Membuka bisnis memang bisa dilakukan oleh siapa saja. Mulai dari bisnis bermodalkan puluhan juta rupiah, hingga bisnis minim modal sekali pun, bisa saja kamu coba. Tapi, kalau hanya buka saja lalu tak jelas kabarnya kemudian, duh, nggak mau dong bisnismu bernasib seperti itu? Sebelum memulai bisnis, perhatikan 5 hal berikut ini, agar bisnis atau usaha yang kamu jalani tetap eksis walau bermunculan banyak saingan.


Mengenali diri sendiri

photo credit: Shutterstock

Mengenali diri sendiri m erupakan landasan substansial seberapa kesuksesan yang akan kamu raih dalam bisnismu. Dengan mengenali dirimu sendiri maka kamu akan mengetahui keresahan-keresahan yang kamu alami. Kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan dengan keresahan-keresahan itu. Siapa tahu keresahan yang kamu alami adalah apa yang dirasakan oleh orang lain juga. Kamu bisa mencari solusinya dan menjadikan itu sebagai ide bisnismu yang dapat berguna bagi orang lain. Ide bisnismu akan menjadi sesuatu yang solutif karenanya.


Partner yang tepat

photo credit: BuzzFeed

Berbisnis seperti halnya sebuah peperangan, kamu tidak akan memenangkannya kalau sendirian. Banyak bisnis yang gagal juga karena mereka mengurusi segala hal seorang diri. Maka, mencari partner adalah sebuah keharusan. Kamu bisa berdiskusi dengannya mengenai usaha yang akan kalian mulai, mengurus segala keperluan bersama, dan berkolaborasi sehingga kalian dapat memenangkan pertempuran bersama. Tidak hanya seorang partner, tapi harus partner yang tepat, ya. Mencari partner ini sama saja seperti mencari jodoh, kalian harus memiliki visi dan misi yang sama dan untuk itu kalian harus saling mengenal. Biasanya partner yang tepat ini memang tidak jauh-jauh dari keluarga, teman, atau rekan kerja. Agar usaha kamu tidak gagal gara-gara konflik dengan partner, kamu bisa pisahkan jobdesk utama kalian, misalnya kamu menjadi seorang pelaksana dan ia di bagian marketing.


Ide usaha

Tidak bertahan lamanya sebuah usaha bisa disebabkan karena mereka yang cenderung meniru-niru tren yang sedang terjadi tanpa mempertimbangkan resikonya. Seperti misalnya yang sedang tren adalah bisnis coffee shop. Sekarang dimana-mana ada coffee shop, tapi konsumen pintar memilih. Konsumen tahu coffee shop mana yang dibangun memang karena kecintaan pemiliknya terhadap kopi, dan kepandaiannya dalam meracik kopi. Jadi kalau kamu sedang memilih bidang bisnis yang akan kamu dan partner kamu jalani, pilihlah yang bidang-bidang yang memang sudah kalian kuasai dan menjadi concern atau passion kalian. Kalau kalian sudah menguasai maka kalian tidak perlu mengkhawatirkan masalah kualitas dan kalau kamu passion, maka kamu akan rela melakukan apapun demi passion kamu. Ide usaha itu juga bisa berupa produk/jasa yang dapat menyelesaikan masalah di masyarakat karena ketika kamu merupakan solusi maka orang akan mencari-cari.


Branding dan strategi marketing

photo credit: Shutterstock

Produk/jasa yang akan kamu hasilkan seperti manusia. Ia harus memiliki nama untuk dapat dikenali. Ia juga harus memiliki kepribadian untuk dapat disukai. Inilah yang dinamakan branding. Bisnis yang akan kamu kembangkan tidak akan bertahan lama tanpa branding yang kuat. Ia akan habis ditelan bisnis-bisnis serupa yang lebih original dan terlihat berbeda dengan yang lainnya.

Selain branding, strategi marketing juga harus dipertimbangkan sebab brand yang kamu ciptakan tidak dapat diketahui publik tanpa mengumumkannya. Produk/jasa yang kamu hasilkan juga tidak dapat terjual dengan sendirinya tanpa berupaya membuat mereka terpukau.

Di era milenial ini, teknologi menjadi elemen penting yang sangat membantu untuk marketing. Media sosial bisa kamu jadikan tools untuk meraih target sasaran kamu dengan mudah.


Modal usaha di pinjam.co.id

Tanpa adanya modal, bisnismu tidak akan berjalan. Sementara mendapatkan pinjaman dari bank memiliki proses dan syarat yang sulit. Masyarakat saat ini termasuk kamu memang menginginkan serba instan dan cepat. Nah, kebetulan sekali buat kamu yang sedang mencari modal usaha, pinjam.co.id datang sebagai jawaban. Pada peluncuran Gadai Instant di Sasana Kriya TMII, 10 Mei 2017, Teguh B Ariwibowo sebagai CEO dan co-founder menyampaikan bahwa proses pengajuan gadai hanya 2-5 menit melalui platform pinjam.co.id. Kamu bisa menggadaikan handphone, tablet pc, laptop, perhiasan, logam mulia, kamera, maupun kendaraan bermotor. Kamu bisa mendapatkan taksiran online dari barang yang kamu gadaikan. Selanjutnya tidak perlu repot-repot ke kemana-mana, terdapat layanan antar jemput barang yang kamu gadaikan, atau kamu dapat menemui penaksir yang terlatih di tempat yang telah ditentukan, dan kamu bisa langsung mendapatkan dananya. Kamu juga bisa menentukan sendiri jangka waktunya. Bisnismu pun bisa dimulai secepat mungkin. Sementara untuk layanan Pinjaman Usaha, kamu hanya perlu melampirkan BPKB kendaraan atau SHM rumah/tanah sebagai jaminan tapi untuk bisnis yang sudah berjalan minimal 1 tahun.


BACA JUGA


Jangan Tunda Kesempatan! Inilah 5 Usaha Tanpa Modal dengan Untung Besar

Jangan Tunda Kesempatan! Inilah 5 Usaha Tanpa Modal dengan Untung Besar

Memiliki usaha di samping pekerjaan utama menjadi dambaan para millenial. Namun sebagian besar sering terkendala pada modal

Read more..

Melalui Gadai Online, pinjam.co.id sebelumnya sudah berhasil membantu 2000 nasabah dan memiliki anggota lebih dari 30.000 sedangkan pinjaman usaha yang telah disalurkan mencapai 20 miliah rupiah. Dalam acara tersebut, hadir juga Irgi A Fahrezi yang merupakan aktor sekaligus enterpreneur yang menjadi nasabah di pinjam.co.id untuk bisnis industri kreatifnya serta Ira Puspadewi Direktur Retail dan Sumber Daya PT POS Indonesia yang merupakan distributor network pinjam.co.id dalam sesi inspirasi. Pinjam.co.id ini juga telah mendapatkan izin OJK untuk sektor pegadaian. Jadi jangan ragu untuk menggunakan layanan-layanan pinjam.co.id dan segera memulai apa yang ingin kamu mulai.



Penulis: Ambar Alimatur Rosyidah


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Biar Usaha Tetap Eksis, Inilah 5 Hal Penting yang Harus Kamu Cari Saat Memulai". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !