Liburan Natal dan Tahun Baru telah tiba. Tentu ada beragam cara untuk melaluinya. Bila kamu tak bisa meninggalkan pekerjaan untuk sekadar menghabiskan tiga hari liburan, kamu bisa lho memaksimalkan waktu istirahat dengan menikmati akhir tahun tanpa keluar kota.

Ya. Tentu hanya di kota sendiri saja, tak perlu pergi jauh bila memang terkendala waktu dan hal lainnya. Menjadi bahagia bukan berarti kita harus memaksakan keadaan yang ada. Sebab, bahagia bergantung cara kita mengupayakan—salah satunya dengan staycation yang kini dilirik banyak orang. Staycation adalah konsep liburan sederhana untuk menghemat waktu, jarak, biaya, dan tenaga tanpa kehilangan esensi utamanya. Maka, inilah 5 cara menikmati liburan akhir tahun meski hanya di dalam kota!

1. Mengunjungi pasar tradisional

Berkunjung ke pasar-pasar tradisional selalu menyenangkan sebab kamu bisa berinteraksi dengan beragam jenis orang. Menyaksikan percakapan pembeli dan penjual, berburu aneka kuliner yang mulai jarang, hingga membeli beraneka produk makanan segar bisa kamu lakukan dengan singgah ke pasar tradisional. Jika sehari-hari kamu disibukkan dengan pekerjaan dari pagi hingga petang, maka manfaatkan waktu liburan untuk melonggarkan pikiran dengan menyusuri gang-gang sempit ala pasar. Tentu, akan ada banyak kejutan menantimu. Misalnya bertemu jajanan masa kecil, kuliner favorit ibu, bahkan benda-benda kuno yang mengingatkanmu pada tempo dulu.

2. Museum serta galeri kesenian

Kamu menyukai kesenian namun terhalang kesibukan? Tenang, untuk kamu yang tinggal di kota-kota eksotis semacam Jakarta, Denpasar, Surabaya, maupun Yogyakarta, tentu tak sulit menemukan museum serta galeri kesenian di pusat kota. Menikmati liburan akhir tahun memang tak perlu menghabiskan banyak biaya dan tenaga, sebab kamu bisa mengajak sahabat maupun orang tercinta mendatangi museum untuk melihat-lihat koleksi kejayaan masa silam.

3. Taman kota selalu meneduhkan pikiran

Dan bila kotamu tidak memiliki museum atau galeri kesenian, cukup nikmati liburanmu di taman kota yang rindang. Jangan lupa sedia buku bacaan serta cemilan kegemaraan. Kamu bisa membuat piknik kecil-kecilan di bawah pepohonan untuk meneduhkan pikiran serta beristirahat dari segala kesibukan.

4. Menikmati staycation di hotel berbintang

Setelah perjuangan berat mencapai target tahunan, tak ada salahnya mengapresiasi diri sendiri atas segala pencapaian. Untuk itu, staycation di hotel berbintang bisa dijadikan pilihan meski kamu harus menganggarkan biaya yang sedikit mahal. Carilah hotel berkonsep unik yang bisa menjernihkan pikiran serta mendatangkan ide-ide segar, jangan lupa pilih kamar paling tenang dengan tempat tidur yang nyaman. Agar lebih seru dan berkesan, ajaklah orang-orang tersayang seperti saudara ataupun sahabat untuk staycation bersama. Kalian bisa menggelar pyjamas party sambil melakukan refleksi akhir tahun dan bertukar hadiah.

5. Mencoba restoran baru dan melakukan food tour

Penyuka kuliner tak pernah kehabisan ide memanfaatkan waktu liburan. Datangnya tanggal merah wajib dirayakan dengan makan-makan sampai kenyang. Untuk kamu yang suka wisata gastronomi, eits, tak perlulah jauh-jauh dari kota sendiri. Datangi restoran baru yang belum sempat kamu cicipi, sekalian bikin review yang bisa kamu unggah dalam blog pribadi. Bukankah bahagia hanya perlu sesederhana ini?

BACA JUGA


Mau Merayakan Sensasi White Christmas? Berikut 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan

Mau Merayakan Sensasi White Christmas? Berikut 5 Tips yang Harus Kamu Lakukan

Whoa! Sebentar lagi tahun 2017 akan segera berakhir dan kita akan merayakan tahun baru 2018 dengan penuh harapan dan resolusi baru. Meskipun ...

Read more..

Sometimes a break from your routine is the very thing you need. Bagaimana? Sudah siap menjelajah kotamu sendiri?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anti Gagal! 5 Cara Menikmati Liburan Akhir Tahun di Kota Sendiri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !