Bad mood bisa datang kapan saja seperti misalnya kerja dibawah tekanan bos yang galak banget, stalking foto mantan tapi udah tunangan, posting di social media tapi engga ada yang like, mau pulang cepat eh transportasi onlinenya lagi kasih rate yang mahal banget, dan masih banyak lagi. Ketika badai itu melanda hidup kamu, pasti kamu akan mencari sesuatu untuk membuatmu senang. Kamu jalan-jalan ke mall sambil nyobain minuman ringan yang dingin dan segar atau belanja barang-barang yang bisa membuat kamu lupa akan segala hal.

Semua itu dilakukan atas nama senang-senang, tapi darimana dananya? Tentu saja jika kamu tidak mempersiapkan dengan baik bisa berantakan. Celakanya jika didiamkan begitu terus kamu malah tidak bisa lagi mengontrol keuanganmu. Lalu bagaimana agar dana senang-senang itu harus dipersiapkan dengan baik. Ini dia 4 tips yang perlu kamu tahu;

1. Tentukan Sifat Dana Senang-Senang

http://res.cloudinary.com

Tentu saja dalam menyiapkan dana senang-senang hal utama yang perlu kamu lakukan adalah menentukan kapan dana senang-senang itu bisa dipakai. Misal disaat mengalami bad mood, atau ketika sedang menemani teman jalan bareng di weekend, atau pada saat keponakan datang bermain ke rumah, dan sebagainya.

Mengapa ini harus dilakukan? Dengan menyiapkan dana senang-senang tujuannya agar tidak mengganggu pos-pos keuangan yang lain. Ini juga bisa membantu kamu agar lebih disiplin dan tidak berlebihan dalam menggunakan anggaran untuk senang-senang.

2. Tentukan Limit Dana Senang-Senang

Jika kamu sudah tahu kapan dana senang-senang itu bisa dikeluarkan, langkah selanjutnya adalah menentukan limit dari dana senang-senang itu. Kenapa harus begitu? Karena hal kecil dalam setiap aktivitas kita setiap hari bisa menjadi rutinitas. Jika dibiarkan kamu akan sulit mengontrol dana senang-senang ini. Pada kenyataannya lebih mudah menghabiskan uang daripada menyimpan atau menginvestasikannya.

Menyiapkan dana senang-senang tidak perlu lebih besar dari anggaran yang lain dan tidak harus tiap minggu dihabiskan. Jika kamu mengalami bad mood dan ingin sekali beli starbucks belilah kalau itu bisa mengembalikan mood kamu dan membawa kesenangan tersendiri.

3. Gunakan Dana Senang-Senang Tanpa Perasaan Bersalah

fashionistabudget.files.wordpress.com

Kamu pasti pernah merasakan ketika membeli barang yang tidak butuh-butuh amat, setelah membeli kamu merasa bersalah. Itulah mengapa pentingnya dana senang-senang harus disiapkan. Jika kamu sudah memiliki dana senang-senang, kamu tidak akan ada perasaan bersalah untuk menghabiskannya karena memang sudah ada anggarannya.

Jangan sampai kamu terus menerus merasa bersalah untuk mengeluarkan uang buat senang-senang karena kedisiplinan kamu dalam menabung dan berinvestasi tidak mencadangkan anggaran senang-senang. Akibatnya akan selalu ada perasaan bersalah mengeluarkan uang untuk senang-senang.

4. Siapkan Dana Senang-Senang untuk Berbagi

Dana senang-senang tak harus kamu habiskan sendirian. Yang menyenangkan kamu bisa gunakan dari dana ini untuk mentraktir teman. Kamu akan merasakan dua kali kesenangan ketika kamu berhasil sekali-kali mentraktir teman. Kamu senang, temanmu pun akan ikut merasakan kebahagiaan yang kamu rasakan.

Atau jika kamu ingin berbagi dalam bentuk amal juga tidak masalah. Jika yang kamu anggarkan misalnya sampai akhir bulan tidak terpakai, kamu bisa gunakan untuk beramal atau ditabung dan diinvestasikan lagi juga tidak masalah. Semua terserah kamu. Uang seharusnya bisa membuat kita bahagia.

BACA JUGA


5 Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membuka Usaha

5 Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membuka Usaha

Memiliki bisnis sendiri atau menjadi entrepreneur adalah tren masa kini. Selain agar mendapat kebebasan waktu, juga dapat memperoleh ...

Read more..

Kamu tidak perlu berhutang atau terus menerus menggesek kartu kreditmu untuk membuat dirimu senang. Hidup harus dirayakan, jangan terus menyiksa diri dengan menabung dan berinvestasi sampai melupakan senang-senang. Siapkan selalu dana senang-senang, karena uang bisa kok membeli kebahagiaan. Setuju engga?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bosan dengan Financial Literacy yang Membahas Nabung dan Investasi? Ini yang Perlu Kamu Ketahui tentang Dana Senang-senang!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !