Ramadan identik dengan menjamurnya penjual dadakan aneka takjil. Bahkan bukan hanya takjil untuk berbuka puasa saja, tapi juga aneka lauk pauk untuk berbuka dan sahur bisa dengan mudah ditemukan. Di sekitar perumahan biasanya bermunculan pedagang dadakan, atau di pusat-pusat keramaian juga tak mau ketinggalan dipadati pedagang. Nah, di Jakarta sendiri juga ada beberapa tempat yang selalu dipenuhi para pemburu takjil dan pencinta kuliner. Berikut adalah tempat favorit berburu aneka takjil di Jakarta!

1. Jalan Panjang Jakarta Barat

Photo Credit: Kompas

Lokasinya di jalan arteri arah Permata Hijau dari Kebon Jeruk. Bisa dicapai dengan Trans Jakarta rute Harmoni – Lebak Bulus, turun di Halte Sasak. Di sini tersedia berbagai minuman seperti Es Cendol, Es Cincau, Es Pisang Hijau, dan lain sebagainya. Aneka kue modern dan tradisional juga tersedia, seperti Pisang Cokelat, Risol Mayo, Risol Ayam, Lemper, Kue Soes, serta aneka lauk dan sayur siap santap dengan harga relatif murahm yakni mulai 5000 rupiah per bungkus. Selain makanan-makanan tersebut, tersedia juga makanan tradisional khas Betawi seperti Rujak Juhi yang dijual 15.000 rupiah per porsi. Aneka restoran juga bisa ditemukan di sepanjang Jalan Panjang.

2. Cilandak

Photo Credit: Dining Hub

Lokasi tepatnya berada di salah satu sudut pertigaan Kampung Kandang Cilandak. Dapat dicapai dengan mikrolet M20 jurusan Pasar Minggu – Ciganjur dan Kopaja P20 jurusan Kampung Melayu – Ragunan. Di sini tersedia aneka kue tradisional dan modern seperti Lupis, Kue Mata Roda, Kelepon, Martabak Telor, Martabak Manis, Cakwe, dan Aneka Gorengan. Selain itu juga tersedia aneka makanan berat seperti Nasi Goreng, Soto, Masakan Padang dengan harga sangat terjangkau.

3. Pasar Benhil

Photo Credit: Mister Aladin Travel Discoveries

Pasar Bendungan Hilir yang lebih ngehits dengan sebutan Pasar Benhil merupakan tempat berburu takjil legendaris. Berada di tengah kota Jakarta, dekat perkantoran, mudah dicapai dari mana saja. Pasar Benhil ramai dikunjungi pemburu takjil sejak siang hari, lebih cepat daripada area penjual takjil lainnya. Menu di sini juga komplit. Dari aneka penganan ringan hingga makanan utama dengan harga yang juga bersahabat.

4. Kramat Raya

Photo Credit: Hitsss

Terletak di daerah Pasar Senen, tepatnya di dekat gedung bioskop Senen. Karena terletak tidak jauh dari Terminal Pasar Senen, lokasi ini tentu mudah dicapai dari berbagai penjuru Jakarta. Para pencinta masakan Minang, di sinilah surganya. Tersedia Nasi Kapau, Lemang Tapai, Bubur Kampiun, aneka lauk khas Padang, dan tentu aneka gorengan.

5. Masjid Sunda Kelapa, Masjid Pondok Indah dan Masjid Al Azhar Kebayoran Baru

Photo Credit: Arah

Di area masjid-masjid ini juga banyak aneka takjil dan makanan utama. Selain untuk berbuka puasa, para pedagang di sini juga tersedia hingga saat sahur tiba agar memudahkan pembeli yang menjalankan itikaf seperti sekarang.

BACA JUGA


Dengan 4 Kegiatan Ini, Ngabuburit Bisa Menggendutkan Isi Dompet

Dengan 4 Kegiatan Ini, Ngabuburit Bisa Menggendutkan Isi Dompet

Ngabuburit adalah istilah menunggu saatnya waktu berbuka puasa. Yang sering terjadi, ngabuburit malah menguras isi dompet namun tidak dengan ...

Read more..

Tunggu apa lagi? Yuk berburu takjil!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Berburu Takjil, Aneka Makanan Berbuka dan Sahur di Jakarta". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !