Musim hujan belum reda dan banjir juga belum surut di beberapa kota. Musibah tahunan yang seakan menjadi langganan ini mau tak mau berdampak besar pada perekonomian dan tentu membawa kerugian. Dari segi finansial, inilah 5 kerugian yang ditimbulkan karena musibah banjir!

1. Menghambat transportasi

Ketika hujan deras hingga banjir, kamu yang akan berangkat beraktivitas jadi terganggu, kan? Otomatis, para penyedia transportasi pun mengalami kerugian karena tidak banyak orang yang menggunakan jasa mereka.

2. Lumpuhnya jalur distribusi barang

Banjir juga mengakibatkan kelumpuhan jalur distribusi barang. Bila kamu seorang pedagang, kamu bisa merasakan dampak yang ditimbulkan ketika stok daganganmu menipis tapi tidak bisa merestock barang dikarenakan distribusi mengalami gangguan.

3. Rusaknya sarana publik

Banjir juga tak jarang merusak sarana publik seperti gedung perkantoran, sekolahan, rumah ibadah, jembatan, jalan, dan lainnya. Dari kerusakan tersebut, otomatis pemerintah harus mengeluarkan biaya untuk memperbaikinya, bukan?

4. Omset penjualan merosot tajam

Kembali lagi ke poin nomor dua, untuk seorang pedagang dan pebisnis andal, tidak hanya jalur distribusi yang mengalami gangguan, tapi omset penjualan pun merosot tajam. Kamu bisa lihat di pusat-pusat perbelanjaan, jumlah pengunjung semakin berkurang karena tidak ingin berbasah-basahan.

5. Perbaikan sistem

Jika banjir sudah mengakibatkan kerugian di segala bidang, tentu sistem harus segera dilakukan perbaikan. Mulai dari cek drainase, ketangguhan tanggul, optimalisasi fungsi kanal, semuanya harus segera diperhatikan dan tentunya membutuhkan tambahan dana yang tidak sedikit jumlahnya.

Nah itu tadi adalah kerugian finansial yang dapat ditimbulkan oleh bencana banjir. Jika tidak ingin mengalaminya, kita harus lebih menjaga lingkungan agar bencana tidak menjadi tamu tetap di setiap tahunnya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Kerugian Finansial yang Dapat Terjadi Karena Banjir". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !