Resolusi acap menjadi penyemangat kita di awal tahun untuk sebuah hidup yang lebih baik. Umumnya, hampir semua orang memiliki resolusi yang ingin dicapai pada tahun depan, baik itu dari segi keuangan, kesehatan, percintaan, dan hal lain yang didambakan terjadi perubahan.

Kali ini, Moola akan membahas resolusi keuangan yang membuat kamu lebih mudah dan disiplin mengelola keuangan, sehingga kondisi keuangan jauh lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya. Selain itu, dengan keuangan yang membaik, tentu kamu lebih mudah menjangkau banyak tujuan lain dalam hidup. Sebab, uang memang bukan segalanya namun segalanya tentu butuh uang, bukan? Nah, sudah siapkah kamu membuat resolusi baru bersama Moola? Simak yuk 5 resolusi keuangan yang harus tercapai di tahun 2018 sekarang!

1. Bebas Utang

Banyak orang berutang untuk suatu hal yang bersifat konsumtif belaka dan tidak menghasilkan apapun dalam kehidupannya. Agar kehidupan lebih baik di tahun 2018 mendatang, kamu harus mulai melakukan banyak perbaikan dalam segi keuangan seperti melunasi semua utang meski secara bertahap. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang dalam mengatur perencanaan masa depan.

2. Meningkatkan Tabungan

Photo Credit: iStock

Bila telah sukses melunasi semua utang yang ada, resolusi selanjutnya yang harus kamu capai adalah membiasakan diri menabung secara disiplin, dengan nilai yang terus ditingkatkan setiap bulannya. Hal ini bertujuan untuk menyediakan dana cadangan saat ingin membuat perencanaan baru dalam kehidupan.

3. Mulai Berinvestasi

Merasa gajimu tidak cukup besar untuk menabung lebih banyak? Investasi adalah salah satu cara terbaik yang bisa kamu lakukan. Mulailah melirik instrumen yang sesuai dengan kondisimu sekarang, lalu jangan lupa memilih partner berinvestasi yang dapat dipertanggungjawabkan. Hasil dari investasi tersebut bisa kamu jadikan tambahan untuk mengisi tabungan atau bahkan memulai bisnis baru di luar pekerjaan utama.

4. Rapikan Anggaran

Photo Credit: Telegraph

Seiring banyaknya transaksi keuangan, jangan lupa untuk merapikan anggaran dengan membuat susunan yang jelas dan masuk akal. Sejajarkan pengeluaran dan pendapatan agar hasilnya tidak timpang. Hal penting yang harus kamu ingat, dalam hal ini kamu harus menjalankan secara disiplin sesuai dengan catatan yang sudah kamu buat.

5. Belanja Cerdas dan Hilangkan Konsumtif

Last but not least, belanjalah secara cerdas dan hilangkan sifat konsumtif dari daftar kamus hidupmu. Pahami apa yang kamu butuhkan, bukan sekadar yang kamu inginkan. Belanjakan uangmu untuk hal-hal yang kamu cintai, bukan sekadar kamu sukai. Dengan demikian, kamu akan paham mana yang patut didahulukan dan keuangan pun tidak jadi berantakan.

BACA JUGA


Batal Menikah, Lihatlah Apa yang Rina Lakukan dengan Uang Tabungan

Batal Menikah, Lihatlah Apa yang Rina Lakukan dengan Uang Tabungan

Tidak ada seorangpun ingin cintanya gagal, terutama yang hampir melangkah ke jenjang pernikahan

Read more..

Nah, bagaimana sekarang? Sudah siap menyambut tahun 2018 dengan banyak perencanaan? Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Resolusi Keuangan yang Harus Tercapai di Tahun 2018". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !