Momen liburan memang seharusnya dijadikan momen yang berkesan, ini cerita dan tips dari Dhani yang awal tahun melakukan perjalanan darat bersama keluarganya. Dhani dan suaminya memang berencana mengajak keluarga mereka untuk menempuh perjalanan darat mengelilingi Pulau Jawa.

Dhani menceritakan bahwa perjalan darat naik mobil pribadi yang dilaluinya sangat berkesan bagi Dhani dan suaminya. Mereka merencanakan ini sejak lama dan mempersiapkan budgetnya agar cukup dan pas untuk perjalanan mereka selama 10 hari beserta keluarga. Berikut adalah hal-hal yang perlu disiapkan menurut Dhani!

1. Biaya perawatan dan servis mobil

Mereka akan mengendarai mobil pribadi keliling Pulau Jawa, sehingga mereka memastikan kendaraan yang dipakai nyaman tanpa rewel dan ada kendala di tengah jalan, seperti mengecek oli mesin, oli persneleng, air radiator, tekanan ban.

2. Rute yang akan ditempuh

Ini perlu disiapkan berkaitan dengan biaya akomodasi mereka, mereka berangkat dari Surabaya lewat Semarang pulangnya dari Jakarta melewati Jogja. Mereka mencari akomodasi penginapan dan restoran yang sesuai dengan budget mereka.

3. Cek kesehatan sebelum berangkat

Sebelum berpergian yang terpenting adalah cek kesehatan masing-masing anggota keluarga, Dikhawatirkan ada kondisi yang membuat mereka harus beristirahat dulu sebelum melakukan perjalanan.

4. Bawa catatan keuangan

Ini sangat penting supaya tidak over budget saat bepergian, mereka menganggarkan semuanya dari hal yang peling kecil sampai besar. Tidak lupa juga dana untuk oleh-oleh keluarga, sekarang bisa memakai cara konvensional atau yang sudah kekinian di aplikasi HP.

5. Membawa persiapan obat-obatan untuk pertolongan pertama

Mereka mempersiapkan obat-obatan untuk pertolongan pertama, seperti antiseptik, obat untuk luka, obat masuk angin, minyak angin, balsem, dan juga obat flu dan batuk, karena obat-obatan ini penting sebagai pertolongan pertama.

6. Mengabadikan setiap momen di setiap kota

Jangan lupa untuk mengabadikan momen di setiap kota atau tempat-tempat bersejarah dan ikonik di kota tersebut, kalo semisal baterai kamera kita habis, bisa juga pakai HP kita yang kece.

7. Bawa pakaian lebih untuk berjaga-jaga

Kita tidak tahu apa yang terjadi di jalan, bisa saja ada kejadian tak terduga, jangan lupa untuk membawa baju lebih sebagai antisipasi.

8. Hubungi saudara, kerabat, teman di kota yang akan disinggahi

Ini sangat bermanfaat dalam perjalanan yang mereka tempuh, setiap kota yang akan mereka singgahi sekalian sebagai sarana silahturahmi dan siapa tahu bisa memberikan tempat berteduh atau menginap, apabila tiba di kota yang disinggahi terlalu malam.

9. Setelah perjalanan selesai jangan lupa menyimpan momennya

Setelah serangkaian perjalanan, kita bisa menyimpan setiap foto, tiket masuk wisata, dan pernak-pernik unik dalam folder khusus atau bisa juga dituliskan dalam blog pribadi yang di-update setiap saat. Jadi ketika kita ingin mengingat momen bisa kita lihat di folder atau blog pribadi.

BACA JUGA


Ingin Mencari Uang Sambil Jalan-jalan? Inilah 5 Skill yang Harus Kamu Persiapkan

Ingin Mencari Uang Sambil Jalan-jalan? Inilah 5 Skill yang Harus Kamu Persiapkan

Menjadi digital nomad - atau mencari uang sambil jalan-jalan adalah impian anak muda masa sekarang

Read more..

Dhani menceritakan budget yang sudah mereka habiskan pas sesuai dengan perkiraan yang mereka rencanakan. Jadi, apakah kamu berminat mengikuti ide Dhani?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Akhir Tahun Saatnya Menikmati Jalan-jalan Keliling Pulau Jawa. Simak Yuk Tips Hematnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !