Sudah punya rencana untuk akhir pekan ini? Mungkin kamu berniat untuk nongkrong bersama teman atau keluarga, tapi dompet lagi tipis. Rencana mau ke salon juga gagal karena khawatir menghabiskan terlalu banyak uang.

Sementara saya, sambil makan siang tadi, browsing alternatif kegiatan untuk akhir pekan. Saya pun menemukan berbagai tips untuk melakukan spa sendiri di rumah. Dibawah ini, saya merangkum beberapa perawatan yang bahannya bisa kamu temukan di rumah. Kamu pun bisa merasakan pengalaman spa ala salon mahal, namun tidak membuat kantongmu jebol.

Mau tahu bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya!


1. Keramas Plus Plus untuk Rambutmu


Bahan yang disebut-sebut paling bagus untuk menjaga kesehatan rambut adalah minyak kelapa yang penting dalam pertumbuhan rambutmu. Awali rangkaian spa rambutmu dengan memijat-mijat kulit kepala dengan lembut terlebih dahulu menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Setelah itu, siapkan handuk kecil dan air hangat. Masukkan handuk ke dalam air hangat dan peras airnya, kemudian bungkus rambutmu dengan handuk tersebut. Hal ini dilakukan agar minyak kelapa yang sudah kamu baurkan tadi semakin meresap ke dalam rambut. Selanjutnya, kamu tinggal keramas seperti biasa dan jangan lupa memakai conditioner agar rambutmu semakin lembut.

Jika kamu memiliki waktu lebih, cobalah membuat masker rambut sendiri. Kandungan madu dan minyak kelapa bisa membuat rambutmu semakin mudah diatur. Diamkan masker selama 20 menit, kemudian bilas lagi menggunakan shampoo. Spa rambutmu selesai, kamu pun siap menyambut kekasih yang akan datang ngapel


2. Pedicure di Rumah


Sepanjang minggu kakimu tertutup sepatu dan kaos kaki. Apalagi kalau kamu penggemar sneakers atau high heels, merawat kaki yang lelah harus kamu prioritaskan saat akhir pekan.

Pertama, kamu harus menyiapkan air hangat untuk mengangkat kotoran dan sel-sel kulit mati. Tambahkan garam aroma terapi ke dalam air hangat, lalu rendam kakimu selama beberapa menit. Kemudian, potong kuku dan angkat kutikula perlahan menggunakan pendorong kutikula. Gosok kaki dengan bahan campuran madu, gula, minyak zaitun, dan lemon untuk membuat kulitmu halus dan lebih cerah.

Selanjutnya, kamu bisa mewarnai kuku kakimu dengan warna kuteks favorit. Jangan lupa bubuhkan top coat agar kuteksmu tidak mudah hilang.


3. Buat Masker Wajah Sendiri

Photo credit: style.pk

Ada rencana untuk facial akhir pekan ini? Lakukan sendiri saja di rumah! Yang pertama, bersihkan wajahmu menggunakan susu pembersih, lalu uapkan wajahmu diatas baskom berisi air hangat. Setelah kamu merasa pori-pori wajahmu cukup terbuka, gunakan scrub alami untuk mengangkat kotoran dan sisa make up yang mengendap selama hari kerja. Oatmeal adalah salah satu bahan yang paling bagus untuk melakukan tugas tersebut.

Bersihkan sisa scrub, kemudian lanjut ke tahapan pemijatan wajah. Gunakan jari tengah dan telunjukmu untuk memijat wajah dengan lembut dalam gerakan melingkar. Selanjutnya, kita beralih ke bagian masker. Ada banyak bahan alami yang biasa kamu temukan di rumah yang dapat digunakan sebagai masker. Selain lebih murah, masker dari bahan alami tentunya juga lebih ramah untuk kulit kita. Mulai dari menggunakan pisang, tomat, sampai coklat. kamu tinggal cari resep masker alami yang sesuai dengan kondisi kulit wajahmu saat ini. Ingat untuk meletakkan potongan timun di matamu untuk menghilangkan kantung mata.


4. Lulur untuk Tubuh

Photo credit: laurenkelp

Selain wajah, tubuhmu juga harus dijaga kebersihan dan kelembutannya. Kamu bisa menggunakan coffee scrub yang sedang marak dijual di pasaran. Jika mau lebih hemat, gunakan campuran jeruk limau dan kelapa untuk melakukan scrubbing.

Kalau kamu lebih suka lulur, bahan-bahannya juga bisa dicari di sekitar rumah kok. Gula merah, minyak alpokat, dan timun sangat bagus untuk kulitmu yang sensitif. Supaya semakin serasa layaknya di tempat spa, nyalakan lilin aromatherapy di sekelilingmu untuk membantumu lebih rileks dan tenang.


5. Bibirmu Juga Perlu Diperhatikan

Photo credit: The Gloss

Hal yang satu ini mungkin sering disepelekan, tetapi bibir juga perlu diperhatikan lho. Kamu tentu ingin memiliki bibir merah cerah setiap saat?

Untuk menjaga warna bibir tetap merona, kamu bisa menggunakan lip scrub yang bisa dibuat sendiri di rumah. Campurkan gula, madu, lotion jelly, dan sedikit lip balm sebagai bahan scrub. Kemudian, gunakan sikat gigimu untuk menyelesaikan tugas! Gosok bibir perlahan menggunakan sikat gigi dengan bahan scrub sampai kulit mati yang ada menghilang. Untuk menjaga kondisi bibir agar tidak pecah-pecah kamu juga harus secara rutin menggunakan lip balm ya.


Itu dia kegiatan mempercantik diri yang dapat kamu lakukan di akhir pekan ini. Punya kegiatan lain yang tidak kalah menarik? Share di kolom komentar, yuk!

BACA JUGA


Karena Untuk Tampil Cantik Gak Selalu Harus Mahal, Wanita Smart Akan Lakukan 7 Cara Hemat ini Untuk Tetap Menarik

Karena Untuk Tampil Cantik Gak Selalu Harus Mahal, Wanita Smart Akan Lakukan 7 Cara Hemat ini Untuk Tetap Menarik

Apakah tampil cantik membutuhkan uang banyak? Uang banyak untuk membeli kosmetik, melakukan perawatan wajah dan rambut, untuk membeli ...

Read more..

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Akhir Pekan Sedang Bokek? Coba 5 Perawatan yang Bisa Dilakukan di Rumah, Pasti Lebih Hemat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !