Banyak orang yang berhasil mendapatkan uang tambahan dengan bisnis online. Bisnis online dipilih karena kepraktisannya. Dengan banyak pilihan sistem, siapa pun bisa memilih sistem penjualan yang paling cocok untuknya.

Namun, hal yang paling sulit dari bisnis online adalah mempertahankan bisnis. Semakin banyaknya pebisnis online, membuat persaingan semakin ketat. Harga yang ditawarkan juga variatif. Banyak yang mengeluhkan bisnisnya lama-kelamaan mati suri ditinggalkan pelanggan.

Simak 5 langkah mudah untuk menghidupkan bisnis online yang sedang 'mati suri'.


1. Evaluasi kelebihan dan kekurangan bisnis

photo credit: prowess

Setiap pekerjaan memiliki kelemahan dan kelebihannya sendiri, termasuk bisnis online. Buat skema kelemahan dan kelebihan bisnis yang telah dijalani. Buat skema dengan jujur dan baik. Jika perlu, tanyakan kepada orang terdekat atau konsumen. Hal ini akan memudahkan membuat evaluasi yang tepat dan akurat. Dari evaluasi ini, bisa dilihat apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu ditingkatkan untuk membangun bisnis lebih baik lagi.


2. Ciptakan inovasi


Jika kamu sudah mendapatkan kelemahan dan kelebihan dari bisnismu, cobalah untuk membuat inovasi dari skema tersebut. Apakah perlu diadakan rebranding, repackaging, mencari strategi iklan yang lebih baik, promosi produk dengan harga yang fantastis, atau memberikan konsumen pelayanan tambahan seperti hadiah atau cash back. Agar inovasi yang kamu buat tepat sasaran, pastikan inovasi ini sesuai dengan evaluasi yang sudah kamu buat.

Mungkin inovasi ini memerlukan biaya tambahan yang akan memangkas keuntunganmu. Anggaplah itu sebagai investasi.


3. Sediakan waktu untuk menjalin hubungan dengan konsumen

photo credit: entertainingmatters

Kegiatan bisnis bukan hanya kegiatan memindahkan uang konsumen ke kantong kamu. Tapi juga untuk membangun relasi yang mungkin akan sangat berguna untukmu di masa yang akan datang. Relasi-relasi inilah yang akan mengenalkan produkmu ke konsumen yang lebih besar. Jika mereka bersimpati kepadamu, mereka akan memberikan loyalitas dengan membela produkmu di depan konsumen baru atau pesaing. Jangan remehkan kekuatan konsumen. Dengarkan keluh kesah mereka, tanyakan kesan-kesan mereka dan saran-saran yang sangat berguna untuk perbaikan bisnismu.


4. Jangan remehkan kekuatan iklan dan enderosment

photo credit: Ecommerse-Chine

Sangat penting untuk seorang pebisnis memperkenalkan bisnisnya. Mungkin sebagian orang beranggapan bahwa bisnisnya masih terlalu kecil untuk dimasukan dalam iklan. Padahal sebenarnya, iklan bukan hanya untuk bisnis dengan kapasitas besar. Bisnis kecil juga membutuhkan orang atau agen yang bisa mengiklankan produknya ke konsumen lain yang lebih luas.

Bukan tidak mungkin, konsumen yang lama merasa bosan atau terpesona pada produk lain, kamu membutuhkan konsumen baru di wilayah baru yang membutuhkan dan jauh mencintai produkmu.


5. Bangun Jaringan

photo credit: manhattanstreetcapital

Untuk bisa memenangkan lomba panjat pinang, kamu tidak bisa melakukannya sendiri. Kamu membutuhkan orang lain yang bisa membantumu naik hingga ke puncaknya. Begitu pula dengan bisnis. Kamu memang bisa mendapatkan keuntungan maksimal produkmu dengan memasarkannya sendiri. Tapi seberapa lama kamu bertahan?

Bekerja samalah dengan orang lain. Rekrut orang lain untuk menjadi bagian dari bisnismu dan berilah dia penghargaan yang sesuai.

Jangan hanya satu tapi sebuah tim agar mereka bisa saling memacu, bersaing sehat dan mempermudah pekerjaan dalam bisnismu.

Bagaimana?

Praktis, bukan?

BACA JUGA


Kamu Pemilik Online Shop? Inilah 7 Kasus yang Sering Terjadi dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Kamu Pemilik Online Shop? Inilah 7 Kasus yang Sering Terjadi dan Bagaimana Cara Menghadapinya

Berbelanja sama halnya dengan membeli kebutuhan. Tapi tak jarang, belanja juga pemenuhan keinginan

Read more..

Sekarang saatnya kamu mencoba menghidupkan kembali bisnis online-mu dan meraih keuntungan optimal lagi untuk 'menggendutkan' dompetmu. Selamat mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bisnis Online Mati Suri? Coba 5 Trik Mudah Ini untuk Menghidupkannya Kembali". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !