Yossie orang pertama yang saya temui sangat bersemangat menceritakan liburan Lebarannya di Malang. Ia menghabiskan banyak uang selama liburan Lebaran dengan menggunakan setengah dari dana THR-nya, dan rencananya untuk menyiasati dana yang tersisa untuk menghadapi tantangan selama bulan Juli ini.

1. Menyiapkan Dana untuk Pos Pengeluaran Sebulan

Picture Credit : Budgetschool

Setelah dana untuk berlibur sudah terpakai semua, saatnya mempersiapkan dana untuk pengeluaran rutin selama sebulan. Yossie menyarankan agar pos-pos pengeluaran selama sebulan dialokasikan untuk kebutuhan prioritas dibandingkan untuk pos-pos entertainment seperti membeli buku, makan di luar, nonton bioskop, dan lain sebagainya.

Ia mempriotaskan dana kebutuhan sehari-hari seperti pembelian air bersih, uang transportasi pergi dan pulang ke kantor, makanan sehari-hari dengan cara memasak sendiri, dan kebutuhan lainnya.

Saya kemudian menggodanya apa tidak suntuk dalam sebulan tidak pergi ke bioskop untuk menonton film bagus. Ia menjelaskan kalau di akhir bulan menjelang gajian ada dana sisa, ia akan menggunakan untuk menonton film-film yang sedang tayang.

2. Memasak Sendiri untuk Bawa Bekal ke Kantor

Setelah seminggu yang lalu berlibur di Malang dan banyak menghabiskan waktu untuk kuliner makanan enak, kembali ke kantor rasanya lebih aman menggunakan uang untuk makan dengan memasak makanan sendiri.

3. Eksis di Media Sosial

Update di media sosial untuk sebagian orang tampaknya jadi kegiatan wajib dan tak boleh dilewatkan. Setelah seminggu berlibur di Malang dengan update di tempat-tempat kuliner dan tempat wisata yang menghabiskan uang, maka di bulan ini tantangan untuk tetap eksis tak bisa dilewatkan. Yossie berujar akan memanfaatkan object sekitarnya yang menarik untuk di-update tanpa harus mengeluarkan uang.

4. Gocap Sehari

Untuk menganggarkan biaya hidup dalam seminggu, Yossie mentargetkan 50 ribu sehari. Budget harian ini tak lantas harus dihabiskan semua. Mungkin dalam sehari habis 25 ribu atau 35 ribu, tak lantas dana sisa dari 50 ribu dihabiskan hari itu juga, sisa dana harian dari 50 ribu bisa dialokasikan untuk dana di kemudian hari.

5. Weekend Murah

Credit Photo : Pinterest

Tak ada salahnya weekend tetap di rumah sambil menikmati tontonan yang menarik di televisi bersama keluarga ataupun nonton koleksi serial film yang terlewatkan. Menghabiskan waktu di rumah juga bisa kamu manfaatkan dengan bermain bersama hewan peliharaan. Yang biasanya kamu menghabiskan uang untuk biaya perawatan hewan, di weekend kali ini dana tersebut bisa dialokasikan untuk pos prioritas. Sebagai gantinya, kamu bisa memandikan hewan peliaharaanmu sendiri dan rasanya akan menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Berkunjung ke tempat-tempat pusat kebudayaan untuk melihat pertunjukkan gratis tampaknya juga menyenangkan. Yossie menyarankan untuk sering-sering mengecek jadwal acara di tempat-tempat pusat kebudayaan seperti tempat kebudayaan Perancis, Jerman, Italia, Jepang, Galeri Indonesia Kaya, ataupun Amerika.

BACA JUGA


Mulai dari Nol! Inilah 5 Komitmen Diet Keuangan yang Bisa Dilakukan Pasca Lebaran

Mulai dari Nol! Inilah 5 Komitmen Diet Keuangan yang Bisa Dilakukan Pasca Lebaran

Dimulai lagi dari 0. Kata ini terdengar sangat familiar setelah Lebaran. Banyak komitmen yang akan dilakukan setelah Lebaran dan semuanya ...

Read more..

Ia juga menyarankan kalau mau tetap pergi keluar, mungkin bisa cari spot-spot menarik yang gratis untuk nongkrong berjam-jam. Untuk mengakali biar kamu tidak jajan di luar, lebih baik keluar setelah jam makan siang dan jika kamu berencana makan malam di luar pastikan kamu sudah menyiapkan budgetnya.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "5 Cara Menghadapi Tantangan Krisis Keuangan Setelah Libur Lebaran". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !