Lebaran sebentar lagi, Hari Raya sudah diambang pintu . Pasti butuh banyak yang harus disiapkan apalagi Lebaran punya banyak tradisi khususnya bagi orang Indonesia seperti menu hidangan yang harus wajib ada disetiap lebaran walaupun sebenarnya tidak harus dipaksakan , toh...Lebaran juga tidak datang setiap hari kan .

Lebaran atau Hari Raya tidak pernah lepas dari anggaran dapur karena pada hari itu biasanya setiap keluarga akan memasak diluar dari biasanya sekaligus menjadi ajang Silaturahmi. Agar anggaran sobat Millenials tidak membengkak hanya untuk kebutuhan dapur, intip yuks Tips berikut ini :

Belanja Di Pasar Tradisional

Photo Credit : TreKearth

Kalau pada hari biasanya sobat Moola berbelanja di Supermarket tak ada salahnya untuk kebutuhan dapur Lebaran kali ini mencoba untuk berbelanja di Pasar Tradisional. Tidak perlu khawatir karena saat ini Pasar Traditional sudah tidak sekumuh dulu . Bandingkan harganya dengan Supermarket tentu Pasar Traditional lebih murah dengan kesegaran bahan pangan yang juga baik. Lumayankan karena kamu bisa save your money untuk kebutuhan yang lain atau ditabung . Let's try sobat !

Buat List Belanjaan

Photo Credit : YouthManual

Biar tidak kalap kalau lihat sayuran yang seger-seger bikin gemes...buatlah list belanjaan apa saja yang harus dibeli , selain pengingat kalau-kalau ada yang kelupaan juga bisa menjadi rem 'Nafsu' belanja mu sobat Moola , jangan lupa cek ulang sebelum pergi berbelanja.

Belanja Jauh-jauh Hari

Photo Credit : ExciteIndonesia

Sudah menjadi tradisi bagi pedagang menaikan harga menjelang Lebaran kebutuhan pokok dan teman-temannya juga ikut naik apalagi satu hari sebelum Lebaran harga kebutuhan pokok naik bahkan hingga seratus persen lebih. Biasanya harga cenderung naik 4 hari sebelum Lebaran maka jangan berbelanja kebutuhan dapur Lebaran menjelang Hari Raya, sobat Moola bisa berbelanja seminggu sebelumnya dengan harga kebutuhan yang cederung masih normal.

Kemas Belanjaan dengan Baik

Photo Credir : cdn2

Tenang sobat, ga perlu khawatir kalau belanja seminggu sebelum Lebaran belanjaan akan rusak, kalau kita mengemasnya dengan baik sayur mayur hijaupun mampu bertahan lebih lama tanpa mengurangi kesegarannya .

Daging dan ikan : setelah dicuci bersih bisa langsung dimasukan kedalam frezzer atau sesuai dengan kebutuhannya, daging bisa dimasukan setelah direbus dan air rebusannya pun bisa dimasukan dalam frezzer untuk tambahan kaldu dalam masakan sobat Moola, hemat tanpa bahan pengawet.

Sayuran : Cuci bersih sayuran hijau dan tirikan lalu bungkus dengan koran yang sudah tidak terpakai , sayuran bisa awet hingga 2 minggu.

Bumbu-Bumbu : Giling bumbu-bumbu dan tempatkan dalam wadah tertutup kedap udara lalu simpan dalam frezzer dijamin bumbu bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Untuk memudahkan dalam pemakaian usahakan menggiling bumbu berdasarkan kebutuhan masakan , contoh : giling bumbu untuk rendang, kari, nasi goreng dll , jadi pada saat pemakaian sudah mencampur bumbu-bumbu lagi.

Beri Label : Supaya tidak bingung pada saat ingin mengunakan belanjaan kita, beri label pada setiap belanjaan kita tulis nama barang dan tanggal ketika dimasukan kedalam kulkas atau frezzer jadi memudahkan kita untuk menemukan bahan makanan juga bisa memilih yang mana yang harus didahulukan pengolahannya berdasarkan tanggal masuk kulkas.

Gimana sobat Moola ? semoga tulisannya aku bisa bermanfaat yah buat sobat Moola . Selamat Mencoba !



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anggaran Dapur Hari Raya Jangan Sampai Membengkak, Ini Tips Rahasianya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !