Bulan Agustus banyak liburnya. Karena hal itu, kamu merencanakan berwisata ke berbagai tempat dan mengambil cuti tahunan sebagai tambahan. Banyak hal telah masuk dalam daftar rencana, seolah kamu ingin melewatkan liburan secara maksimal. Namun ada kalanya kamu juga harus tetap waspada agar tak 'kecolongan' dan berujung membengkaknya anggaran perjalanan. Biasanya, para traveller akan jadi boros untuk urusan makan karena menganggap bahwa hal ini sah-sah saja dilakukan supaya perut tak keroncongan. Padahal, tanpa disadari, biaya makan yang tidak terkontrol bisa mengakibatkan kamu bokek sendiri. Nah, biar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, inilah 5 cara untuk menghemat biaya makan saat sedang travelling atau berwisata ke suatu tempat!

1. Tentukan anggaran untuk makan

Photo Credit: Shutterstock

Saat memulai perjalanan, kamu harus menentukan anggaran yang boleh kamu habiskan untuk biaya makan. Disiplinlah terhadap anggaran yang sudah kamu buat, dan jangan sesekali mengingkarinya kecuali jika kamu sedang sangat-sangat ingin mencoba makanan baru yang tak terpikirkan sebelumnya.

2. Atur waktu makan secara tepat

Yang kedua adalah mengatur waktu/jadwal makan secara tepat agar anggaran yang sudah kamu buat mampu diterapkan tanpa kesulitan. Misal kamu menjadwalkan makan dua kali dalam sehari, yakni siang dan malam untuk mengisi energi - maka taatilah hal tersebut agar anggaranmu tidak berantakan karena kurangnya kedisiplinan membelanjakan uang.

3. Manfaatkan kupon atau diskon promo

Photo Credit: Rarefruit

Kupon atau diskon promo yang biasa dibagikan melalui banyak media bisa kamu gunakan untuk mencicipi beberapa hidangan 'impian'. Saat berkunjung ke suatu tempat dan ingin memanjakan perut yang lapar, tak ada salahnya lho kupon-kupon tersebut 'dicairkan'. Tak cuma kupon, kamu juga bisa berkeliling melihat-lihat restoran yang menggelar promo hari spesial, misalnya restoran timur tengah asal Turki akan memberi potongan khusus bagi pelanggan saat merayakan hari kemerdekaan negaranya.

4. Jangan makan di tempat wisata

Ini penting lho, Sahabat Moola! Karena sudah tergiur perut yang lapar, kamu jadi asal saja masuk restoran yang masih satu area dengan tempat pariwisata. Tak hanya harganya yang melambung tajam, tapi rasanya juga cenderung kurang spesial. Lebih baik kamu pergi ke luar dan mencari rumah makan di tepi-tepi jalan. Selain murah, porsi mewah, harganya juga sangat ramah.

5. Memilih menu dengan harga paling murah/rasional namun tetap mengenyangkan

Photo Credit: iStock

Last but not least, dari keempat poin sebelumnya, yang terutama harus kamu pikirkan adalah soal harga dan menunya. Pilihlah yang sesuai dengan kantongmu dan seleramu. Jika kantongmu tak cukup banyak untuk memenuhi kebutuhan perut yang lapar, maka pilihlah harga yang paling murah dan rasional namun tetap bisa mengenyangkan.

BACA JUGA


Mengenal 5 Destinasi Wisata Terbaik yang Pernah Tercetak dalam Uang Kertas Rupiah

Mengenal 5 Destinasi Wisata Terbaik yang Pernah Tercetak dalam Uang Kertas Rupiah

Indonesia memang seindah surga, tercipta saat Tuhan tengah jatuh cinta. Lima destinasi wisata ini adalah buktinya

Read more..

Well, semoga bermanfaat dan selamat jalan-jalan!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Awas! Jangan Sampai Biaya Makan Bikin Budget Travelling Membengkak. Inilah 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Biar Nggak 'Kecolongan'!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !