaan itu nantinya akan jadi panduanmu dalam berbelanja, gak kurang gak lebih. Ingatlah selalu supaya jangan belanja hal-hal yang tidak kamu tulis di daftar belanjaanmu.


2. Bawa Uang Ngepas

Ini trik lama, tapi mujarab, bawa uang ngepas dalam bentuk kas, jika belanjaanmu sedikit. Atau gunakan uang elektronik yang sudah diisi dengan jumlah tertentu jika belanjaanmu lebih banyak. Sedikit merepotkan tapi sangat membantu mengendalikan nafsu belanjamu yang kadang kelewatan.


3. Teliti Sebelum Membeli

Satu hal yang mesti selalu kamu ingat jika sedang berbelanja di mana pun, yaitu “Teliti Sebelum Membeli“. Ya, sebelum membeli suatu barang, ada baiknya kamu meneliti dengan baik barang yang ingin kamu beli. Baca deh dengan teliti spesifikasi barang dan harga, jika kurang jelas tanyakan kasir. Jangan sampai kamu membeli barang yang harganya gak sesuai dengan tag yang tertera di dekat barang tersebut. Ini penting karena kamu dapat menilai apakah barang tersebut sesuai dengan kebutuhan, cocok dengan selera, atau pas dengan budget, dan sebagainya. Setelah itu baru kamu memutuskan apakah jadi membeli barang tersebut atau tidak.

4. Jangan Mudah Terjebak Tipu Daya Promosi Penjual

Sekarang khan banyak ya model tipu daya promosi yang membuat kita jadin ingin membeli padahal gak butuh butuh amat, seperti misalnya : Beli 3 gratis 1 padahal harga barang satupun bisa dapet 4, nah kita sebagai konsumen ditarik untuk membeli sekarang juga padahal bisa jadi kita kurang perlu barang itu. Belanja 100 ribu dapet kupon potongan harga 50 rb jikamembeli barang lainnya. Atau seringkali kasir menawarkan untuk “ beli pulsanya sekalian Pak? ” kita sebagai konsumen diminta untuk membeli lebih banyak. Jadi, jangan terlalu mudah untuk terjebak tipu daya promosi. Jika promosi sesuai dengan barang yang sedang kita butuhkan, go ahead.


Baca juga : Kenali 4 Rahasia Yang dapat Membuat Kamu Kalap Belanja

5. Punya Kartu Member

Untuk pelanggan setia yang mempunyai kartu member, sebuah toko buku akan memberikan promo diskon serta sejumlah poin yang dikumpulkan untuk ditukarkan dengan nilai buku tertentu, toko bahan bangunan akan memberikan diskon ekstra untuk sekali belanja dan sebuah departement store akan memberikan hadiah langsung untuk pemilik kartu member yang berbelanja pas hari ulang tahunnya. Yagitudeh, enaknya punya kartu member adalah kecepatan informasi, bonus poin dan manfaat diskon tambahan. Walaupun gak terlalu signifikan, akan tetapi sedikit membantu kita yang hobby belanja untuk dapat manfaat lebih dari hobi yang satu ini.

So, Dont Worry be Happy Shopping !


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Jitu agar Hobi Belanja Kamu Nggak Bikin Kantong Bolong". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !