Bali dan pariwisata adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Selain memburu keindahan alamnya, tentu wisatawan lokal dan mancanegara datang ke Bali untuk berkunjung ke pasar-pasar tradisional. Seperti yang kita ketahui, pasar-pasar di Bali memang selalu dipenuhi beragam produk kesenian, kerajinan tangan, hingga aneka kuliner yang lezatnya bikin ketagihan. Dari sekian banyak pasar tradisional yang ada di Bali, kamu wajib mampir ke 5 pasar paling terkenal ini!

1. Pasar Sukawati

Photo Credit: Baligo

Yang paling terkenal dan wajib dikunjungi adalah Pasar Seni Sukawati yang sangat akrab di kalangan para turis lokal dan mancanegara. Di sini, kita bisa membeli beraneka rupa kerajinan tangan, pakaian, souvenir, serta jajanan khas Pulau Dewata. Untuk mendapatkan harga yang terbaik, jangan segan berinteraksi dengan pedagang dan melakukan tawar menawar. Karena harga yang dipasang sangat murah, tak heran jika banyak travel agent yang menjadikan Pasar Seni Sukawati sebagai salah satu tujuan.

2. Pasar Ubud

Photo Credit: Bali Travel Shop

Selain Pasar Seni Sukawati, Gianyar yang menjadi pusat kesenian dan kerajinan juga memiliki Pasar Seni Ubud yang tak kalah populernya di kalangan para wisatawan. Bahkan, pada tahun 2010 Pasar Seni Ubud dijadikan salah satu lokasi syuting film Hollywood kenamaan, "Eat Pray Love" yang dibintangi oleh Julia Roberts. Pada pagi hari, Pasar Seni Ubud menawarkan buah-buahan segar, bunga-bunga pemujaan, serta bahan masakan yang dibutuhkan oleh warga setempat. Namun, saat beranjak siang, Pasar Seni Ubud menjelma jadi salah satu magnet wisatawan yang berburu produk kerajinan seperti lukisan, patung, anyaman, pakaian, souvenir, hingga tas-tas cantik yang sedang hits di Instagram. Untuk berbelanja di sini, kamu harus pandai menawar agar mendapatkan 'harga pertemanan' ya!

3. Pasar Klungkung

Photo Credit: Bukalapak

Pasar Klungkung atau Pasar Semarapura lebih banyak menyediakan produk kain dan tekstil khas Bali. Jika kamu ingin membeli kain brokat, kain kamen, kain endek, atau kain songket yang berkualitas baik dan cantik memikat, jangan ragu datang ke Pasar Klungkung ya! Selain produk kain, Pasar Klungkung juga diramaikan dengan aneka kuliner khas misalnya srombotan dan tipat.

4. Pasar Badung

Photo Credit: Khiri

Pasar Badung tak hanya dikenal sebagai tempat belanja aneka produk kesenian dan pakaian murah, tapi juga sebagai tempat membeli perlengkapan upacara adat bagi masyarakat sekitar. Jadi, tak heran jika di Pasar Badung kamu bisa menjumpai banyak penjual bunga segar dan sebagainya. Untuk segi kualitas, jangan khawatir, produk yang ditawarkan di Pasar Badung terbuat dari bahan-bahan terbaik dengan harga yang tak perlu diragukan lagi.

5. Pasar Kuta

Photo Credit: Hello-PET

Pasar Kuta sangatlah ramai sebab ia dekat dengan salah satu tujuan wisata paling populer di Pulau Dewata, yakni Pantai Kuta. Setelah menikmati kecantikan pariwisata di Kuta, kamu tak perlu bingung mencari oleh-oleh untuk keluarga di rumah, sebab di Pasar Kuta, semuanya ada dan harganya bisa ditawar.

BACA JUGA


Ayo Kembali ke Pasar! Berikut 7 Kelebihan Pasar Tradisional yang Kini Terlupakan

Ayo Kembali ke Pasar! Berikut 7 Kelebihan Pasar Tradisional yang Kini Terlupakan

Tak perlu ragu berbelanja di pasar tradisional karena harga yang ditawarkan jauh lebih masuk akal dan keseruannya tetap tak tergantikan

Read more..

Itulah 5 pasar paling terkenal di Bali yang cocok didatangi saat liburan akhir tahun nanti. Belanja boleh sepuasnya, asal jangan kalap ya!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Pasar Paling Terkenal di Bali, Cocok Buat Shopping Akhir Tahun Nanti". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !