Apakah kamu sering melihat akibat fatal dari "biaya kesakitan"?

Saat sanak saudara, sahabat harus dirawat karena sakit, ada ongkos yang tidak sedikit. Walaupun sudah ada BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta, tetap saja ongkos berobat ini sangat tinggi.


Konon lebih baik mencegah daripada mengobati!

Apa yang bisa kita lakukan untuk tetap sehat dengan aktifitas kehidupan demikian?

"Kesehatan adalah keadaan sejahtera baik fisik, mental dan sosial, dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan." - WHO, 1948

Penting untuk menjaga keseimbangan mind-body-soul. Bagaimana caranya ya?


Berikut ini adalah 5 tips yang bisa kamu laksanakan untuk menjaga kesehatanmu!


1. Minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Air putih membantu metabolisme tubuh, membuat kulit lebih sehat, membantu menjaga berat tubuh. Masih banyak lagi manfaat dari minum air putih. Ayo mulai dengan bawa botol di dalam tasmu. Jangan lupa beranjak dari meja kerjamu setiap jam untuk mengambil air putih di dispenser kantor. Dan pastikan jam makan disertai air putih juga.


Anggaran air putih ini biasanya masuk dalam pos pengeluaran rutin. Kamu tentu punya anggaran khusus untuk membeli air mineral langganan. Beberapa orang juga sudah mencoba menggunakan water purifyer. Ada juga yang memiliki anggaran lebih dengan membeli air yang diproses khusus.


2. Berolahraga

Semua orang juga tahu olah raga baik untuk kesehatan. Apa alasan kamu tidak berolahraga? Biasanya malas dan gak punya waktu. Banyak cara sederhana untuk menggerakkan tubuh kita.

a. Jalan di tempat 30 menit sambil update medsos,

b. Pilih menggunakan tangga, bukan naik lift dan escalator.

c. Turun satu blok dari kantor supaya ada waktu untuk jalan menuju kantor.


Untuk kamu yang sudah berkomitmen dengan berolah raga, silakan siapkan anggaran tersendiri. Misalnya punya membership di klub olah raga, ada anggaran rutin ke sanggar muaythai atau mengunjungi kolam renang dekat kantor seminggu sekali.


Pixabay


3. Luangkan waktu setiap hari untuk menenangkan pikiran.

Apapun namanya, kamu perlu untuk menenangkan diri. Meditasi, berdzikir, atau berdoa. Sempatkan menarik napas panjang dan menghembuskan perlahan beberapa kali.

Manfaatkan berbagai aplikasi pernafasan dan atau meditasi dari smatphone.

Penelitian ilmiah menyebutkan meditasi membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti hipertensi, sakit jantung, depresi dsb.


Tidak ada ongkos untuk memilih waktu berdiam sejenak. Tetapi ada beberapa orang yang memilih trip khusus untuk bisa menyepi. Misalnya dengan ikut weekend yoga, writers festival di Bali, long run race di luar negeri. Gak apa juga kok. Ayo disiapkan anggarannya.


4. Makanan dan minuman sehat.

Perhatikan makanan dan minuman yang masuk ke tubuh kita.

Dengan memakan minimal 400gr buah dan sayuran setiap hari dapat menurunkan resiko serius kesehatan seperti stroke dan diabetes.

Panduan mudah tentang makanan dan minuman sehat adalah: cek bagaimana cara makanan tersebut sampai ke piringmu. Processed food menggunakan pengawet dan chemical. Kamu bisa mengurangi jumlah asupan processed food sebagai cara awal mulai makan makanan sehat.


Yang menarik, banyak orang berpikir makanan sehat = mahal! Belum tentu. Memang kalau ingin serba organik dan impor jadi mahal. Tapi dengan memangkas beberapa pengeluaran makan minum processed food kamu bisa punya anggaran lebih untuk switch ke makanan minuman lain. Jadi ini bukan soal harga, tetapi soal anggaran. Dengan anggaran yang sama, seharusnya kamu bisa memberi asupan gizi lebih baik untuk tubuhmu.


Pixabay

5. Kenali dan peduli kondisi mental dan emosional.


Menurut Moliere, “Pikiran berpengaruh besar pada tubuh, dan penyakit sering berawal dari sana”.

Bagaimana emosi dapat mempengaruhi kesehatan?

Tubuh merespon dengan cara kita berpikir, merasa, dan bertindak. Ini adalah salah satu jenis "pikiran / koneksi tubuh." Ketika kita stres, cemas, atau marah, tubuh bereaksi dengan cara yang mungkin akan memberitahu Anda bahwa ada sesuatu yang tidak benar. Misalnya, tekanan darah tinggi atau asam lambung naikmungkin berkembang setelah peristiwa yang sangat menegangkan, seperti kematian orang yang dicintai.

Manusia dibekali hati oleh Sang Pencipta untuk merasakan emosi. Kenali dan terima perasaan/emosi baik negatif maupun positif. Pelajari bagaimana menyikapi dengan bijak. Emosi baik negatif maupun positif. Emosi bukan untuk diabaikkan. Bukan untuk dilupakan. Karena keduanya bisa mengakibatkan stress. Yang akan menjadikan keluhan fisik atau penyakit.


Orang yang memiliki kesehatan emosional yang baik sadar pikiran, perasaan, dan perilaku. Mereka belajar cara-cara sehat untuk mengatasi stres dan masalah yang merupakan bagian normal dari kehidupan. Mereka merasa baik tentang diri mereka sendiri dan memiliki hubungan sosial yang sehat.


Yuk hidup lebih sehat. Niscaya ini akan membantumu secara keuangan juga. Saat kamu lebih sehat, kamu memangkas sebuah pos besar yang tidak perlu! Lebih enak mengeluarkan "biaya kesehatan" daripada "biaya kesakitan"!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Tips "Biaya Kesehatan" Agar Kamu Tidak Perlu "Biaya Kesakitan"". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !