Akhir-akhir banyak beredar berita tentang melesunya sektor bisnis retail. Bahkan, sudah ada beberapa gerai perbelanjaan yang benar-benar menutup usahanya alias bangkrut. Dari gerai-gerai sekelas toko Matahari sampai Ramayana. Menurut beberapa pakar, bangkrutnya beberapa usaha retail ini disebabkan oleh daya beli masyarakat yang menurun.

Bahkan beberapa pengusaha retail mengaku bahwa target mereka menurun hingga 40%. Meskipun beberapa pusat perbelanjaan seperti mal cukup ramai pengunjung, namun yang berbelanja untuk membeli barang tidak banyak. Konon, hal ini disebabkan oleh kebiasaan belanja masyarakat yang sudah berubah. Kini, masyarakat lebih gemar berbelanja secara online yang jauh lebih mudah dan cepat. Bahkan lebih banyak promo yang menggiurkan.

Tentu saja, bagi segenap orang masalah ini bisa dilihat dari dua sisi. Tetapi seharusnya, melesunya bisnis retail bisa disiasati dengan mengembangkan kegiatan penjualan melalui ranah online. Untuk itu, kamu perlu melihat kesempatan ini dan mulai menjalankan bisnis online. Yuk, simak tips memulai bisnis online berikut ini!

1. Mencari produk

photo credit: blogspot

Ketika kamu ingin memulai mencari bisnis online, kamu harus terlebih dahulu mencari produk yang ingin kamu jual. Upayakanlah untuk mendapatkan barang atau produk dengan kualitas terbaik. Jangan pernah membuat seorang customer kecewa ketika memilih lapak onlinemu. Karena berdasarkan beberapa kasus, ada pula para pembeli online yang merasa kecewa karena barang yang ia beli tidak sesuai dengan ekspetasi.

2. Mengambil foto

photo credit: toko pedia

Setelah mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, selanjutnya ialah mengambil gambar. Upayakanlah mendapatkan gambar dengan angle atau posisi terbaik. Jika memungkinkan, ambillah gambar dari berbagai macam posisi agar calon pembeli tahu detail produk barangmu. Akan lebih baik lagi bila dicantumkan pula detail pada deskripsi produk.

3. Menyebarkannya via media sosial

photo credit: Ria Ricis

Setelah mendapatkan beberapa gambar barang yang menarik, maka kamu tinggal membagikannya di semua platform media sosial yang kamu buat. Usahakanlah nama akunnya sesuai dengan bisnis onlinemu. Kamu bisa membagikan gambar ini dimana saja. Dari Facebook sampai Instagram. Bahkan, kamu juga bisa memakai jasa para selebgram untuk mengendorse barang yang kamu jual. Agar lebih banyak lagi calon pembeli yang tergiur untuk membeli barangmu.

4. Membuat box yang unik

photo credit: beauty journal

Salah satu yang membedakan barang yang dijual secara offline dengan barang yang dijual online adalah pengemasannya. Kemasan barang yang dijual online tentu harus dibungkus dengan rapat. Umumnya dikemas dalam sebuah box.

Tetapi, kini sedang musim box kemasan yang unik dan menarik. Kamu harus memanfaatkan ini sebagai salah satu cara untuk memuaskan pembeli. Agar pembeli tidak kapok untuk membeli barang di lapak online milikmu.

Berikut tadi adalah beberapa tips memulai bisnis online yang bisa kamu coba. Apalagi untuk kamu para pemula yang berminat terjun di bisnis online. Ingatlah bahwa pengusaha sukses selalu pandai membaca celah. Yuk mari memulai bisnis online!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bisnis Retail Melesu Karena Bisnis Online? Yuk Simak Tips Memulai Bisnis Online!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !