Mudik ke kampung halaman memang menjadi tradisi saat lebaran. Tak cuma Idul Fitri yang dirayakan bersama keluarga besar, Idul Adha pun dirayakan secara besar-besaran. Buat Sahabat Moola yang berencana menghabiskan lebaran bersama keluarga tersayang, ini lho caranya menjadikan mudik tidak cuma menghabiskan uang tapi juga ladang keuntungan. Simak yuk, sekarang!

1. Bawa pesanan dari perantauan ke kampung halaman

Photo Credit: dwipuspita

Sebelum pulang ke kampung halaman, kamu bisa membuka pre-order barang/makanan yang sekiranya akan laku dan diminati di sana. Misalnya saja kamu merantau/tinggal di Surabaya dan akan mudik ke daerah Jember dan sekitarnya. Masyarakat Jember pasti ingin mencoba oleh-oleh artis yang sedang ngehits, bukan? Maka, kamu bisa jual kue-kue lezat tersebut di sana!

2. Menawarkan barang/oleh-oleh khas dari kampung halaman

Photo Credit: detikFood

Nah kalau yang ini kebalikannya. Jika tadi kamu membawa pesanan dari perantauan untuk dijual ke kampung halaman, kali ini kamu bisa menawarkan barang/oleh-oleh khas dari kampung halamanmu ke teman-teman. Misalnya, kamu berasal dari Bali dan temanmu ingin mempunyai kain songket yang cantik. Maka, kamu bisa membawa beberapa lembar kain songket dan kain brokat untuk dijual saat kamu kembali ke perantauan. Atau alternatif lain, misalnya teman-temanmu menggemari kuliner khas Surabaya dan Gresik, kamu bisa lho membawa otak-otak bandeng, sambal kemasan, dan semanggi kering untuk dijual pada mereka.

3. Jasa supir dan sewa mobil

Photo Credit: umatter

Ini juga bisa kamu lirik. Bagi kamu yang mudik membawa kendaraan pribadi, tak ada salahnya kamu menawarkan jasa kepada teman-teman yang punya tujuan sama. Selain hemat bahan bakar, kamu juga bisa menambah uang saku selama perjalanan. Setibanya di kampung halaman, kamu juga masih bisa berbisnis serupa. Biasanya, di desa-desa atau tempat terpencil masih jarang dijumpai layanan sewa mobil/ojek kendaraan. Nah, kamu bisa lho menawarkan jasa tersebut, Sahabat Moola!

BACA JUGA


Jelang Idul Adha, Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Dijalankan Sahabat Moola

Jelang Idul Adha, Inilah 5 Peluang Bisnis yang Dapat Dijalankan Sahabat Moola

Momen lebaran qurban hampir tiba. Tak jauh beda dengan Idul Fitri, di Idul Adha kamu juga punya peluang berbisnis untuk persiapan menjelang ...

Read more..

Bagaimana? Sangat mudah mencari peluang bisnis, bukan? Memang, modal utama untuk mengembangkan usaha adalah dengan lebih peka menangkap kesempatan yang ada. Semoga bermanfaat dan selamat menyambut lebaran!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Mudik Tak Hanya Habiskan Uang tapi Juga Jadi Ladang Keuntungan. Bagaimana Caranya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !