Gaya hidup sehat mungkin erat kaitannya dengan ribet, butuh biaya banyak, dan menghabiskan waktu. Siapa bilang? Kerumitan yang kamu rasakan tidak seberapa dengan manfaat jangka panjang yang akan kamu rasakan. Waktu yang dihabiskan pun tidak sebanyak itu.

Butuh biaya banyak? Mungkin itu karena kamu justru membeli produk yang menjanjikan hidup yang lebih sehat - yang jatuhnya kurang efektif dan efisien. Dibawah ini, Moola sudah mengumpulkan tujuh trik yang membantu kamu dalam menjalani hidup sehat dengan hemat.


1. Hidup Sehat = Masak Sendiri

Photo credit: Guy in The Kitchen

Salah satu gaya hidup kurang sehat yang sering kita lakukan adalah mengkonsumsi junk food alias makanan cepat saji. Termasuk makan atau jajan di pinggir jalan. Jika mau hidup sehat dan hemat, kurangi jatah makan di luar dan cobalah untuk lebih sering masak sendiri.

Dengan memasak makananmu sendiri, kamu tahu betul bahwa makanan yang kamu konsumsi higienis, dan lebih sehat. Pengeluaran untuk makan di luar dapat kamu tabung untuk keperluan lain. Kamu bisa menemukan resep masakan sehat dari Internet.

Begitu juga dengan jajanan yang kamu makan. Bawalah bekal buah-buahan dari rumah daripada jajan makanan-makanan pedas dengan minyak yang kotor di pinggir jalan. Alokasikan anggaran jajanmu untuk membeli buah-buahan segar di pasar. Selain lebih sehat, harga yang dibayarkan juga pasti lebih murah daripada jajan setiap hari.


2. Hidup Sehat = Kurangi Makan Daging


Harga daging semakin hari semakin meroket. Sekalian mengurangi pengeluaran, coba batasi konsumsi dagingmu.

Daging memang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan protein kita. Akan tetapi, jika jumlah yang dikonsumsi terlalu banyak juga dapat menimbulkan risiko terkena penyakit-penyakit degeneratif karena kandungan lemaknya yang tinggi. Belum lagi, bukan rahasia lagi jika hewan-hewan di peternakan disuntik bahan-bahan kimia untuk mempercepat pertumbuhan mereka. Sebagian zat itu tentunya berbahaya jika kita konsumsi.

Jadilah vegetarian beberapa hari dalam seminggu. Selain hidupmu jadi jauh lebih sehat, pengeluaran juga lebih hemat deh!


3. Hidup Sehat = Lebih Sering Jalan Kaki

Photo credit: Huffington Post Kanada

Dengan mudahnya mengakses kendaraan saat ini, kita seringkali lebih memilih naik kendaraan bemotor daripada berjalan kaki bahkan untuk menempuh jarak yang dekat. Kebiasaan ini akhirnya membuat kita jadi semakin malas berjalan kaki. Padahal, berjalan kaki membuat kita lebih sehat dan menghemat ongkos transportasi.

Mulailah dari jarak dekat, seperti naik-turun di kantor dengan tangga dan bukannya lift atau eskalator. Unduh aplikasi yang memungkinkan kamu melihat berapa langkah yang sudah kamu lakukan setiap harinya. Pastikan kamu mengenakan baju dan sepatu yang nyaman. Bawalah payung jika jarak yang kamu tempuh cukup jauh.

Kamu masih malas jalan kaki? Naik sepeda bisa menjadi alternatif lain. Kendaraan yang satu ini tidak mencemari lingkungan dan tidak memerlukan bensin untuk bisa berjalan. Dengan sepeda, kamu juga bisa menempuh jarak yang lebih jauh dari jarak yang bisa kamu tempuh dengan berjalan kaki. Asyik kan?


4. Hidup Sehat = Buat Produk Kecantikan dan Kebersihan dari Bahan Alami

Gaya hidup sehat lain yang menarik untuk dicontoh kalau kamu ingin lebih berhemat adalah, buatlah produk-produk kecantikan dan kebersihan yang kamu perlukan sendiri dari bahan-bahan alami. Seorang Ibu bercerita dalam In God's Economy bahwa ia bisa membuat pembersih lantai, karpet, dan toilet hanya dari cuka dan baking soda. Dengan shea butter, madu, lilin lebah, dan minyak almond, ia juga bisa membuat produk-produk perawatan tubuhnya seperti sabun, krim, dan pelembab wajah yang bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama dan pastinya lebih murah daripada membeli produk botolan di toko.

Selain lebih aman, produk ini pun lebih alami dan tanpa pengawet berbahaya seperti yang ada di pasaran. Membuat produk sendiri juga biayanya lebih murah, dan pastinya menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi pembuatnya. Kamu bisa mencari tutorial untuk membuat produk-produk yang kamu butuhkan di Internet dan lihatlah, kamu bisa menyimpan uang lebih banyak.


5. Hidup Sehat = Perencanaan Detail


Orang dengan gaya hidup sehat biasanya memiliki perencanaan yang lebih baik. Aoalagi pengeluaran untuk konsumsi menghabiskan sebagian besar dari penghasilan seseorang. Ketika kamu merencanakan gaya hidupmu mulai dari makanan, kamu sekaligus membuat perencanaan keuangan. Kamu pun perlahan mengadopsi gaya hidup sehat termasuk jadwal tidur dan olahraga, sehingga bisa saja kamu mengetahui apakah kamu masih punya waktu untuk menambah pekerjaan paruh waktu.


6. Hidup Sehat = Akhir Pekan untuk Olahraga

Photo credit: gettyimages.fr

Daripada menghabiskan akhir pekan ke tempat wisata atau mall dengan menghambur-hamburkan uang, orang dengan gaya hidup sehat biasanya lebih suka melakukan aktivitas olahraga di akhir pekan. Berenang di kolam renang umum dekat rumah atau bermain bola di lapangan tidak akan menghabiskan anggaran akhir minggumu.

Banyak aktivitas olahraga yang bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan budget besar di akhir pekan selain dua aktivitas di atas. Misalnya lari pagi, bermain bulu tangkis di lapangan depan rumah, atau bermain basket di lapangan dekat rumah. Kalau di sekitar rumahmu memang tidak terdapat lapangan, kamu bisa mencoba datang ke Gelanggang Olahraga terdekat dari rumah. Sesudah olahraga, tahan diri untuk jajan dan segera pulang agar bisa makan di rumah.


7. Hidup Sehat = Banyak Minum Air Putih

Photo credit: Monica's Health Magazine

Salah satu ciri orang-orang dengan gaya hidup sehat yang bisa kamu tiru adalah, mereka senang mengkonsumsi banyak air putih. Tahu sendiri kan, seberapa banyak khasiat dari air putih? Mulai dari detoksifikasi tubuh, sampai menjaga sirkulasi nutrisi di dalam tubuh. Daripada mengkonsumsi teh atau kopi ketika berkunjung ke tempat makan, coba untuk lebih sering memesan air mineral. Selain lebih sehat, harganya juga jauh lebih murah, bukan?


Itu dia tujuh trik agar gaya hidup sehat yang kamu lakukan dapat menjadikan hidupmu lebih hemat. Sudah mencoba atau memiliki trik lain yang efektif dalam membuat hidup sehatmu lebih hemat? Tulis di kolom komentar ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "7 Alasan Gaya Hidup Sehat Akan Membuatmu Lebih Hemat. Kantongmu Ikutan Sehat Juga!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !