Rachel Goddard tak pernah menyangka produksi video ketika tinggal di Kazakhstan dua tahun lalu mengikuti suami kini berbuah manis. Tujuannya saat itu hanya mengusir homesick. Rachel kini dikenal sebagai Youtuber dengan 324 ribu subscriber. Sebenarnya pada 2014 ia sudah memiliki Youtube channel sebagai portfolio Make Up Artist. Namun belum diseriusi, video diupload hanya sebulan sekali. Berbeda dengan sekarang, upload video dilakukan 2-3 kali seminggu. Rachel ingin tampil beda dengan mengusung genre beauty dan parody. Ia tidak peduli tampil jelek di depan kamera. Konten video Rachel antara lain, make up tutorial, tips seputar kecantikan, hingga travelling. Adanya konten travelling ini supaya tidak hanya perempuan yang menonton, juga laki-laki.

Awalnya Rachel tidak mengetahui bahwa ia bisa mendapatkan uang dari kegemarannya upload video. Ia hanya ingin berbagi dan happy. Dalam pandangannya subscriber dan viewer hanya bonus. Konsistensi Rachel mengunggah video di Youtube membuatnya mendapat tawaran kerja sama dari sejumlah brand dengan bayaran yang menggiurkan. Agar tidak terlihat beriklan, ia mengemas videonya dengan lebih informatif. Rachel juga mendapatkan tawaran sebagai medium advertorial, seperti semiadvertorial,giveaway, advertorial eksklusif, atau hanya sebagai talent. Saat mereview produk, Rachel selalu memberikan sisi positif dan sisi negatif yang disampaikan dengan cara yang baik. Be honest! Tertarik menempuh jejak yang sama dengan Rachel? Berikut lima tips menjadi Youtuber sukses ala Rachel Goddard

1. Be your self!

Sebelum terjun menekuni profesi sebagai Youtuber, buat karakter yang mewakilimu, apa membuat kamu berbeda dengan Youtuber lainnya. Seperti Rachel yang akrab menyapa subscribernya dengan panggilan ‘hazegh’. Tampilkan diri kamu apa adanya di depan kamera. Rachel bersyukur videonya bisa menginspirasi perempuan Indonesia yang memiliki kulit gelap seperti dirinya untuk percaya diri.

2. Bikin akun YouTube

Rachel menyarankan durasi video yang dibuat berkisar 4-5 menit. Kecuali video travelling yang sengaja dibuat dengan durasi di atas 10 menit agar penonton mengetahui detail perjalanan itu. Rachel memberi bocoran empat video beauty yang sering ditonton orang, yaitu make up challenge misalnya kamu bisa beli make up apa dengan budget Rp 200 ribu, make up lokal, natural make up atau make up sehari-hari, dan no make up look.

3. Commitment

Upload video dua kali seminggu itu bagi Rachel tidak mudah. Bahkan ia rela upload pagi buta supaya ada video baru di channel nya. Untuk itu Rachel memberi saran untuk kamu Youtuber pemula, buat lima video yang sudah diedit. Selanjutnya upload video itu setiap minggu. Selama menunggu jadwal tayang video lainnya, kamu bisa membuat video selanjutnya. Dengan demikian kamu bisa memastikan selalu ada video baru. Kamu juga tidak akan ragu mengatakan kepada penonton untuk like dan subscribe channel kamu. Rachel menyarankan membuat video untuk dua minggu ke depan. Itu bisa menjadi stock selama kamu liburan misalnya.

4. Ciptakan engagement

Berinteraksi dengan membalas comment subscriber kamu. Jika ada haters yang berkomentar negatif tentang video kamu atau ada yang unsubscribe, jangan terpaku pada omongan orang. Terus berkarya!

5. Share video kamu

Buat teaser 30 detik yang paling wow dari video kamu kemudian share ke Facebook, Snapchat, Path, hingga Instagram. Tujuannya supaya orang penasaran dan menonton keseluruhan video kamu.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tips Menjadi Youtuber Sukses ala Rachel Goddard". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !