Menikah memang bukan satu-satunya jalan untuk meraih kebahagiaan, namun dengan menikah, kebahagiaan selangkah lebih mudah untuk diupayakan. Setidaknya begitulah yang Rina tanamkan dalam hati saat memulai komitmen menuju jenjang pernikahan. Rina, 27 tahun, seorang Editor yang telah terbiasa mandiri terkadang belum siap ada di bawah bayang-bayang suami, hingga berkali-kali Rina harus mengubah cara pandang agar tak panik sendiri.

Ya, pada akhirnya rencana pernikahan itu pun bergulir, memenuhi ruang-ruang hati Rina untuk berdoa agar semuanya dapat mengalir. Namun siapa yang mampu menebak takdir? Di tengah persiapan yang semakin matang, semuanya sudah berakhir.

Suatu malam kekasihnya berkata bahwa semuanya sangat hambar untuk dilanjutkan. Kesibukan Rina yang luar biasa serta lebih banyak tinggal di Bali bersama orangtua adalah alasan yang terdengar dibuat-buat olehnya. Rina tidak ingin berbagi luka untuk Sahabat Moola, bagi Rina, inilah cara Tuhan menyelamatkan dari 'musibah' yang lebih besar. Maka, dalam kesempatan ini Rina ingin membagikan kisah tentang cara bangkit dari kegagalan pernikahan dan apa yang Rina perbuat dengan uang tabungan yang telah dipersiapkan.

1. Rina berusaha menabung dan menjalankan beberapa usaha sampingan untuk menopang kebutuhan finansial

Photo Credit: Sicibi

Ya. Semenjak Rina memutuskan ingin menikah, Rina berpikir bahwa keuangan adalah salah satu hal yang mendukung keharmonisan dan kebahagiaan. Oleh karena itu, Rina bekerja siang malam untuk menambah pundi-pundi penghasilan. Uang yang Rina dapatkan tidak lantas untuk berhura-hura, tapi lebih banyak masuk ke rekening tabungan. Rina mengumpulkan dengan susah payah, Rina pula yang harus menjaga jerih payah. Yang sering menjadi kesalahan adalah ketika penghasilan bertambah maka gaya hidup ikut meningkat dan akhirnya berujung sia-sia. Rina tidak ingin menjadi demikian, tentunya.

2. Rina menikah karena merasa telah 'siap'

Photo Credit: HuffingPost

Menikah bukan ajang balapan, Rina tidak keberatan jika sedikit telat dibanding teman sepermainan. Ketika memutuskan menikah dengan mantan calon suami, Rina merasa bahwa segalanya telah siap - baik pekerjaan, tabungan, terutama mental. Orang bijak berkata, menikahlah jika kamu telah siap, bukan karena kamu takut hidup kesepian. Akhirnya, Rina mengumumkan pada orangtua bahwa Rina 'siap' melangkah ke gerbang pernikahan dan tak ingin merepotkan mereka terlalu dalam. Ia ingin membuktikan, tabungannya telah pantas untuk biaya pesta dan kehidupan selanjutnya.

3. Ketika semuanya batal, Rina berusaha tenang agar pekerjaan tidak 'goyang'

Photo Credit: She Knows

Pekerjaan adalah aset terbesar bagi Rina. Sebab dengan pekerjaan yang mapan, ia bisa membahagiakan keluarganya dan berbuat banyak hal untuk mereka. Oleh karena itu, ketika ia menghadapi masalah besar, ia tidak ingin suasana hatinya terganggu hingga berdampak pada rutinitasnya sebagai Editor dan pekerja kreatif. Baginya, cukup percintaan saja yang gagal, pekerjaan dan finansial jangan sampai 'goyang'.

4. Uang tabungan yang tersedia digunakannya untuk menuju keinginan yang tertunda

Photo Credit: YouTube

Tahun ini Rina punya banyak resolusi, selain menikah, ia juga ingin ke Mekkah. Karena pernikahannya gagal, dana yang terkumpul ia pakai untuk mendaftar umrah ke sebuah biro perjalanan. Di Mekkah, ia ingin menenangkan diri sekaligus mencari semangat baru untuk melanjutkan kehidupan.

5. Traveling adalah pengobat luka

Photo Credit: Shutterstock

Demikianlah, tak hanya ke Mekkah, Rina juga pergi ke tempat-tempat impiannya. Bulan ini, ia akan kembali terbang ke Thailand untuk menemui sahabat-sahabatnya semasa menimba ilmu di negeri 'seribu pagoda'. Setelah puas bertukar rindu di sana, Rina melanjutkan sendiri perjalanannya ke Bagan dan Yangon - Myanmar. Menurut Rina, solo traveling adalah salah satu pengobat luka paling ampuh sekaligus menantang mentalnya untuk keluar dari zona aman.

6. Melanjutkan hidup, apapun adanya

Photo Credit: iStock

Nah, ketika semangat Rina sudah kembali terkumpul seperti sedia kala, dengan sisa tabungan yang ada ia membuka bisnis baru yang dapat melipat-gandakan keuntungan. Rasanya, ia tak pernah surut semangat dalam memperbaiki kehidupan finansial demi keluarga tercinta dan tahapan hidup selanjutnya. Ia siap menghadapi tantangan, dengan segala ujian yang telah menempa kekuatan.

BACA JUGA


5 Kutipan Tentang Finansial Ini Akan Membuatmu Lebih Berhati-hati Mengelola Keuangan. Sudahkah Kamu Terapkan dalam Kehidupan?

5 Kutipan Tentang Finansial Ini Akan Membuatmu Lebih Berhati-hati Mengelola Keuangan. Sudahkah Kamu Terapkan dalam Kehidupan?

Menghasilkan uang tidak semudah membalikkan telapak tangan, untuk itu kamu harus berhati-hati mengelola finansial

Read more..

Tuhan membuka genggaman tangan kita untuk memberi karunia lebih besar. Dari Rina, kita belajar untuk terus melangkah tanpa peduli rintangan di depan mata.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Batal Menikah, Lihatlah Apa yang Rina Lakukan dengan Uang Tabungan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !