Tak terasa, Hari Valentine akan segera kembali. Hiasan merah muda berbentuk hati pun mulai bertebaran di mana-mana. Jomblo-jomblo pun mulai kebingungan mencari pasangan untuk merayakan. Tidak punya pasangan di Hari Valentine ini? Nggak usah berkecil hati. Buka 7 bisnis anti mainstream di Hari Valentine ini aja agar Hari Valentine-mu bisa menghasilkan uang!


1. Jasa Membuat Video

Photo credit: MOBE

Memberikan kartu ucapan atau surat cinta kepada pasangan di Hari Valentine? itu sih sudah biasa!

Jika kamu atau teman kamu memiliki keahlian dalam membuat dan mengedit video, bukalah jasa membuat video spesial ucapan Valentine. Kamu bisa meminta footage foto-foto dan video dari pasangan klienmu, kemudian tambahkan video si klien membacakan "surat cinta"-nya lewat video. Kamu juga bisa menambahkan konten-konten lain ke dalam video sesuai permintaan klienmu. Selain lebih romantis, format video juga lebih kekinian dan lebih dikenang oleh si dia. Siapkan sekotak tisu ya untuk berjaga-jaga jika pasangan klien menangis terharu melihat video buatanmu.


2. Jasa Katering Spesial Valentine

Photo credit: Root and Vine

Menjual coklat atau kue-kue kecil di hari valentine? Itu juga sudah biasa! Daripada hanya menyajikan makanan ringan dan makanan penutup, sajikan saja menu katering makan malam lengkap untuk pasangan-pasangan yang ingin dinner romantis di rumah di Hari Valentine.

Kamu bisa memulai rangkaian makan malam dengan menyajikan menu-menu hidangan pembuka seperti garlic bread dan salad buah. Setelah itu, kamu bisa melanjutkan dengan menu makanan hidangan utama. Untuk menu ini kamu juga memiliki banyak pilihan, mulai dari menyajikan steak atau spageti yang kebarat-baratan, atau menyajikan menu-menu khas Indonesia seperti soto betawi dan ayam betutu. Untuk hidangan penutup, hindari penggunaan coklat yang membuat menu makan malam-mu jadi kembali mainstream. Cobalah menu-menu seperti pai apel atau puding buah untuk menutup rangkaian sajian makan malam romantismu. Jangan lupa juga hias meja makan klien menggunakan lilin dan pensuasanaan musik yang syahdu supaya semakin romantis.


3. Usaha Buket Snack

Photo credit: The Brass Paperclip Project

Memberikan buket bunga untuk pasangan di hari valentine juga rasanya sudah terlalu mainstream. Bagaimana kalau memberikan buket berisi snack-snack sehat favorit pasangan? Buket snack ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari keuntungan!

Pilihlah snack yang menyehatkan yang kamu beli di distributor agar mendapatkan harga yang murah. Kemudian, tambahkan juga buah-buahan ke dalam buket snack-mu seperti apel dan jeruk supaya semakin sehat. Kalau ada waktu, menu puding buah atau cupcake yang kamu buat sendiri juga bisa ditambahkan ke dalam buket. Tinggal dijual deh kepada pasangan-pasangan yang mau merayakan valentine-nya dengan anti mainstream tahun ini.


4. Membuat Perhiasan DIY

Photo credit: Pandahall

Pernah belajar membuat rangkaian gelang atau kalung dari manik-manik atau batuan sewaktu sekolah dulu? Keahlian lamamu ini ada baiknya dipraktikkan lagi. Perhiasan yang dibuat sendiri alias DIY nilai jualnya akan lebih tinggi dari perhiasan biasa, karena dalam membuatnya kamu harus mencurahkan tenaga, waktu, serta kreativitas yang lebih. Perhiasan DIY juga lebih dicari oleh pasangan-pasangan di hari valentine yang ingin memberikan hadiah spesial yang dibuat sendiri tetapi tidak memiliki waktu.

Kumpulkan ide-ide DIY perhiasan yang bisa dengan mudah kamu temukan di internet. Kalau kamu punya kreasi unik out of the box yang belum pernah dilakukan sebelumnya malah lebih baik lagi. Setelah itu, belilah peralatan-peralatan yang kamu butuhkan di toko pernak-pernik. Kemudian kamu tinggal eksekusi deh! Untuk membuat perhiasan DIY mu semakin laku, berikan nama dan tema-tema unik dan romantis untuk setiap jenisnya dan upload ke media sosialmu untuk meraih pelanggan.


5. Membuat "Jar of Love"

Photo credit: The Romantic

Terkadang, pasangan-pasangan di hari valentine ingin memberikan kado romantis yang sentimental, tetapi tidak punya waktu untuk membuatnya atau tidak ada ide ingin membuat apa. Toples cinta ini merupakan salah satu kado yang cukup sentimental dan menarik bagi para pasangan di hari valentine.

Kamu tinggal menyiapkan toples kaca, beberapa lembar kertas warna-warni, dan pita-pita berbentuk hati. Hias toples dengan pita-pita, atau kamu juga bisa menambahkan glitter di sekitar toples jika mau. Kemudian, siapkan kalimat-kalimat romantis yang singkat dan bisa memotivasi pasangan klien untuk tetap semangat dalam menjalani hari-hari. Konsultasikan juga kepada klien jika mereka memiliki kalimat-kalimat penyemangat khusus yang bisa dimasukkan ke dalam toples cinta ini. Nantinya ketika orang yang diberikan sedang sedih atau merindukan pasangannya, dengan melihat isi kertas dalam toples ini ia bisa semangat kembali dan mengobati kerinduannya terhadap pasangan.


6. Event Organizer Pesta Valentine

Photo credit: Pinterest

Teman kamu ada yang ingin membuat kejutan untuk pasangannya di hari valentine dengan mengadakan serangkaian kegiatan kencan. Teman yang lain juga ada yang ingin melamar pasangannya di hari valentine. Kamu bisa menjadikan ini sebagai peluang bisnis baru dengan menjadi event organizer bagi mereka!

Carilah referensi tempat-tempat nge-date yang anti mainstream untuk diusulkan kepada klienmu, kemudian siapkan segala sesuatunya untuk acara kencan mereka mulai dari transportasi, makanan, sampai suasana tempat kencan. Jika mereka lebih memilih kencan di rumah, siapkanlah makan malam romantis seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Jangan lupa untuk menyiapkan dekorasi dan rangkaian kegiatan romantis yang bisa dilakukan pasangan di rumah.


7. Jasa Antar Kado

Phoyo credit: Zillow

Selain orang-orang yang sudah memiliki pasangan, hari valentine juga dirayakan oleh orang-orang yang masih melakukan pendekatan atau baru-baru naksir seseorang. Bisa jadi, mereka masih merasa malu untuk memberikan langsung kado kepada orang yang disuka. Kamu bisa membantu mereka dengan membuka jasa antar kado bagi orang-orang ini!

Untuk membedakanmu dari sekedar pengantar barang biasa, carikan atau buatkan sendiri kado sesuai permintaan dari klien. Sertakan juga kartu ucapan agar kado terasa semakin romantis. Siapa tahu dengan membuka jasa antar kado, kamu bisa jadi mak comblang bagi pasangan-pasangan ini.


Itu dia 7 ide bisnis anti mainstream di hari valentine yang bisa kamu lakukan. Punya ide lain yang lebih menarik? Share di kolom komentar yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Bisnis Anti Mainstream yang Bisa Kamu Jalankan di Hari Valentine". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !