Kalau kamu sedang patah hati dan susah banget ngelupain mantanmu, mungkin ada baiknya kamu mendengarkan kisah Mbak Nani Kurniasari yang berhasil bangkit dengan selai Move On-nya.

Awalnya, Mbak Nani, single mom dengan empat anak ini terlilit utang miliaran rupiah akibat bisnis katering yang dijalaninya tidak membawa hasil. Padahal usaha katering yang dijalaninya lumayan lama, loh, dari tahun 2003 sampai dengan 2010. Alias tujuh tahun! Kondisi ini diperparah dengan berhutang ke bank lagi sebanyak 500 juta rupiah, yang membuat hutangnya menumpuk sampai Rp 2 miliar! Akibat kerugian dan hutang yang dideritanya, Mbak Nanik diceraikan suaminya, sehingga harus memutar otak untuk mencukupi kebutuhan keempat anaknya yang masih kecil.

Mbak Nani Kurniasari sebelum diwawancara Dedy Corbuzier di acara Hitam Putih. (foto: pengusaha.us)

Di tengah-tengah kesulitannya, Mbak Nani berusaha bangkit dengan mengikuti life coaching. Tahun 2014 merupakan titik balik Mbak Nani, ketika ia diberikan tugas dari sesi coaching tersebut untuk menghasilkan sebuah karya. Tentunya karya tersebut yang sesuai dengan minat dan hobinya, yaitu masak-memasak. Selain itu, Mbak Nani suka dengan makanan yang manis-manis. Pengalamannya di dunia katering telah mengajarkannya bahwa ia suka masak tapi tidak mau ribet, sehingga ia mencoba meracik selai yang menurutnya lebih simpel pengerjaannya dan dapat dilakukan sendiri.

Tentunya, seperti kisah orang-orang yang menapaki kesuksesan tidak sim salabim langsung berhasil. Mbak Nani berkali-kali gagal membuat resep selai yang enak, terutama saat emosinya sedang tidak stabil. Dari 4 selai yang diujikannya, hanya 1 rasa selai yang menurutnya layak jual, yaitu rasa karamel. Katanya, dalam mengaduk selai harus konsisten, diiringi doa, rasa cinta, harapan, dan fokus. Kalau melenceng sedikit aja, misalkan sedang marah atau sedih, pasti rasanya sudah nggak karuan. Makanya selai buatannya diberi nama Selai Move On.

Pengerjaan Selai Move On memerlukan waktu tujuh jam, dengan modal awal Rp 200 ribu untuk membeli bahan baku dan jar/botol. Dalam satu hari, Mbak Nani bisa menghasilkan hingga 300 botol selai. Kini Mbak Nani bisa menghasilkan omzet hingga Rp 4 juta sehari, dan sudah memiliki banyak pelanggan setia tidak hanya dari Indonesia, tapi juga dari Inggris, Kanada dan Abu Dhabi.

Ketika saya tanya, apa tipsnya selalu laku? Mbak Nani bilang dengan nada merendah bahwa namanya jualan pasti ada naik turunnya, tapi ia mensiasatinya dengan melakukan promo yang konsisten via akun facebook, instagram dan twitter mamakrempong.

Selain itu, Mba Nani nggak kuatir kalau nantinya ada yang meniru Selai Move On, karena ia yakin rejeki sudah diatur sama Yang Di Atas. Kalau sampai ada yang meniru produknya, berarti produk selainya terbukti bagus dan disukai konsumen ????.

Kini, Mbak Nani membuat varian rasa baru dari Selai Move On, yaitu rasa coklat. Awalnya gara-gara ketika ia sedang mengaduk selai, putrinya sedang rewel minta susu. Lalu putrinya pun dibawa ke pantry sambil Mbak Nani menyiapkan susu coklat kesukaan. Tahu-tahu, ketika sedang mengambil botol susu, ternyata Bulan (nama putrinya) nggak sengaja menumpahkan setengah bungkus coklat bubuk ke adonan selai.

Dari kisah di atas, ada beberapa hal yang bisa dipetik buat kamu yang ingin bangkit dari masalah hutang (plus patah hati) :

1. Selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah

Meskipun kedengarannya klise, kisah Mbak Nani bisa menjadi inspirasi buat kita semua bahwa kalau ingin hidup kita berubah lebih baik, pasti Tuhan akan memberikan jalan keluarnya asalkan kita tidak terus-menerus terpuruk dan larut dalam kesedihan.

2. Kembangkan hobimu dan fokus pada satu kegiatan yang kamu sukai

Seperti kisah Mbak Nani yang memang hobi memasak dan suka makan makanan yang manis-manis, akhirnya tercipta Selai Move On rasa karamel setelah uji coba berkali-kali beberapa rasa dan mengalami berbagai kegagalan.

3. Konsisten dan pantang menyerah

Setelah Mbak Nanik menemukan bahwa rasa karamel yang paling cocok dengan lidah konsumen, maka Mbak Nanik konsisten mengerjakan selai rasa karamel sampai menghasilkan produk selai berkualitas dan mempromosikannya melalui berbagai media.

Nah, Milenials, kamu tertarik mengikuti tips a la Mbak Nani melalui Selai Move On buatannya?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Belajar dari Nani Kurniasari 'Selai Move On': Patah Hati dan Utang Milyaran Bikin Sukses Berbisnis". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !