Pernah dengar pepatah yang mengatakan, "kalau tidak bangun pagi, nanti rezekinya dipatuk ayam"? Memang tidak sepenuhnya seperti itu sih, tetapi bangun pagi tetap ada manfaatnya juga. Penelitian di Universitas Northwestern mengatakan bahwa orang yang bangun pagi cenderung memiliki gaya hidup yang lebih sehat dan terlihat bahagia. Tetapi bagi sebagian orang, bangun tidur dapat menjadi rintangan tersendiri yang sangat susah untuk dilakukan.

Bagaimana sih caranya agar bisa bangun dengan segar di pagi hari? Tentunya dengan memiliki tidur yang berkualitas di malam harinya. Tips dari orang-orang hebat yang sukses ini juga bisa membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dengan melakukan serangkaian kegiatan sebelum tidur. Ada apa saja sih? Simak di bawah ini ya!


1. Mengatur waktu tidur

Photo credit: Pixabay

Memiliki waktu tidur yang ideal di tengah kesibukan menjadi tantangan tersendiri bagi orang-orang sukses. Cara mengatur waktu tidur ideal tentunya dengan menentukan jam yang konsisten untuk pergi tidur, sehingga badan juga bisa terbangun secara otomatis di pagi harinya pada waktu yang konsisten pula. Tidur selama 8 jam bagi orang dewasa dalam penelitian yang dilakukan National Sleep Foundation terbukti sebagai waktu tidur yang paling ideal. Di tengah semua kesibukan yang kamu miliki, coba untuk secara konsisten mendapatkan waktu tidur sebanyak itu. Dengan pengaturan waktu tidur yang tepat, kamu bisa terbangun dengan segar di pagi hari dan dapat dengan lancar menjalani aktivitas.


2. Membaca buku

Photo credit: Unsplash

Bill Gates dan mantan presiden Amerika Serikat Barrack Obama adalah contoh orang sukses yang menghabiskan waktunya sebelum tidur untuk membaca buku. Buku-buku yang dibaca pun tidak selalu tentang bidang yang ia tekuni, melainkan buku-buku fiksi yang dapat menjadi bentuk relaksasi sebelum ia pergi tidur. Penelitian dari Universitas Essex di tahun 2009 mengatakan bahwa membaca setiap harinya selama minimal 6 menit dapat mengurangi stres sampai 68%. 32% orang yang rajin membaca buku juga memiliki memori yang lebih kuat saat mereka menua dibanding orang yang tidak.


3. Menulis jurnal

Photo credit: Unsplash

Siapa yang sering susah tidur di malam hari karena memiliki banyak pikiran? Yup, salah satu penyebab susah tidur adalah memiliki banyak pikiran. Untuk itu, salah satu cara menguranginya juga dengan menuliskan segala pikiranmu ke dalam sebuah diary atau jurnal. Tulislah hal-hal sederhana yang membuat kamu merasa bersyukur hari ini, juga hal-hal yang membuatmu merasa sedih atau marah. Dengan mengekspresikan dirimu lewat tulisan, diharapkan pikiranmu akan lebih rileks dan tenang sehingga bisa tidur dengan nyenyak.


4. Menjauhkan diri dari alat-alat elektronik

Photo credit: Squirrly

Ritual bermain HP atau menonton TV sebelum tidur adalah salah satu hal yang sering dilakukan orang. Tetapi, seringkali malah jadi kebablasan menggunakan alat elektronik sampai lupa waktu tidur. Ariana Huffington, pemimpin redaksi dari Huffington Post memiliki kebiasaan unik yang ia lakukan sebelum tidur. Ia akan meletakkan HP-nya di ruangan lain sebelum tidur sehingga ia tidak terganggu dengan chat maupun e-mail yang masuk di jam tidurnya. Meletakkan TV di kamar tidur juga tidak dianjurkan untuk mendapatkan tidur yang ideal. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa menonton TV sebelum tidur dapat mengganggu siklus tidur yang dialami di malam hari. Untuk itu, menjauhkan diri dari alat-alat elektronik sebelum tidur menjadi hal yang wajib dilakukan.


5. Melakukan meditasi

Photo credit: WoW Amazing

Cara lain untuk menghilangkan berbagai pikiran yang kita miliki sebelum tidur adalah dengan melakukan meditasi. Oprah Winfrey adalah salah satu orang sukses yang selalu melakukan meditasi sebelum pergi tidur. Menurutnya, melakukan meditasi dapat merelaksasi tubuh dari penat yang dia alami seharian. Walaupun melakukan meditasi sebenarnya masih menjadi kontroversi di berbagai pihak, tetapi meditasi terbukti mengurangi stres, kepanikan, depresi, dan rasa sakit. Melakukan meditasi selama 10 menit sebelum tidur setiap harinya dapat membantumu memperoleh semua manfaat tersebut.


6. Membuat to-do list

Photo credit: freestocks

Kenneth Chenault, CEO dari American Express adalah salah satu orang yang suka menuliskan hal-hal yang ingin ia capai keesokan harinya sebelum tidur. Menuliskan hal tersebut membuatnya memiliki semangat lebih untuk bangun pagi dan menjalani esok hari demi mengerjakan tugas-tugas tersebut. Hal ini juga membantu kita dalam merelaksasikan diri dari pikiran-pikiran sebelum berangkat tidur. Selain itu, dengan memiliki daftar hal-hal yang akan dilakukan keesokan harinya, seseorang dapat menjadi lebih teratur dan terarah sehingga bisa mengerjakan segala sesuatu dengan lebih efisien.


7. Mengasah Kreativitas

Photo credit: lum3n.com

Designer gaun pernikahan, Vera Wang sering menghabiskan waktunya di malam hari sebelum tidur untuk menuangkan ide-ide desainnya secara konseptual. Penelitian dari Albion College menunjukkan bahwa ide-ide kreatif terkadang baru bermunculan di saat otak kita sedang tidak bekerja keras, yaitu sebelum tidur. Jika kamu mengalami hal ini, jangan ragu untuk menuangkan ide-idemu dalam jurnal sebelum tidur. Kamu tidak perlu memikirkan secara detil, tetapi setidaknya konsep yang ada di pikiranmu sudah tercurahkan. Dengan begitu, kamu tidak akan kepikiran dengan ide-ide yang kamu miliki sampai susah tidur di malam hari.

BACA JUGA


Mau Jadi Enterpreneur? Berikut 5 Tips Atur Keuangan ala Pengusaha Dari Para Pakar. Temukan Juga Inspirasimu di LocalStartupFest!

Mau Jadi Enterpreneur? Berikut 5 Tips Atur Keuangan ala Pengusaha Dari Para Pakar. Temukan Juga Inspirasimu di LocalStartupFest!

Selain mengetahui seluk beluk bisnis yang ingin digeluti, hingga pemahaman mengenai proses pemasarannya nanti, ada satu hal yang tak kalah ...

Read more..

Itu dia 7 aktivitas yang biasanya sering dilakukan oleh orang-orang sukses sebelum pergi tidur. Kamu suka melakukan yang mana? Tulis di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Hal Bermanfaat yang Dilakukan Orang Sukses Sebelum Tidur. Ayo Cek, Adakah Kebiasaanmu?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !