Pengelolaan keuangan yang baik sangat dibutuhkan dalam kehidupan. Segala pemasukan dan pengeluaran harus tercatat rapi dan didasari keputusan yang matang. Kamu pun harus membedakan mana yang sebatas keinginan atau benar-benar kebutuhan agar tidak berujung pemborosan. Supaya terhindar dari penyesalan, berikut adalah 5 nasihat keuangan dari Mama yang bisa membantumu lebih berhati-hari dalam menyikapi hidup yang penuh ketidakpastian. Simak yuk sekarang!

1. Uang tidak ada ekornya

Photo Credit: giphy.com

Mama berkata bahwa uang tidak ada ekornya, maksudnya adalah bahwa uang cepat sekali larinya tanpa bisa terkejar apalagi terpegang ekornya. Sekali kamu pergi ke pusat perbelanjaan dan tidak punya kontrol diri yang kuat, kamu akan kalap hingga uang hanya seperti binatang tak berekor yang menghilang dalam kegelapan. Padahal harusnya kamu ingat, jika sampai terjadi kesulitan, tidak ada yang peduli ataupun bertanggungjawab terhadap keuanganmu selain diri kamu sendiri. Jadi, berhati-hatilah mengatur finansial.

2. Karena itu, mantapkan tujuan

Sebab uang tak ada ekornya, kamu harus memantapkan tujuan. Bukanlah hidup di jalan benar bila tak punya tujuan matang. Sedari muda, tentukan dan mantapkan tujuanmu dalam hal keuangan, misalnya mendapat kenaikan gaji per tahunnya, mengatur keuangan dengan lebih bijaksana, memulai bisnis sampingan, atau menjalankan investasi agar beroleh keuntungan ganda yang berguna bagi masa depan.

3. Pasang target dan mulailah berhemat

Photo Credit: Local Government Federal Credit Union

Tujuan hanya tinggal tujuan bila tidak disertai target yang bulat. Bila perlu, buatlah goal setting board lalu tempel di dinding kamarmu agar selalu teringat akan mimpi yang sedang kamu tuju. Beri rentang waktu yang terukur untuk menjangkaunya agar impian lebih tertata. Misalnya, pada usia 25 tahun kamu ingin membeli mobil pertama atau usia 30 tahun sudah mulai mencicil rumah. Menurut Mama, tanpa target hidup yang tepat, kamu hanya akan membuang-buang waktu dan menyia-nyiakan kesempatan emas. Agar bisa menjangkau semuanya, tentu kamu harus mulai berhemat dan memangkas kebutuhan yang tidak bermanfaat.

4. Jangan mengandalkan satu sumber penghasilan

Siapa bilang hidup ini mudah dan murah? Tidak, sama sekali, Sahabat Moola! Untuk itu, Mama berpesan agar jangan mengandalkan hidup dari satu sumber penghasilan saja, kita harus pandai mencari celah kesempatan yang tersedia. Misalnya bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, tak ada salahnya memanfaatkan waktu istirahat seusai jam kantor untuk menjalankan bisnis sampingan. Dengan semakin banyaknya sumber penghasilan, ketika kamu mengalami 'kejatuhan' dan satu sumber hilang, maka sumber-sumber lain siap menutup kebutuhan dan kehidupan berjalan tanpa hambatan. Untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan, jangan ragu memperluas jaringan pertemanan agar kamu mendapat berbagai peluang. Orang bijak mengatakan bahwa banyak teman banyak rezeki, maka teruslah menambah koneksi demi kesuksesan bisnismu nanti.

5. Belajar dari masa lalu

Photo Credit: Mario Favela

Setiap orang pernah gagal dan membuat kesalahan di masa lalunya. Tapi orang yang hebat adalah yang mampu bangkit dan memperbaiki kehidupannya. Kamu tentu pernah mengalami situasi sulit dalam hidupmu, bukan? Jadikan semua itu sebagai 'cambuk' untuk melecut semangat serta 'kaca' agar tidak terjatuh pada lubang yang sama. Belajarlah, berkembanglah, karena pengalaman adalah guru yang paling berharga.

BACA JUGA


Hati-Hati! Inilah 6 Sinyal Emosi Terjebak Pada Pekerjaan yang Salah

Hati-Hati! Inilah 6 Sinyal Emosi Terjebak Pada Pekerjaan yang Salah

Bila Sahabat Moola merasakan enam jenis emosi di bawah ini, saatnya mempertimbangkan karir kembali

Read more..

Nah, itulah 5 nasihat keuangan dari Mama yang akan membantu Sahabat Moola dalam menyikapi kehidupan. Semoga dapat menjadi pengingat sekaligus semangat dalam menapaki jalan kesuksesan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Nasihat Keuangan dari Mama yang Membuatmu Berhati-hati dalam Menyikapi Kehidupan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !