Bicara tentang Mojokerto, kamu pasti ingat kerajaan terbesar yang pernah menyatukan Nusantara. Yup, Majapahit! Berdiri megah di wilayah Mojokerto yang menjadi salah satu kabupaten tertua dan memiliki banyak situs sejarah serta keindahan alam. Tak heran bila para wisatawan menyebut Mojokerto sebagai paket komplit yang menakjubkan. Sahabat Moola, berikut adalah deretan tempat wisata Mojokerto yang cocok untuk menikmati liburan panjang!


1. Museum Trowulan

Photo Credit: Travel Kompas

Jika kamu penggemar sejarah, maka Museum Trowulan ini cocok menjadi tujuan pertama. Berada di Desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, kamu bisa menikmati sekaligus mempelajari jejak-jejak kejayaan Majapahit yang sangat lengkap. Tak hanya Majapahit saja, di sini kamu juga bisa melihat peninggalan kerajaan Singasari, Kediri, dan Kahuripan.

Tiket masuk: Rp2.500,- (umum) Rp1.500,- (pelajar)


2. Candi Tikus

Photo Credit: Ockym Blogspot

Menu wajib dalam kunjunganmu di Trowulan adalah Candi Tikus yang berdiri di atas kolam. Kecantikan serta keunikan arsitekturnya sangat cocok menghiasi galeri instagram. Selain Candi Tikus, jangan lupa mengunjungi candi-candi di sekitarnya seperti Candi Bajang Ratu, Candi Wringin Lawang, dan Candi Brahu ya, Sahabat Moola!

Tiket masuk: GRATIS/sukarela


3. Api Abadi Bekucuk

Photo Credit: Yukpiknik

Masih tentang sejarah, sumber api abadi yang terletak di Dusun Bekucuk, Desa Tempuran, Kecamatan Sooko konon sudah ada sejak masa Majapahit dan membantu para resi untuk pembuatan keris. Meski hujan dan banjir melanda, sumber api abadi tak pernah padam. Di sini kamu bisa menikmati waktu bersama keluarga sambil membakar jagung yang dijual di sekitar lokasi.

Tiket masuk: GRATIS


4. Maha Vihara Majapahit

Photo Credit: Cerita Dibalik Foto

Tak perlu jauh-jauh ke Thailand dan mengunjungi Wat Pho di Bangkok untuk menyaksikan patung Buddha tidur. Di Mojokerto, kamupun bisa melihat Sleeping Buddha terbesar ketiga di dunia setelah Thailand dan Tibet. Patung tersebut terletak di samping Maha Vihara Majapahit, Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, dikelilingi kolam teratai yang menawan.

Tiket masuk: sukarela


5. Gunung Penanggungan

Photo Credit: TripTrus

Bila kamu dan keluarga mempunyai hobi trekking, tak ada salahnya mengagendakan pendakian di akhir pekan. Tak perlu jauh-jauh, sebab Gunung Penanggungan yang terletak di Mojokerto juga menyajikan pemandangan indah dengan rute yang ramah bagi pendaki pemula sehingga kamu tak perlu was-was.

Tiket pendakian: Rp8.000,- termasuk kantong plastik


6. Pemandian Jolotundo

Photo Credit: Wisata Terindah 2017 dan Terfavorit di Indonesia

Letaknya di lereng Gunung Penanggungan, merupakan bekas pemandian Raja dan Ratu Kahuripan yang sangat disakralkan. Mempunyai kualitas air terbaik di dunia dengan tingginya kandungan mineral dan tak pernah kering saat kemarau tiba. Mitos beredar bahwa pemandian Jolotundo bisa membuat cantik dan awet muda.

Tiket masuk: Rp6.000,-


7. Air Terjun Dlundung

Photo Credit: Kuliner Wisata

Seperti permadani yang digelar dan turun dari surga, keindahan Air Terjun Dlundung menyihir siapa saja. Berada di Dusun Ketapang, Desa Kemloko, Kecamatan Trawas, kamu harus berkendara 36 kilometer dari pusat Mojokerto. Selain keindahan alamnya, fasilitas yang disediakan pun sudah lengkap, meliputi kamar mandi umum, peralatan outbond, hingga penjual makanan.

Tiket masuk: Rp10.200,- (kunjungan) kemah ditambah Rp3.500,- per malam


8. Pemandian Air Panas Pacet

Photo Credit: East Java

Di kaki Gunung Welirang, Desa Padusan, terdapat sumber air panas yang dikenal mampu menyembuhkan beragam penyakit kulit dan tulang. Kandungan belerang dan mineral yang larut secara alami dapat memperbarui sel kulit mati dan rusak. Pemandian ini buka selama 24 jam dalam sehari, menyuguhkan pemandangan hijau menyegarkan dan dilengkapi fasilitas penginapan serta penjaja makanan. Tak hanya wisatawan lokal yang memadati di akhir pekan, wisatawan asing pun banyak yang berdatangan.

Tiket masuk: Rp12.500,- (kawasan wisata) Rp10.000,- (kolam renang/kolam panas)


9. Coban Canggu

Photo Credit: Elang Wicakso's Blog

Masih di Pacet, di lereng Gunung Welirang, air terjun bernama Coban Canggu juga sayang untuk dilewatkan. Hamparan hijau menyegarkan berpadu dengan bebatuan serupa pahatan. Untuk menuju Coban Canggu, kamu harus melalui jalur yang cukup berat. Namun tak ada hasil yang menghianati usaha, bukan? Jika telah tiba di sana, rasa lelah kamu seketika menguap dan lunas terbayar!

Tiket masuk: Rp7.000,-


10. Trawas

Photo Credit: Grand Hotel Trawas

Peristirahatan Trawas di lereng Gunung Arjuno dan Gunung Penanggungan memang cocok untuk beristirahat dari padatnya perkotaan. Banyak penginapan disewakan, tentunya dengan fasilitas lengkap yang membuat akhir pekan kamu lebih segar dan siap menghadapi pekerjaan.

Harga sewa hotel: mulai Rp200.000,- per malam


Berwisata memang menjadi kebutuhan dasar manusia yang mampu memperkaya batin dan pengalaman. Seperti pisau yang harus diasah agar kembali tajam, berlibur sejenak dapat mengasah ketajaman kamu dalam melakukan pekerjaan. Manakah yang ingin kamu kunjungi untuk menghabiskan liburan panjang mendatang?

BACA JUGA


Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Banyak yang bilang untuk berwisata di luar negeri membutuhkan budget yang lebih. Saya membuktikan, one day trip di Lopburi, Thailand, hanya ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "April Banyak Liburnya! Jalan-jalan ke Thailand ala Jawa Timuran Yuk, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !