Masa libur panjang kenaikan kelas baru saja berakhir dan sudah sepekan ini sekolah kembali dimulai. Para tetangga yang terdiri dari ibu-ibu muda dengan anak yang masih terbilang balita pun sudah berteriak 'horor' karena biaya masuk sekolah. Katanya, untuk sekolah TK saja harus membayar biaya masuk sekitar 20 juta. Wah, benarkah demikian? Akhirnya, virus 'horor' biaya masuk sekolah ini mulai membuat khawatir tetangga yang lainnya. Lalu, bagaimana agar biaya masuk sekolah tidak menakutkan bagi pasangan muda? Berikut tips investasinya!

Tentukan Sekolah Sedini Mungkin

Photo Credit : Your Kids

Merencanakan dana untuk sekolah buah hati idealnya dilakukan sejak TK hingga buah hati masuk perguruan tinggi dengan mempertimbangkan pula apakah kelak buah hati akan kuliah di perguruan tinggi negeri, swasta, atau bahkan di luar negeri. Perhitungkan pula bila memilih jurusan ekstra, terutama teknik atau kedokteran, karena biayanya lebih mahal dibandingkan jurusan sosial. Memilih sekolah berperan penting dalam menentukan biayanya.

Buat Tabungan Khusus Biaya Anak Hingga Jenjang yang Lebih Tinggi


Photo Credit : Kreditgogo

Nah, kalau sudah menentukan sekolahnya maka tinggal menghitung besaran biayanya, kalau bisa hingga ke jenjang perguruan tinggi. Kira-kira berapa besar yang harus disisihkan setiap bulannya untuk biaya pendidikan anak? Buatlah tabungan khusus pendidikan anak, bedakan dari tabungan yang lainnya.

Saat ini banyak sekali bank yang menawarkan tabungan biaya pendidikan dengan segala macam bentuk kelebihan dan kekurangan yang dapat dipilih sesuai income keluarga.

Memulai mempersiapkan tabungan pendidikan sejak awal memberikan keuntungan dari besarnya dana yang harus disisihkan tiap bulannya untuk mencapai total dana yang diinginkan.

Kunci keberhasilan menyiapkan dana pendidikan sangat sederhana. Jadi, mulailah mempersiapkannya dari sekarang dan lakukanlah dengan konsisten selama jangka waktu yang dibutuhkan. Sekali lagi mulailah dari sekarang, jangan menundanya minggu depan, bulan depan, apalagi tahun depan.

Sesuai Kemampuan

Photo Credit : Sekolah123

Income setiap keluarga tentu berbeda-beda. Jangan ikutan tren orang lain yang mungkin saja income-nya lebih besar dan mampu menyekolahkan buah hatinya bahkan ke sekolah international kecuali jika keuangan keluarga mau berkompromi dengan besaran tabungan biaya pendidikan yang ingin disisihkan. Jangan sampai nantinya terjebak pada utang yang akan menyulitkan di kemudian hari.

Ketika buah hati lahir, pemikiran yang pertama keluar adalah biaya hidupnya kelak termasuk biaya pendidikannya. Bijak menjadi orangtua dengan perencanaan dana pendidikan sedini mungkin adalah cara yang aman menyelamatkan buah hati dari putus sekolah.

BACA JUGA


Wariskan #CerdasFinansial untuk Anak Agar Bijak Mengelola Keuangan di Masa Depan

Wariskan #CerdasFinansial untuk Anak Agar Bijak Mengelola Keuangan di Masa Depan

Tak jarang jika bepergian ke mall yang diniatkan untuk bersenang-senang bersama seluruh anggota keluarga, justru diakhiri dengan drama sang ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Biaya Pendidikan Anak Tak Sehoror Jumlahnya Jika Dipersiapkan Sedini Mungkin". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !