Di musim pernikahan seperti sekarang, hal yang paling dipusingkan adalah bagaimana cara menggelar pernikahan dengan dana terbatas namun tetap sakral dan berkesan. Hitung-menghitung anggaran, kok jadinya nggak karuan dan tabungan nggak cukup meng-cover kebutuhan? Tenang, Sahabat Moola. Kalau sudah yakin dan percaya, tak ada hal yang mustahil di dunia. Kamu bisa kembali memutar otak membuat rancangan yang sesuai kemampuan. Jika kamu masih belum ada gambaran, Moola akan memberi tips jitu menggelar pesta pernikahan dengan modal 30 jutaan. Kok bisa? Simak yuk sampai bawah!

1. Membuat daftar pos pengeluaran

Photo Credit: iStock

Dengan membuat daftar pos pengeluaran, kamu bisa merancang dengan sebaik-baiknya dan tepat sasaran. Kira-kira apa yang ingin kamu tonjolkan dalam pernikahanmu? Meskipun dengan budget minimal, bukan berarti kamu tak bisa tampil maksimal. Beri kesan glamor melalui dekorasi pelaminan, tata rias, dan makanan yang disuguhkan. Tiga hal tersebut sebaiknya kamu utamakan sebab berhubungan dengan kesan baik dari tamu undangan. Untuk dekorasi, manfaatkan properti yang kamu miliki agar tidak melebihi anggaran yang direncanakan. Dan untuk tata rias serta kateringnya, manfaatkan koneksi pertemanan untuk mendapatkan potongan.

2. Cukup digelar di rumah, memanfaatkan kebun belakang atau halaman depan

Photo Credit: The Bride Dept

Pengeluaranmu bisa berkurang dengan tidak menghabiskann dana untuk sewa gedung serbaguna. Cukup gelar pernikahan yang penuh kesan dengan memanfaatkan kebun belakang atau halaman depan rumah. Dengan demikian, anggaran untuk sewa gedung bisa kamu alihkan untuk kebutuhan lain yang lebih penting. Sebagai referensi, kamu bisa tengok meriahnya pernikahan Rara Sekar yang memanfaatkan lahan kebun belakang dan tetap berjalan sesuai keinginan.

3. Hidangan tamu undangan

Photo Credit: Catering Pernikahan Malang

Makanan yang disediakan menjadi salah satu faktor penentu berhasilnya pesta yang kamu gelar. Mengapa? Sebab dengan menyajikan makanan yang pantas maka tamu merasa dihargai dan 'diberi tempat'. Makanan merupakan cerminan caramu melayani para undangan serta menyambut mereka laksana raja. Meski demikian, bukan berarti kamu harus memilih katering mahal hingga anggaran menjadi bengkak. Anggarkan dana sekitar 20% dari 30 juta, carilah penyedia katering dengan harga yang lebih rendah namun kualitasnya tetap jempolan. Perbanyak referensi, perbanyak keliling, dan jangan lekas memutuskan bila masih ada yang mengganjal.

4. Hemat anggaran dengan kartu undangan yang tak perlu mahal

Photo Credit: OLX

Meski undangan adalah hal penting yang membuat pernikahanmu dipandang 'wah', tapi kamu nggak perlu gengsi hingga membuat undangan yang terlalu mahal. Cukup anggarkan dana 1.500 hingga 2 ribu rupiah per lembar, toh ujung-ujungnya juga dibuang. Yang penting undangan tersebut cukup informatif seputar nama mempelai, pihak orangtua, acara akad, dan resepsi pernikahan. Oh ya, meski harganya murah, jangan lupa bikin desain yang unik ya, misalnya tema rustic yang sedang happening sekarang!

5. Manfaatkan bantuan teman, keluarga besar dan warga sekitar

Photo Credit: Kompasiana

Membuat pernikahan dengan dana minimal berarti harus siap melakukan semuanya sendirian. Bila kamu butuh bantuan, manfaatkan jasa teman, keluarga besar, dan warga sekitar untuk menyiapkan pesta pernikahan mulai dari dekor, masak-masak, hidangan makanan (catering), juru parkir dadakan, terima tamu, petugas keamanan, syukuran, dan lain sebagainya. Selain itu, kamu bisa memanfaatkan jasa teman-teman yang berbakat untuk MUA, fotografer, dan pengisi acara hiburan. Tapi jangan lupa, suatu saat nanti kamu harus siap membantu mereka juga bila dibutuhkan.

6. Tantang kreativitasmu untuk gaun pernikahan

Photo Credit: The Bride Dept

Di hari bahagia, kamu memang butuh gaun yang membuatmu tampil mempesona. Jika memesan gaun sendiri harganya cukup mahal, kamu bisa meminjam di jasa persewaan atau tantanglah kreativitasmu untuk memodifikasi gaun milik ibu dan kakak yang bisa kamu padu-padankan. Toh tujuannya kan hanya sekali pakai, jadi kamu tidak perlu membeli kebutuhan yang nantinya hanya untuk disimpan atau diwariskan, bukan?

7. Memilah undangan

Photo Credit: Happy Wedding

Yang paling bikin susah berhemat adalah karena kamu terlalu 'bernafsu' mengundang semua kenalan. Daripada menghambur-hamburkan biaya, mengapa tidak memilah undangan dengan mengutamakan rekan kerja, teman dekat, teman main, dan keluarga besar sebanyak 200 orang saja? Daripada yang 'sekadar kenal' repot-repot kamu undang, belum tentu dia menyempatkan datang dan berimbas pada pemborosan kartu undangan, souvenir, serta makanan.

8. Menghemat dana hiburan dan foto-fotoan

Photo Credit: Tribun Jateng

Selanjutnya yang perlu kamu perhatikan, pesta pernikahan identik dengan orkesan atau organ tunggal. Daripada mengeluarkan banyak biaya demi hiburan, kamu bisa lho minta bantuan temanmu yang biduan. Selain itu, seperti pada poin sebelumnya, untuk urusan foto-foto, cukup serahkan pada temanmu yang punya kemampuan membidik momen-momen spesial.

9. Souvenir sederhana tapi berkesan

Photo Credit: Cara Unik

Terakhir, sediakan souvenir lucu dan unik (tentunya dengan harga tidak terlalu mahal) agar tamu senang, anggaranmu pun tetap aman. Sebagai pilihan, kamu bisa berselancar di Google atau membelinya secara online di Yogyakarta. Konon sih, Jogja memang gudangnya souvenir dan cetak undangan murah mulai dari 1000 rupiah, ongkos kirimnya pun tidak memberatkan!

BACA JUGA


6 Bisnis Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Jalankan di Musim Pernikahan

6 Bisnis Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Jalankan di Musim Pernikahan

Musim nikah jangan hanya galau karena jodoh tak kunjung datang. Yuk jalankan bisnis yang menguntungkan

Read more..

Bagaimana menurutmu, Sahabat Moola? Semoga bermanfaat.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "9 Langkah Menggelar Pernikahan Berkesan dengan Modal Hanya 30 Jutaan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !