Siapa yang suka menghabiskan waktu luangnya scrolling timeline Instagram sambil melirik foto-foto dan video makanan yang menggiurkan? Tidak usah malu, saya juga kok. Mengintip post kuliner yang tampak lezat tentu membuat lidah bergoyang. Disimpan dulu deh, untuk rekomendasi tempat makan sepulang kuliah atau kerja nanti!

Sesekali saja mungkin tidak masalah. Akan tetapi, kalau setiap hari makan diluar, apalagi di restoran mewah, rencana menabungmu bisa gagal! Maka dari itu, dibawah ini Moola sudah mengumpulkan 6 kuliner Jakarta yang bisa membuatmu kenyang dengan harga di bawah Rp. 100.000.


1. Sate Padang Pariaman Takana Juo

Photo credit: instagram the.lucky.belly

Melihat foto-foto sate ini bertebaran di Instagram memang sangat menggoda, ya. Gerobak kaki lima yang sudah ada sejak tahun 1979 ini dapat kamu temui di Cilandak, Bendungan Hilir, Cinere, dan Mayestik. Menu yang disajikan adalah sate padang, keripik dan kerupuk pelengkap, serta aneka minuman. Sate padang yang disebut-sebut paling enak se-Jakarta ini dapat kamu nikmati dengan harga di bawah 50.000, sudah termasuk minuman. Bumbunya yang sedap membuat penikmatnya menjadi 'Takana Juo', alias terkenang juga dengan sate padang yang satu ini.


2. Kerang Kiloan Pak Rudi

photo credit: instagram kerangpakrudi

Pasti sudah familiar dong, dengan nama kerang yang satu ini! Kerang Kiloan Pak Rudi menyajikan 11 varian kerang dan sausnya yang bisa kamu peroleh dengan berat 1 kilogram seharga kurang dari 100.000. Karena minimal pembelian adalah 1 kilogram, tempat ini menjadi pilihan yang tepat kalau kamu lagi cari tempat ngumpul bersama teman-teman. Selain pilihan menunya yang beragam dan harganya yang murah meriah, Kerang Kiloan Pak Rudi ini juga disukai karena rasanya yang enak. Kerang kiloan Pak Rudi dibuka mulai pukul 5 sore. Kamu pun harus berebut karena stoknya cepat habis menjelang malam. Kerang kiloan yang sudah ada sejak tahun 1999 ini memiliki 6 cabang, yaitu di Bulungan, Fatmawati, Kebon Jeruk, Grogol, Bintaro, dan Bekasi.


3. Seblak Jeletet Murni

Photo credit: instagram seblak_jeletet

Jika tak ingin makan besar, jajanan yang satu ini harus kamu coba. Mungkin sebagian dari kamu masih ada yang bertanya-tanya, apa sih seblak?. Makanan yang berasal dari Jawa Barat ini merupakan olahan kerupuk basah yang disajikan dengan sayuran dan aneka macam 'topping' seperti makaroni, mie, dan ceker ayam.

Seblak yang berlokasi di Pademangan ini semakin nge-hits setelah orang-orang mulai mengunggah video mereka mengikuti challenge menikmati seblak super pedas ini dan mempost di media sosial. Kalau kamu pecinta makanan pedas tentu kamu harus ikut challenge seru ini. Apalagi harganya sangat ramah di kantong. Untuk semangkok seblak dengan topping yang beragam plus minum, harganya tidak sampai Rp. 50.000. Pastikan kamu memilih tingkat kepedasan sesuai yang kamu sanggupi ya.


4. Gulai Tikungan

Photo credit: instagram fooddiscoverer

Kamu pasti menyesal kalau belum pernah mencoba gulai yang satu ini. Tongkrongan kaki lima yang terletak di Blok M ini merupakan salah satu makanan yang sudah lama terkenal. Percayakah kamu jika gulai sapi yang sering disebut “Gultik” ini harganya cuma Rp. 10.000 per porsi?

Gulai Tikungan buka di malam hari dan seringkali masih ada sampai larut, kalau kamu beruntung dan masih ada porsi sisa tentunya. Saking enaknya Gulai yang satu ini, beberapa kedai gulai pun mulai mengikuti kesuksesan Gulai Tikungan dan menyajikan hidangan serupa. Tapi tetap, Gulai Tikungan paling juara!


5. Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Photo credit: instagram jktinfo

Belum lengkap rasanya menjajal kuliner Jakarta kalau belum mencoba nasi goreng yang satu ini. Menu nasi goreng kambing yang sudah ada sejak tahun 1958 ini merupakan menu andalan. Selain menjual nasi goreng, disini juga terdapat sate kambing yang bisa dicicipi kok.

Harga dari menu makanan di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih ini bermacam-macam, mulai dari Rp. 18.000-Rp. 60.000. Sebagai pelengkap, berbagai minuman dibanderol dengan harga di bawah 20.000. Kuliner murah meriah dan mengenyangkan, salah satu alternatif untuk tempat kencan nih. Cabangnya tersebar di berbagai daerah, diantaranya di Lebak Bulus, Bintaro, Blok M, Ciputat, dan Pamulang. Kamu bisa mendatangi yang paling dekat dengan kantormu atau rumah pacarmu.


6. Sate Taichan 87 Bang Ocit

Photo credit: instagram gedeinperut

Dari tadi makanannya Indonesia terus? Tunggu dulu, yang satu ini berbeda. Apakah kamu sudah mencoba sate taichan yang memang sedang hits di berbagai media sosial ini? Sate taichan sebenarnya hanya sate ayam biasa, tetapi dibumbui secara berbeda. Sate ini tidak diberikan kecap dan dibakar tidak terlalu lama, sehingga warnanya pucat dan tidak kecoklatan seperti sate ayam yang biasa kita makan. Kemudian sate ini diberi bumbu sambal pedas yang membuat penikmatnya pun ketagihan.

Salah satu tempat makan sate taichan yang sedang hits adalah Sate Taichan 87 Bang Ocit di Senayan. Warung sate yang buka di malam hari ini selalu memiliki antrian pembeli yang panjang. Dengan harga 20.000, kamu sudah bisa mencicipi sate taichan yang disebut-sebut terfavorit di Jakarta ini.


Bagaimana, yang mana yang membuatmu tertarik untuk mencoba? Jangan lupa bagikan pengalamanmu setelah berkunjung ke tempat-tempat tersebut.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Kuliner Hits Murah Meriah di Jakarta yang Wajib Kamu Coba. Banyak yang Merekomendasikan di Instagram Lho!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !