Jauh dari orangtua menjadi tantangan tersendiri bagi anak kost, bukan hanya masalah kemandirian tapi anak kost juga harus bisa mengatur keuangan mereka dengan matang setiap bulannya. Jika tidak ada perencanaan untuk berhemat maka anak kost harus bersiap 'makan mi instan' setiap hari. Tentu Sahabat Moola tidak ingin hal itu terjadi, bukan? Jadi, cobalah pelajari 5 tips berhemat ala anak kost di bawah ini ya!

1. Memasak Nasi Putih

Photo Credit; The Pioneer Woman

Cara pertama adalah dengan memasak nasi putih sendiri. Sebagai anak kost kamu harus bisa melakukan hal ini. Lagipula memasak nasi putih sangat gampang toh? Daripada kamu membeli di luar yang jauh lebih mahal karena harga nasi putih di tempat makan biasanya berkisar antara Rp3000-5000 ke atas. Bayangkan saja jika kamu makan tiga kali sehari! Uang yang kamu keluarkan per hari sekitar Rp15.000, dan seminggu kamu sudah menghabiskan lebih dari Rp50.000. Daripada membeli nasi putih, bukankah lebih baik kamu membeli beras dan memasak sendiri? Jadi sisanya dapat dialokasikan untuk membeli lauk dan kamu bisa makan nasi sepuasnya.

2. Minum Air Putih

Tips nomor 1 dan 2 memang serba putih, karena yang putih memang lebih hemat, hahaha! Salah satu cara untuk berhemat berikutnya adalah dengan lebih sering mengkonsumsi air putih. Setiap kali makan di luar, kita pasti membutuhkan minuman. Tetapi terkadang tempat makan tersebut menjual minuman dengan harga hampir sama dengan harga makanan. Coba kita kalkulasikan semisal harga es teh Rp8.000 maka dalam sehari kamu bisa menghabiskan Rp24.000! Cobalah sesekali kamu membawa air putih sendiri dari kost, dengan begitu kamu berhasil menekan pengeluaranmu hingga sekitar Rp500.000 sebulan. Ini bukan berarti kamu tidak boleh membeli air minum di luar, melainkan salah satu cara agar kamu tetap bisa berhemat di akhir bulan.

3. Museumkan ATM

Photo Credit: Third Force News

Batasi dirimu untuk ke ATM, jangan terlalu sering kecuali memang sangat dibutuhkan dan mendesak. Jatahlah dirimu sendiri berapa banyak uang yang dapat kamu gunakan setiap seminggu sekali. Setelah mengambil uang yang dibutuhkan, segera simpanlah ATM-mu rapat-rapat sampai seminggu kemudian sehingga kamu tahu berapa budget maksimal yang bisa kamu gunakan.

4. Kurangi ke Minimarket

Cara keempat adalah dengan mengurangi pergi ke minimarket. Kendalikan dirimu agar tidak terlalu sering ke minimarket. Biasanya, niat awal membeli barang satu saja, maka akan berubah jadi lima barang. Tentu itu akan menguras kantong karena tidak sesuai dengan planning awal. Pengeluaran di luar budget ini akan sangat mempengaruhi akhir bulanmu nantinya. Maka dari itu cobalah untuk mengurangi belanja ke minimarket, atau jika diperlukan cobalah planning terlebih dahulu apa saja yang harus dibeli.

5. Belajarlah Memasak Sendiri

Photo Credit: PureFormulas

Solusi terakhir adalah belajar memasak sendiri. Cara ini sangat efektif untuk menekan pengeluaranmu walau terkadang agak merepotkan karena banyak yang harus disiapkan. Tapi namanya berhemat harus ada usahanya, bukan? Kalau kamu punya waktu luang, cara ini akan sangat bermanfaat. Pada awal minggu segeralah membeli dan mempersiapkan bahan-bahan yang akan kamu masak dan selalu ingat untuk membeli sesuatu yang sudah kamu catat sebelumnya agar tidak overbudget.

BACA JUGA


Calon Anak Kost Wajib Tahu! 5 Cara Mengelola Uang Jajan Biar Bisa Jalan-jalan dan Nggak Bokek di Akhir Bulan!

Calon Anak Kost Wajib Tahu! 5 Cara Mengelola Uang Jajan Biar Bisa Jalan-jalan dan Nggak Bokek di Akhir Bulan!

Kamu akan menghadapi kehidupan baru sebagai anak kost? Baca dulu artikel ini supaya jago mengelola keuangan biar nggak bokek di akhir bulan ...

Read more..

Nah Sahabat Moola, itulah beberapa tips yang dapat kamu lakukan untuk menghemat pengeluaranmu sebagai anak kost ya! Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Anak Rantau Wajib Tahu! Simak 5 Tips Berhemat ala Anak Kost yang Bisa Kamu Tiru!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !