Alasan lain dalam membuka bisnis adalah semakin sempitnya lapangan kerja. Banyak orang yang semakin sulit mendapat pekerjaan, apalagi bagi mereka yang tidak mempunyai keahlian khusus. Maka, menjadi entrepreneur atau membuka usaha sendiri dapat menjadi solusi untuk menghasilkan uang.

Tidak dapat dipungkiri, membuka usaha sendiri memang sangat menggiurkan. Menjadi pemimpin untuk diri sendiri, waktu kerja yang fleksibel, dan keuntungan besar yang didapat apabila usaha tersebut sukses. Tetapi, sebagaimana keuntungan besar yang akan didapat, maka kita harus siap dengan risiko yang menghadang.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan bila kita ingin membuka usaha atau menjadi seorang entrepreneur:

1. Menganalisis jenis usaha terkait

Photo Credit: SheThePeople

Banyak hal yang bisa kita analisis, mulai dari menggodok ide, membuat konsep, menghitung budget, bahkan hingga identifikasi pesaing, peluang, serta lokasi membuka usaha. Segalanya memang harus dipikir secara matang untuk meminimalisir kegagalan.

2. Merencanakan bisnis dengan menyusun konsep yang sesuai

Jangan lupa, sudah banyak usaha yang eksis di dunia ini, dan pesaing tentunya banyak sekali. Untuk merebut hati pelanggan, kamu harus punya KONSEP yang matang. Bahkan, konsep inilah yang akhirnya menjadi keunikan tersendiri yang membedakan usahamu dengan yang lainnya. Dalam kata lain, ia akan mewujud sebagai identitas dan brand image.

3. Menyiapkan modal

Photo Credit: SheThePeople

Mencari modal menjadi tahapan yang penting dalam kelangsungan sebuah usaha. Bahkan, banyak ide usaha yang batal terealiasi lantaran terbentur masalah permodalan. Untuk itu, kamu harus menyiapkan sumber keuangan yang mampu membiayai usahamu hingga berdiri. Jika harus meminjam modal, pastikan kamu bertemu lembaga keuangan yang benar.

4. Melegalkan usaha agar diakui secara hukum

Nah, setelah usaha berhasil berdiri, jangan lupa melegalkannya ya, agar diakui secara hukum sebagai suatu badan yang sah. Nggak mau kan, terjadi hal-hal yang tidak diinginkan kemudian?

5. Memperluas jaringan atau networking

Photo Credit: Meetup

Last but not least, yang perlu kamu lakukan agar usahamu tetap eksis adalah memperluas jaringan atau networking. Banyak sharing dan berbagi ilmu dengan komunitas atau sekeliling, supaya bertambah pula insight kamu agar selalu mampu bersaing.

BACA JUGA


Perempuan Kekinian Harus Cerdas Finansial. Yuk Gali Inspirasinya di Girls in Tech Festival!

Perempuan Kekinian Harus Cerdas Finansial. Yuk Gali Inspirasinya di Girls in Tech Festival!

Girls in Tech Festival adalah sebuah event untuk memberdayakan perempuan serta memberi wawasan dalam bidang teknologi digital

Read more..

Tidak sulit untuk membuka usaha, bukan? Semoga bermanfaat, Sahabat Moola!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Langkah yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membuka Usaha". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !