Seberapa banyak dari kita yang jeli memperhatikan detail pakaian ataupun accessories dari aktor ataupun aktris yang menarik perhatian? Saya berbincang dengan Shafira - pemilik online shop yang menjual potongan pakaian dengan design yang diambil dari beberapa aktor/aktris di film dan serial film yang sering jadi trending. Apa saja sih yang perlu kita lakukan untuk mendapat keuntungan dari menjual barang-barang yang terinspirasi dari aktor/aktris pada film dan serial yang kita tonton?

1. Perhatikan Detail Wardrobe Aktor/Aktris

Photo Credit: My Fashion

Saat menonton film, selain kita terpesona oleh penampilan aktor/aktris pasti kita juga terbawa larut oleh jalan cerita yang disuguhkan atau sebaliknya kita bosan dengan cerita yang disajikan. Shafira memiliki kebiasaan bukan sekadar memperhatikan aktor/aktris film yang ditonton namun juga mencatat dan meng-capture pakaian yang dikenakan dan accessories yang digunakan.

Masih ingat kan bagaimana pakaian dan accessories yang dikenakan Cinta dalam Ada Apa Dengan Cinta 2? Banyak orang-orang yang kemudian ingin mengenakan apa yang dikenakan Cinta dan untungnya pasar bisa memenuhi permintaan itu. Dari fenomena itu, Shafira kemudian terinspirasi untuk mulai memperhatikan detail wardrobe aktor/aktris setiap film yang ditonton.

Tentu saja tak semua orang memiliki selera yang sama seperti Shafira, tapi ketenaran film yang ditonton memiliki penggemar sendiri yang kemungkinan besar menginginkan wardrobe yang dikenakan aktor/aktris kesayangan.

Setelah meng-capture gambar dan mencatat, ia memperhatikan pola pakaian tersebut dan memikirkan bagaimana cara membuatnya.

2. Cari Referensi Pola Wardrobe

Shafira yang memang menggemari dunia textile paham betul bahan apa yang pantas dan nyaman dikenakan untuk berkegiatan. Ia surfing di internet untuk mendapatkan referensi pola dan bahan yang akan ia buat dari gambar yang di-capture dari film yang ia tonton.

Beberapa referensi bisa didapat dari link-link fashion dan dipelajari kapan musim pakaian tersebut. Kadang ini penting untuk mengetahui di musim apa pakaian tersebut dikenakan. Karena pasar kamu Indonesia, pastikan kamu mendapat referensi yang pas untuk musim di Indonesia yang cuma ada dua yakni hujan dan panas.

3. Cari Partner Kerja

Seperti Shafira yang bekerjasama dengan partner untuk membuat pakaian, carilah partner kerja yang bisa diajak kerjasama dengan kamu. Tidak mudah mencari partner kerja yang bisa mengikuti ritme pekerjaan kamu. Kamu bisa menawarkan kerjasama dengan teman yang punya usaha digital printing atau biasa menerima orderan pembuatan pakaian.

#4 Buat Detail Marketing dengan PO

Photo Credit: Anggia Kharisma Instagram

Di sini kemampuan design untuk marketing cukup penting. Pastikan kamu membuat design marketing yang bisa menarik perhatian calon customer-mu. Karena biasanya pembuatan pakaian ini tidak lantas laku begitu saja, gunakan sistem PO dengan ketentuan target minimal PO yang sudah kamu rencanakan. Buat link yang dapat masuk ke dalam form untuk order pakaian yang kamu tawarkan. Kamu bisa menggunakan form di web-web yang menyediakan secara gratis.

Kamu bisa menampilkan artis yang sedang mengenakan pakaian yang hendak kamu tawarkan supaya bisa merebut hati penggemar artis tersebut.

5. Pasarkan dengan Trending Topic Film

Tentu saja ini penting. Untuk mendapat perhatian, pasarkan produk kamu dengan trending topic film yang sedang tayang. Sisipkan tautan pada link order PO yang sudah kamu siapkan agar calon customer-mu nggak perlu tanya-tanya bagaimana cara oder dan bla bla bla.

Gunakan kalimat yang efektif agar produk yang mau kamu tawarkan tak membingungkan calon customermu. Usahakan caramu memasarkan produk sampai pada target customer.

BACA JUGA


Dari Film Filosofi Kopi 2, Mari Belajar 5 Cara Berbinis Kedai Kopi

Dari Film Filosofi Kopi 2, Mari Belajar 5 Cara Berbinis Kedai Kopi

Kedai kopi akhir-akhir ini menjadi trend tempat nongkrong millenial di jam-jam istirahat ataupun pulang kantor. Weekend? Jangan tanya, sudah ...

Read more..

Seru juga ya menonton film favorit sambil memperhatikan detail wardrobe artis yang kemudian bisa menjadi bisnis? Kamu mau coba caranya Shafira?


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Cara Meraup Untung dari Hobi Menonton Film". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !