Sahabat moola ingin memulai usaha sendiri tapi nggak punya modal uang yang cukup? Memang sih, modal uang bisa diatasi dengan kredit perbankan, hibah dan pengumpulan dana semacam crowdfunding. Namun selain itu, seperti yang dilansir Business Insider, terdapat beberapa pilihan bisnis hampir tanpa modal uang.

Untuk memulainya, terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan. Persiapan ini jelas membutuhkan uang. Langkah-langkah persiapan tersebut adalah:

1. Perencanaan

Saat akan memulai bisnis, sahabat Moola akan berurusan dengan rencana bisnis dan kerangka finansial. Banyak jasa konsultasi yang menyediakan keduanya. Namun sahabat Moola dapat menyusun sendiri rencana bisnis dan kerangka finansial tersebut.

2. Izin/Lisensi Usaha

Beberapa jenis profesi yang memberikan jasa memerlukan lisensi untuk praktek. Perencana keuangan, manajer investasi akuntan dan advokat, misalnya, adalah jenis usaha yang membutuhkan lisensi tertentu.

3. Nama Domain

Berinvestasi pada merek secara online sangat penting bagi bisnis rintisan sahabat Moola. Carilah nama merek seprofesional dan semenarik mungkin. Seringkali merek seperti itu bisa didapat hanya seharga sepuluh dollar untuk ukuran Amerika. Tentu bila nama domain yang diinginkan belum diambil orang. Sahabat Moola bisa membeli domain di GoDaddy.

4. Alamat Situs

Membuat alamat situs saat ini hanya memerlukan waktu. Praktis tidak ada biaya yang harus dikeluarkan. www.wordpress.com adalah salah satu contoh situs yang paling mudah dan digunakan banyak orang saat memulai bisnis.

5. Pemasaran

Pemasaran menggunakan media sosial, SEO dan content marketing dapat digunakan sahabat Moola yang merintis usaha. Media-media tersebut dapat memotong anggaran pemasaran yang terkenal mahal. Untuk petunjuk lebih lanjut, sahabat Moola bisa mengunjungi The Definitive Guide to Marketing Your Business Online.

6. Perlengkapan

Kantor berikut perlengkapan dan segala benda berwujud yang melingkupinya seringkali menghabiskan uang. Untung tidak semua usaha membutuhkannya. Terdapat beberapa jenis usaha yang tidak membutuhkan kantor dan perlengkapan yang terlalu banyak serta mahal.

7. Produk

Semua usaha pada akhirnya menghasilkan produk untuk dijual. Biasanya modal uang dibutuhkan untuk menghasilkan produk. Namun beberapa usaha jasa tidak memerlukan jumlah modal uang besar untuk membuat produk. Ada pula jasa yang lebih membutuhkan waktu dibanding uang.

Setelah melewati tahap-tahap persiapan tersebut, usaha apa saja yang bisa dimulai dengan dana minimal? Berikut adalah beberapa pilihannya:

1. Kreasi Pribadi

Produk kreasi pribadi bisa berupa barang seni dan kerjanian tangan. Bila sahabat Moola punya kemampuan melukis, lukisan tersebut bisa terjual senilai miliaran rupiah. Modalnya, praktis hanya berupa seperti kanvas dan cat air. Tidak perlu membeli mesin pabrik, mobil dan lain-lain.

2. Jasa di Rumah

Menjadi baby sitter adalah contoh usaha jasa di rumah. Dengan bekerja di rumah orang, profesi ini tidak memerlukan sewa kantor dan segala peralatan mahal untuk memulai usaha. Bisnis jasa adalah bisnis yang produknya tak berwujud. Sehingga modal yang diperlukan cenderung lebih rendah.

3. Perbaikan atau Jasa Berbasis Keahlian

Mirip seperti jasa di rumah, bila sahabat Moola punya keahlian memperbaiki mobil, komputer atau bangunan rumah, misalnya, keahlian tersebut dapat dioptimalkan. Jasa seperti ini tidak memerlukan modal tunai awal yang besar, kecuali alat-alat pertukangan misalnya.

4. Konsultan

Setelah bertahun-tahun bekerja di industry yang sama, tentu seseorang bisa menjadi ahli di bidang tersebut. Para pemula di industri tersebut tentu akan senang membayar jasa konsultasi seseorang yang sudah punya pengalaman. Konsultan adalah jenis usaha yang hanya butuh waktu daripada uang untuk bisa memproduksi jasa bernilai tinggi.

5. Penjualan Kembali

Sahabat Moola hanya perlu menjadi perantara antara produsen dan pembeli. Ada dua metode yang dapat dilakukan. Pertama dropship, pada metode ini, sahabat Moola hanya perlu mencari pembeli, mencatat pesanan mereka lalu menyampaikan pesanan ke produsen.

Pesanan tersebut akan diteruskan sahabat Moola ke pembeli. Sahabat Moola tidak perlu mengeluarkan modal terlalu besar untuk menyimpan barang jika menggunakan metode dropship. Namun, keuntungan metode ini relative lebih kecil dibandingkan metode grosir.

Bila menggunakan metode kedua yakni grosir, sahabat Moola perlu mengeluarkan modal tertentu guna membeli barang dari produsen untuk dijual lagi ke konsumen. Grosir menjanjikan keuntungan lebih dibanding dropship, tapi juga perlu modal lebih besar.

6. Usaha Kecil

Sahabat Moola bisa memanfaatkan seluruh aset yang dimiliki untuk menghasilkan uang. Mobil dan motor bisa dioperasikan untuk angkutan online. Punya apartemen menganggur, bisa disewakan per periode. Kemajuan teknologi telah membuka peluang sahabat Moola untuk mulai berbisnis.

Demikianlah enam jenis usaha tanpa modal uang terlalu besar yang sahabat Moola bisa jajaki. Setelah berjalan dan menghasilkan uang, tentu sahabat Moola bisa mengembangkan usaha tersebut. Saat itu modal uang sudah tidak menjadi penghalang utama lagi.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Jenis Usaha yang Bisa Dimulai dengan Modal Uang Terbatas. Kamu Mau Mencoba?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !