Sahabat Moola ingin menunjukkan kepemimpinan guna meningkatkan karir? Avery Blank, advokat dan ahli kepemimpinan perempuan di Forbes, memberi 6 petunjuk momentum yang tepat untuk sahabat Moola menunjukkan kepemimpinan. Berikut 6 kesempatan tersebut, sebagaimana dilansir World Economic Forum yang bekerjasama dengan Forbes:

1. Tim kekurangan arahan

Ada kalanya sahabat Moola terjebak dalam rapat berkali-kali membahas masalah yang sama tapi tidak segera diputuskan. Kadang pula sahabat Moola harus berkali-kali berdiskusi lewat email membahas berbagai pilihan atas sebuah proyek. Kondisi-kondisi tersebut terasa melelahkan, membuang waktu, tenaga dan uang.

Pada saat itulah sahabat Moola dapat maju ke depan mengambil alih inisiatif. Sahabat Moola bisa langsung mengusulkan, “berdasarkan apa yang kami ketahui, inilah yang perlu kita lakukan selanjutnya”.

Pilihan frase lain adalah, “Ini adalah pilihan terbaik. Saya menyarankan kita melakukan ini”. Rekan kerja akan berterima kasih karena sahabat Moola telah memberi petunjuk di tengah kebuntuan situasi. Jadilah pemimpin pada situasi tersebut.

2. Ada ‘gajah’ dalam ruangan

Ada saatnya sahabat Moola berada dalam situasi semua anggota tim sudah tahu apa yang harus diputuskan dan dilakukan. Namun tidak ada orang yang berani memutuskan. Bukan karena tidak tahu pilihan terbaik tapi belum ada yang berani memutuskan.

Dalam situasi seperti itu, sahabat Moola bisa memecahkan kebuntuan dengan mengambil inisiatif untuk memutuskan. Rekan kerja lain akan merasa lega karena akhirnya ada orang yang berani memutuskan dan mengambil alih kepemimpinan.

3. Terdapat gambaran yang lebih besar

Para pemimpin sukses memberi perspektif dan mengarahkan fokus tim dari masalah kurang penting ke urusan yang lebih penting. Akan ada saatnya tim memutuskan mengerjakan hal-hal yang kurang penting. Di situlah saatnya seorang pemimpin mengalihkan fokus kerja tim ke urusan yang lebih penting.

Misalnya, saat rekan kerja hanya berkonsentrasi mengerjakan satu proyek kecil tapi lupa membangun hubungan jangka panjang dengan klien. Situasi lain, saat satu klien menunggak pembayaran dan tim mempertimbangkan untuk menggugat ke pengadilan.

Di saat yang sama, sahabat Moola melihat klien tersebut masih prospektif dan membina relasi jangka panjang dengannya akan menguntungkan perusahaan. Pada situasi demikian, sahabat Moola bisa mencari celah negosiasi tunggakan pembayaran agar mendapat win win solution.

4. Terdapat gairah kuat untuk melakukan sesuatu

Jika sahabat Moola mempunyai ide berdasarkan data-data valid, pendapat yang logis, dan keyakinan kuat untuk mengerjakannya, sampaikanlah ide tersebut. Jangan menyimpan inisiatif. Beranilah berpendapat. Hasrat mengerjakan sesuatu selalu menginspirasi. Hasratlah yang mendorong pemimpin-pemimpin sukses.

5. Angka-angka memberi tahu sahabat Moola apa yang harus dilakukan

Jika sahabat Moola punya data dan informasi yang dapat memperkaya perspektif rekan kerja dalam mengambil keputusan, katakanlah. Rekan kerja akan senang bila mengetahui peluang dan resiko atas keputusannya berdasarkan data-data yang kita sampaikan.

Menyampaikan data-data yang relevan dengan sebuah keputusan akan memberi nilai tambah. Data, angka dan informasi yang lengkap sangat penting dalam pengambilan keputusan agar bisnis berjalan sukses.

6. Menjadi dihormati lebih penting daripada disukai

Berhentilah memikirkan apakah orang lain menyukai kita atau tidak. Berkonsentrasilah pada apa yang harus dilakukan demi kebaikan organisasi. Fokuslah pada pencapaian yang lebih besar daripada memikirkan apa yang orang lain suka.

Pemimpin-pemimpin sukses mengambil sikap karena mereka tahu keputusan yang benar. Mereka tidak mengambil keputusan untuk menyenangkan orang lain. Pendiri Alibaba, Jack Ma, pernah berkata, “Saya tak ingin disukai. Saya ingin dihargai”.

Orang akan melihat ketegasan sahabat Moola bersikap. Ketegasan itu menunjukkan keberanian. Keberanian bersikap menegaskan kepemimpinan. Jangan sampai kehilangan kesempatan untuk bersikap dengan menyatakan dan mempertahankan apa yang kita tahu benar.

Demikian 6 kesempatan yang sahabat Moola bisa manfaatkan untuk menunjukkan leadership skill guna meningkatkan karir. Karir yang meningkat otomatis menambah gaji bulanan dan bonus per periode buat sahabat Moola. Silakan mencoba!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Kesempatan Menunjukkan Kepemimpinan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !