Liburan Geng Cewek! Photo saat berenang di laut!


Kalian senang liburan? Bayangkan photo saat berenang di laut bersama geng cewek-cewek!

Saya biasa liburan dengan keluarga. Suatu hari, sahabat saya Nina Moran mengajak geng cewek-cewek pergi liburan bersama. Hah! Tanpa pikir panjang, saya langsung daftar!

Ke mana kita? SUMBA!

Setelah voting akhirnya terkumpul 14 female entrepreneurs yang siap berangkat ke Sumba. Lucunya, kami gak riset dulu. Main berangkat aja. Letak pulau Sumba di sebelah mana aja saya baru tahu di hari H keberangkatan!

Ada apa saja di sana? Sudah sering sih dengar “Indonesia Timur itu indah banget.”. Percaya banget kalo pasti serba indah. TAPI... SAYA GAK NYANGKA SEINDAH INI!!!

Kami berempatbelas sungguh terpesona oleh keindahan Pulau Sumba. Keindahan pertama adalah savana berbukit antara Waingapu dan Waikabubak. Kami juga terpesona oleh mata air Waikelosawah dan Weekuri lagoon. Para penduduk di desa adat Gollu dan Praijing juga sangat ramah menyambut kami. Favorit kami semua adalah Pantai Kita di Mananga Aba, Sumba Barat.

Oke liburan dengan geng cewek-cewek memang seru banget. Kami berhasil melewati liburan asyik ini tanpa drama. Gak ada berantem. Gak ada ngotot. Semua serba asyik. Apa triknya? Tentu selain siap secara keuangan juga siap secara mental ya.


Berikut tips merencanakan liburan bersama geng cewek-cewek.

Angkie Yudistia dan Jenahara mengunjungi pengrajin tenun di Waingapu, Sumba


1. Tentukan kapan mau berangkat.

Cewek itu rempong. Jadi gak perlu banyak bicara, langsung tentukan dulu jadwal keberangkatan. Baiknya ini ditentukan 2 bulan sebelumnya supaya semua bisa membersihkan jadwal masing-masing. Habis itu tinggal bikin pendaftaran!


Liburan Geng Cewek. Lari di Pantai Kita.

Ligwina Hananto, Yulia Astuti, Anantya Van Bronckhorst

2. Ada yang mengatur.

Terserah aja sih. Kalau memang di antara geng itu ada yang jago mengatur trip, biarkan dia yang mengurus semuanya. Tapi kan maunya kita suasana liburan ya. Jangan biarkan satu orang repot ngurus semua orang – nanti dia gak liburan dong. Jadi geng kami memutuskan ada travel yang mengurus. Agen perjalanan punya banyak paket tur. Khusus untuk Sumba ini kami menggunakan jasa Kakaban Trip. Tiket pesawat, makanan, hotel, hingga itinerary dan guide semua disediakan. Kami cuma perlu dandan kece dan siap diphoto!


3. Bahas anggaran secara terbuka.

Setelah punya travel yang mengatur segalanya, akan muncul quote harga. Ingat ya gak semua orang punya kemampuan keuangan yang sama. Jadi penjelasan tentang anggaran liburan ini perlu clear di depan. Biasanya anggaran terbagi menjadi 3 kategori: Transportasi, Akomodasi, Biaya harian. Khusus biaya harian terbagi lagi lagi, mulai dari makan, transportasi lokal, rekreasi harian hingga menyewa pocket wifi.. Untuk perjalanan grup, shopping menjadi tanggungan masing-masing.

Kamu bisa juga menghitung rencana liburan ini di www.plan.id.


Mata air Waikelosawah, Sumba

4. Subsidi silang.

Untuk memotong ongkos, kamu bisa melakukan subsidi silang antara transportasi dan akomodasi. Mana yang kamu pilih? Airline murah, asal hotel bagus. Atau airline harus standar tinggi, hotel kan cuma untuk tidur. Semua orang tentu punya preferensinya sendiri. Pembahasan subsidi silang antara transportasi dan akomodasi ini penting supaya peserta liburan mengerti. Dengan begini, jika ada yang keberatan terhadap pilihan airline atau hotel bisa segera teridentifikasi di depan.


Weekuri Lagoon, Sumba

5. Nabung bersama.

Ini seru lho. Kalau waktunya masih banyak, kamu bisa bersama-sama menabung untuk trip berikut. Menabung ini – terutama untuk jarak yang jauh – biasanya dilakukan 6 – 12 bulan. Nabung dulu, senang kemudian!

Tujuan lo ke mana? Senang liburan tentu tanpa perlu stress soal uangnya. Karena semua sudah disiapkan, kamu bisa liburan bersama geng cewek-cewek dengan gembira!


#SenangLiburan


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Langkah Tanpa Drama Merencanakan Liburan dengan Geng Cewek-Cewek!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !