Musim pernikahan saatnya kebanjiran undangan untuk turut merayakan kebahagiaan mereka yang naik pelaminan. Kalau bisa sih jangan hanya kebanjiran undangan ya, bagaimana kalau kamu juga kebanjiran orderan? Seseorang yang punya passion bisnis pasti pandai menangkap peluang, salah satunya di musim pernikahan. Ada banyak bisnis kecil-kecilan dengan untung besar yang bisa kamu jalankan. Apa saja? Baca yuk sampai tuntas!

1. MUA

Photo Credit: Online Makeup Courses

Kamu suka berdandan atau punya passion dan pengetahuan lebih tentang makeup? Bahkan, di beberapa kesempatan kamu sering diminta teman-temanmu meriasnya agar terlihat beda? Mengapa kamu tidak membuka jasa MUA saja? Bila menjadi MUA pengantin masih 'mendebarkan', kamu bisa memulainya dengan menawarkan jasa MUA prewedding atau tunangan. Susunlah portofolio yang rapi dan mengunggah hasil riasanmu di media sosial, buatlah paket-paket hemat sebagai harga permulaan serta pasanglah diskon khusus untuk menarik perhatian. Dijamin, jika memang bagus dan 'bersaing' maka jasa MUA yang kamu tawarkan pasti dibanjiri pelanggan.

2. Hias Mahar

Photo Credit: Sabilal

Tidak hanya MUA saja lho yang bisa dijalankan oleh kamu yang hobi 'merias' dan 'menghias'. Jika kamu tidak suka bermain makeup, kamu bisa mencoba bisnis lainnya yaitu menghias mahar. Sebagai referensi hiasan yang up to date dan tidak ketinggalan zaman, kamu bisa melongok ke kanal-kanal YouTube atau berselancar di dunia maya. Dengan desain baru yang kamu tawarkan serta pelayanan yang bersahabat, cepat atau lambat bisnismu pasti berkembang pesat.

3. Fotografer dan Videografer

Photo Credit: Gemmell Mania

Punya bakat fotografi dan gear yang mendukung hobi? Mengapa tidak disalurkan saja untuk bisnis yang menjanjikan di musim ini? Sama halnya seperti bisnis MUA, jika kamu masih kewalahan menerima job foto pernikahan, kamu bisa memulainya dengan foto pra-pernikahan. Buatlah konsep yang berbeda dari fotografer kebanyakan, arahkan 'objek' fotomu dengan lebih sabar, serta upayakan hasil yang cepat dan maksimal maka bisnismu pun banyak dilirik calon pelanggan. Nah, tantangan di bisnis ini memang soal harga, waktu, dan hasil. Jadi kamu bisa mengupayakan harga yang reasonable, waktu penyelesaian yang tidak terlalu lama (karena ada lho jasa fotografer yang lama banget nunggu hasilnya), serta hasil foto yang sesuai dengan ekspektasi user atau pengguna jasa.

4. Souvenir Pernikahan

Photo Credit: Evermine

Bisnis souvenir pernikahan juga sangat menjanjikan lho Sahabat Moola. Jangan dulu berpikir bahwa kamu harus membuatnya sendiri dari bahan mentah hingga memasarkan. Bisnis tidak serumit itu dijalankan. Bila kamu memang tidak sanggup membuat atau memproduksi, kamu bisa bergerak sebagai jasa pemasaran. Caranya dengan berperan sebagai agen atau reseller yang khusus menjual barang, maka calon pembeli bisa memesan souvenir yang diinginkan. Dari pengalaman pribadi saya bersama seorang teman, kami bergerak 'mencari' produsen souvenir di kota-kota seni semacam Yogyakarta dan Gianyar untuk menjualnya kepada user dengan harga di bawah pasar. Kok bisa? Jelas bisa, karena kami 'memutus jalan panjang' dan tidak mempunyai toko fisik yang membutuhkan dana operasional. Sebelum memasang harga, kami berkeliling di pusat souvenir terbesar di Surabaya. Hasilnya sungguh mencengangkan. Harga yang kami berikan bisa 3x lipat lebih rendah padahal profit sudah kami dapatkan.

5. Katering

Photo Credit: Locanda Leon d'Oro

Meski harga bahan masakan di pasar tradisional sangat fluktuatif, namun bisnis katering masih sangat menggiurkan untuk dilirik. Sama seperti poin satu dan tiga, jika kamu masih belum sanggup mengakomodir porsi makan bagi ribuan orang, kamu bisa memulai jasa katering dengan melayani nasi kotak atau snack box untuk kendurian, serta prasmanan untuk acara pertunangan dan akad pernikahan. Jika rasa masakanmu lebih dari ekspektasi orang-orang dan harga yang ditawarkan cukup masuk akal, bukan tidak mungkin bila bisnismu semakin berkembang.

6. Hiburan

Photo Credit: Highlawn Pavilion

Terakhir dan tidak membutuhkan modal terlalu besar sebab modalnya cukup dari bakat dan kemampuan. Bagi kamu yang suka menyanyi, bermain musik, atau memandu sebuah acara, mengapa tidak menawarkan diri sebagai wedding singer, band, atau master of ceremony? Mulailah membentuk portofolio dengan mengisi acara kawan terdekat, bisa penampilanmu memang memikat, maka banyak job akan berdatangan bukan?

BACA JUGA


Awas! 5 Hal ‘Wajar’ Ini Bisa Bikin Dana Pernikahan Sulit Terkumpul!

Awas! 5 Hal ‘Wajar’ Ini Bisa Bikin Dana Pernikahan Sulit Terkumpul!

Susah payah menabung, karena sering melakukan hal-hal ‘wajar’ berikut ini dana pernikahan jadi sulit terkumpul

Read more..

Ternyata tidak sulit memulai bisnis selama kita bisa membaca peluang atau bahkan menciptakan peluang. Seorang pelaku bisnis yang andal selalu punya 'radar' untuk menangkap kesempatan di berbagai keadaan. Semoga bisa menginspirasimu, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "6 Bisnis Kecil Untung Besar yang Bisa Kamu Jalankan di Musim Pernikahan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !