Berapa besar budget yang biasanya kamu alokasikan untuk makan siang? Kalau kamu biasa ke mall setiap kali makan siang dengan biaya Rp50ribu/hari, maka kamu harus menyiapkan budget sebesar 1juta per bulannya. Ini belum termasuk belanja hasil cuci mata ya. Ada beberapa pilihan untuk menghemat budget makan siang agar kamu punya dana lebih untuk liburan.

1. Manfaatkan fasilitas makan siang gratis di kantin kantor

Ini pilihan yang paling ideal untuk menghemat budget makan siang. Beberapa perusahaan menerapkan kebijakan makan siang gratis untuk karyawan. Jadi karyawan tidak perlu membuang banyak waktu untuk mencari makan siang di luar. Keuntungannya bagi perusahaan, waktu yang ada bisa dimanfaatkan dengan lebih efisien sehingga produktivitas pun meningkat. Kalau kamu berhasil makan siang di kantin karyawan kantor selama sebulan penuh, biaya makan siangmu nol. Di akhir bulan, kamu bisa punya dana liburan 1 juta! Ini cukup untuk inap semalam di kota tetangga.

Photo Credit: Honeycombers

2. Bawa bekal dari rumah

Photo Credit: Foodie-Lifestyle

Mungkin tidak semua dari kita bekerja di perusahaan yang menyediakan makan siang gratis untuk karyawannya sehingga tips nomor 1 tidak bisa diterapkan. Namun, kita bisa membawa bekal makan siang dari rumah. Kita asumsikan biaya belanja bahan dan operasional Rp100ribu per minggu. Jadi biaya yang diperlukan untuk bawa bekal sebulan Rp400ribu. Kamu hemat 600ribu/bulan. Dana ini cukup untuk biaya transport PP kulineran di Bandung.


3. Pesan katering

Malas masak? Capek? Kalau gitu, coba cari jasa katering makan siang. Biasanya jasa katering menerapkan minimal order. Kamu bisa ajak teman-teman kantormu. Biaya katering ini bervariasi mulai dari Rp20-25ribu/hari. Total biaya yang kamu butuhkan adalah Rp25ribu x 20 hari = Rp500ribu. Kamu hemat 500ribu/bulan. Dana ini cukup untuk staycation. Sila manfaatkan promo di hotel favorit.

Photo Credit: iibfsulsel

4. Pesan online dari warung favorit

Pilihan lain yang bisa kamu ambil adalah pesan menu makan siang dari warung favorit secara online. Jadi, tak perlu membuang banyak waktu di jalan. Biaya makan plus ongkir berkisar Rp25-30ribu/hari. Kamu juga bisa memanfaatkan promo free ongkir dari beberapa provider ojek online. Total biaya makan per bulan menjadi Rp30ribu x 20 hari = Rp600ribu. Kamu hemat 400ribu/bulan. Mau movie marathon lanjut window shopping di mall? Bisa!

Nah, itu tadi 4 alternatif menghemat budget makan siang agar kamu bisa menyisihkan dana untuk liburan. Kamu pilih opsi yang mana? Keempat opsi tadi juga bisa dikombinasikan. Misal, kamu membawa bekal di hari Senin-Rabu dan pesan online di Kamis-Jumat. Sila pilih yang nyaman untukmu.

Yuk cobain tantangan #hematmakansiang bulan ini. Share pengalamanmu mengumpulkan dana liburan dengan berhemat budget makan siang di moola.id ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Atur Budget Makan Siang Bikin Kamu Punya Dana Liburan? Begini Caranya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !