Kali ini saya akan mengajak Sahabat Moola jalan-jalan ke Thailand. Mengunjungi Bangkok, Chiang Mai, Chiang Rai, Phuket, bahkan Sukhothai yang terkenal sebagai kota tua dengan banyak peninggalan sejarah. Nah, usai lelah berkeliling menikmati berbagai atraksi wisata, tentu perut yang keroncongan minta segera diisi, bukan? Untuk kamu yang suka hemat pengeluaran, jangan khawatir akan bokek di Thailand. Sebab, 5 kuliner ini siap memanjakan perut dan lidahmu sampai kenyang, dijamin nikmat dan tetap hemat! Apa saja? Langsung saja yuk simak selengkapnya!

1. Pad thai

Photo Credit: Adventure In You

Pertama dan cukup mengenyangkan setelah lelah berjalan-jalan, pad thai mampu mengganjal perutmu yang keroncongan. Pad thai adalah hidangan khas Thailand terbuat dari kwetiaw lembut yang ditumis bersama potongan sayur dan potongan udang/ayam/cumi serta topping ebi kering. Kamu dapat dengan mudah menjumpai pad thai di pinggir-pinggir jalan atau bahkan hampir semua restoran. Untuk seporsi pad thai kaki lima hanya dibanderol seharga 30 baht (1 baht = 388 rupiah) saja.

2. Pad krapao gai

Photo Credit: Mark Wiens

Pad krapao gai disebut juga stir-fried Thai chicken basil yang punya cita rasa gurih, pedas, nikmat, dan sungguh bikin ketagihan. Tentu, untuk menikmatinya kamu harus ditemani sepiring atau bahkan dua piring nasi setelah lelah berjalan-jalan. Jangan bilang kamu masih kelaparan, sebab hidangan satu ini cukup mengenyangkan dan mengganti tenagamu yang hilang. Nah, untuk seporsinya kamu hanya perlu membayar seharga 30-50 baht saja, dengan catatan belinya di pedagang kaki lima atau warung sederhana ya!

3. Mango Sticky Rice

Photo Credit: BonAppetour

Nikmatnya mango sticky rice memang sudah dikenal dimana-mana, termasuk Indonesia. Sebab, segala yang berhubungan dengan mangga pastilah menggiurkan. Apalagi bila potongan mangga berduet bersama sekepal ketan manis nan pulen diguyur kuah santan dan taburan kacang hijau sangrai, pasti rasanya sangat 'nendang' dan bikin kenyang maksimal. Harga seporsi pun cukup ramah di dompet para pejalan, yakni sekitar 50-80 baht di pedagang kaki lima dan warung sederhana. Meski demikian, lezatnya bukan guyonan!

4. Chicken Stick dan Sai Krok

Photo Credit: Uproxx

Kamu yang sedang berdiet ketat pastikan tunda dulu dietmu saat mengunjungi Bangkok. Pasalnya, setiap sudut jalan adalah tempat yang 'indah' untuk berburu makanan. Dimana-mana mereka seolah bagai surga yang memanggil para pejalan untuk berhenti dan melebarkan perutnya. Salah satu 'primadona' di jalanan Bangkok yang tak pernah sepi kendaraan adalah chicken stick dan sai krok (sosis) yang harganya cuma 10 baht saja per tusuknya. Sangat murah dan tak cukup satu tusuk untuk memuaskan hasrat ngidam.

5. Gai Tod

Photo Credit: SheSimmers

Terakhir dan bukan yang terakhir, percaya atau tidak, bila ayam goreng ala Thailand punya cita rasa yang amat beda dengan ayam goreng di Indonesia. Bumbu rempah yang kuat, unik, dan otentik membuatnya gurih dan krispi di luar namun tetap juicy di dalam. Gai tod atau ayam goreng biasanya dinikmati dengan sambal khas Thailand serta nasi ketan sambil berkeliling menikmati perjalanan. Untuk harga per potongnya biasa dibandrol seharga 15-20 baht saja. Murah banget, kan?

BACA JUGA


Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Hanya dengan 100 Ribu Rupiah Saya Bisa Menari Bersama ‘Matahari’ di Lopburi

Banyak yang bilang untuk berwisata di luar negeri membutuhkan budget yang lebih. Saya membuktikan, one day trip di Lopburi, Thailand, hanya ...

Read more..

Nah, Sahabat Moola, itulah 5 kuliner murah yang bisa kamu coba saat jalan-jalan di Thailand. Tak perlu takut kantongmu terancam sebab sebuah perjalanan tak perlu menghabiskan biaya mahal, yang penting adalah kenangan yang diciptakan. Selamat bersenang-senang!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Kuliner Murah yang Bisa Kamu Coba Saat Jalan-jalan di Thailand. Dijamin Nikmat Sekaligus Hemat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !