Tak menampik jika saat ini ekonomi global sedang mengalami menurunan. Jika kamu termasuk salah satu yang terkena imbas dari krisis ekonomi ini segeralah berbenah dan mulailah berbisnis. Berikut ini ide-ie bisnis yang mungkin membantu dan bisa dimulai saat krisis keuangan keluarga melanda.

Bisnis Kuliner

Photo Credit : cdn2

Bisnis kuliner adalah bisnis yang sangat menggiurkan walaupun risikonya besar apabila pengolahan dan penanganannya salah. Jika kamu punya kemampuan terpendam memasak menu favoritmu dan hanya keluargamu saja yang mengetahuinya, kini sudah saatnya dunia tahu bahwa masakanmu memang layak jual, dimulai dari tetangga terlebih dahulu, informasikan ke mereka menu rumahan yang akan kamu masak esok. Siapa tahu ada yang memesan walau hanya satu keluarga saja.

Kalau memang kamu masih ada tabungan boleh juga mulai mencari tempat untuk membuka usaha kuliner kamu. Kalau tidak berbakat memasak gimana? Tenang, kamu bisa membuat list gerai makanan yang bisa kamu ajak join untuk ikut mempromosikannya dan kamu bisa mengambil fee dari situ.

Bisnis Obat Herbal

Selayaknya manusia butuh makan setiap harinya, begitu pun dengan sakit. Manusia butuh obat untuk menyembuhkan sakitnya. Bisnis obat herbal juga perlu diperhitungkan di saat krisis. Logikanya orang yang tak punya uangpun akan mengupayakan membeli obat ketika sakit dengan berbagai cara.

Bisnis Sembako

Photo Credit : Bisnisterlaris

Jualan sembako dan kebutuhan hidup lainnya (produk konsumer) tergolong dalam bisnis yang sanggup menghadapi krisis. Seperti halnya produk kuliner, produk konsumer juga sangat dibutuhkan oleh orang-orang.

Bagi yang ingin memulai bisnis ini, disarankan untuk menjual beberapa jenis produk saja dulu. Setelah berkembang, baru perbanyak jenis barang yang dijual.

Bisnis Fashion

Photo Credit : Teropongbisnis

Bisnis fashion atau jualan baju, sepatu dan lain-lain tergolong bagus di masa krisis ini. Hanya saja, kebutuhan akan fashion tak sepenting kebutuhan pokok.

Bagi yang ingin memulai jualan produk fashion, bisa melakukan sistem reseller atau dropship dulu apabila modal masih minim.

Bisnis Jual Beli Tanah/Rumah

Photo Credit : 2.bp

Tanah dan rumah juga tergolong kebutuhan pokok manusia. Orang-orang pasti memerlukan rumah untuk tempat tinggalnya. Apalagi seiring dengan jumlah penduduk yang terus bertambah, bisnis ini akan terus berkembang dari masa ke masa.

Bagi yang ingin memulai bisnis ini namun terkendala modal, bisa memulai dengan jual-beli tanah kavlingan dulu. Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit.

Bisnis Online

Photo Credit : Akuratpost

Jualan online akhir-akhir ini semakin populer, lantaran pengguna internet yang semakin banyak di Indonesia. Alhasil, potensi keuntungannya akan sangat besar lantaran pangsa pasar yang sangat luas. Jika dibandingkan dengan jualan produk di daerah tempat tinggal kamu, ruang lingkup jualan online jauh lebih luas.

Untuk jualan online, produk yang dijual bebas, bisa barang, jasa ataupun produk digital (software, theme, eBook, plugin, dan lain sebagainya).

Bagi yang ingin memulai jualan online, tapi terkendala modal yang minim bisa mencoba sistem dropship.

Hal yang terbaik bagi kamu di masa krisis ini adalah dengan memulai sebuah bisnis. Selain sebagai tindakan 'jaga-jaga' sebelum menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, memulai bisnis sama dengan investasi. Ada keuntungan yang akan kamu peroleh di masa yang akan datang.

BACA JUGA


Bagaimana Memulihkan Krisis Keuangan Keluarga Agar #SekuatTiangListrik? Ikuti Cara Berikut Ini, Sahabat Moola!

Bagaimana Memulihkan Krisis Keuangan Keluarga Agar #SekuatTiangListrik? Ikuti Cara Berikut Ini, Sahabat Moola!

Mustahil akan ada kemajuan tanpa perubahan, orang yang tak dapat mengubah pikirannya tak akan bisa mengubah apa-apa

Read more..

Ingat! Hindarilah menyimpan uang kamu tanpa dibuat usaha atau diinvestasikan karena nilai inflasi semakin besar dari tahun ke tahun. Apabila uang kamu disimpan dan tak diapa-apakan, niscaya nilainya akan semakin turun dari waktu ke waktu.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Ide Bisnis Ini Bisa Kamu Mulai Saat Krisis Keuangan Melanda. Coba Yuk, Sahabat Moola!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !