Dalam memulai ataupun menjalani suatu usaha, bisa jadi ada satu titik di mana usaha kita mengalami kerugian dan jatuh bangkrut. Semua kerja keras yang kita lakukan kemudian rasanya jadi sia-sia belaka. Belum lagi jumlah investasi uang yang hilang akibat kegagalan bisnis tersebut.

Tapi, semua kesuksesan besar memang tak jarang didahului dengan kegagalan dulu, bukan? Jangan menjadikan kegagalan usahamu sebagai momok menakutkan yang membuatmu berhenti mencoba. Ini dia 5 cara tetap bertahan dalam menghadapi kebangkrutan usahamu.


1. Menerima Kenyataan

Photo credit: youtube BuzzFeed Violet

Sebelum memulai kembali usahamu, kamu harus belajar menerima kenyataan yang terjadi terhadap usahamu. Jangan mengelak dengan mengatakan hal-hal seperti, "ketika harga saham sudah naik, semua akan kembali seperti semula," atau "saya tetap bisa hidup dengan pengeluaran budget seperti biasa". Akui bahwa saat ini kamu sedang gagal. Curahkan perasaanmu terhadap kerabat-kerabat terdekat agar beban yang kamu alami tidak kamu jalani sendirian. Setelah selesai dari kesedihanmu, kamu bisa perlahan-lahan mulai menata lagi usahamu sambil belajar dari kesalahan yang sudah terjadi. Pandang kegagalanmu bukan sebagai hal yang memalukan, tetapi sebagai batu loncatan untuk keberhasilanmu kelak.


2. Meminta Perspektif Orang Lain

Photo credit: ISP

Ketika kamu memikirkan kesalahan-kesalahan yang membuat usahamu gagal, kamu bisa menemukan banyak pelajaran sebelumnya dan memperbaikinya. Tetapi harus diingat bahwa itu semua hanya dari perspektif kamu. Dalam bisnis tersebut, kamu juga memiliki target pasar dan orang-orang yang menjalankan usaha bersamamu yang memiliki perspektif berbeda-beda atas kegagalan yang terjadi pada usahamu. Meminta masukan dari orang-orang sekitar yang terkait dengan usahamu menjadi hal yang penting sebelum berusaha memperbaiki usahamu. Tidak perlu memikirkan apa yang sudah terjadi sebelumnya ataupun apa yang akan terjadi ke depannya. Living in the moment terkadang bisa membantumu menemukan perspektif-perspektif baru dalam menghadapi kegagalanmu.


3. Ambil Pelajaran

Photo credit: Shutterstock

Jangan melihat kegagalanmu sebagai sebuah hal yang memalukan, tetapi sebagai pelajaran hidup yang bisa kamu petik. Bisa jadi, selama ini kamu terlalu fokus untuk mencari keuntungan dan lupa dengan esensi dari pekerjaan itu sendiri. Atau mungkin selama ini kamu terlalu sibuk dengan usahamu sehingga lupa menghabiskan waktu bersama keluarga. Dari kegagalan ini, kamu juga bisa mencari hikmah yang sebenarnya, seperti bisa menghabiskan banyak waktu bersama keluarga. Dengan hidup yang jauh lebih sederhana setelah mengalami kerugian finansial, kamu juga bisa belajar untuk lebih berhemat dalam membelanjakan uang. Ubah kegagalanmu menjadi pelajaran hidup yang bermanfaat untukmu ke depannya.


4. Kurangi Pembelanjaan

Photo credit: PHP Ladies

Jika kamu sudah belajar untuk menerima kenyataan yang terjadi pada usahamu, sekarang kamu harus sadar untuk mengubah gaya hidupmu sesuai dengan kerugian yang kamu alami. Tidak bisa dipungkiri, penghasilanmu saat ini mungkin tidak akan sebanyak biasanya. Atur kembali budget pengeluaranmu setiap bulan dan hapus pengeluaran-pengeluaran yang kurang penting. Jika kamu biasa berbelanja pakaian dari brand-brand ternama sebulan sekali, kamu bisa melakukannya 3-6 bulan sekali di saat seperti ini dan beralih ke brand-brand pakaian yang lebih murah. Kalau kamu lebih suka berbelanja sayuran di pasar swalayan, coba untuk lebih sering ke pasar tradisional yang menawarkan harga lebih murah. Memang tidak mudah untuk mengubah gaya hidup seperti ini, tetapi jika kamu sudah sadar dengan kenyataan yang kamu hadapi kamu akan bisa menjalaninya dengan lebih mudah.

Hindari juga melakukan perubahan-perubahan drastis tanpa pertimbangan dalam keuanganmu seperti meminjam uang dalam jumlah banyak dari bank. Jika tidak dipikirkan baik-baik, bisa jadi kamu malah memperburuk kondisi keuanganmu.


5. Kembali Bangkit

Photo credit: Shutterstock

Setelah belajar menerima kenyataan dan mempelajari kesalahan-kesalahan bisnis yang kamu lakukan, kamu bisa perlahan-lahan bangkit dan memperbaiki usahamu lagi. Hindari melakukan kesalahan yang sama dan buatlah inovasi-inovasi dalam usahamu yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ajak investor-investor untuk membantumu membangkitkan kembali usahamu dan tawarkan konsep keren yang kamu pelajari dari kegagalanmu. Dengan begitu, usahamu pun perlahan bisa bangkit kembali dan kegagalanmu bukan lagi menjadi suatu hal yang menakutkan.

BACA JUGA


Gawat! Beli Makanan di 4 Tempat Ini, Kamu Harus Siap Merogoh Budget Ekstra!

Gawat! Beli Makanan di 4 Tempat Ini, Kamu Harus Siap Merogoh Budget Ekstra!

Harga makanan di beberapa tempat memang terkenal dengan kemahalannya. Tempat apa saja sih yang menjual makanan dengan harga lebih mahal dan ...

Read more..

Itu dia 5 cara untuk tetap bertahan di tengah kerugian finansial yang kamu alami dalam usaha. Jika kamu memiliki cara lain, share di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bisnismu Gagal? Inilah 5 Cara Bertahan Menghadapi Kebangkrutan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !