Akhir tahun biasanya diisi dengan beragam kegiatan, salah satunya adalah pergi liburan. Selain sebagai sarana relaksasi pikiran, liburan juga bisa memompa kembali semangat hidup agar mampu terbarukan. Nah, ngomong-ngomong soal destinasi liburan, apakah kamu sudah menyimpan satu nama tujuan? Kemanapun tujuan berliburmu, baik domestik maupun mancanegara, tentunya kamu harus siapkan kocek yang sesuai dengan kebutuhan. Sudahkah dana liburan akhir tahun dipersiapkan? Berikut adalah 5 langkah mudah menyiapkan dana liburan akhir tahun mendatang!

1. Menabung secara konsisten

Photo Credit: Money Glare

Tidak ada cara terbaik untuk menyiapkan dana khusus selain menabung. Berusahalah menyisihkan uang di awal gajian - bukan sisa di akhir bulan dan tempatkan dalam rekening terpisah. Atur jumlah dan durasi yang konsisten agar jumlahnya bisa kamu harapkan untuk persiapan dana liburan mendatang.

2. Ambil peluang bisnis atau lomba

Photo Credit: Wise Bread

Sulit menabung karena gaji selalu habis? Jangan berkecil hati. Kamu bisa mengambil peluang bisnis apapun sesuai dengan minat dan bakatmu, atau mengikuti berbagai ajang perlombaan yang menawarkan hadiah uang tunai. Jangan lupa, lakukan yang terbaik bagi keduanya agar beroleh hasil yang maksimal. Dengan demikian, uang yang kamu hasilkan dari bisnis dan lomba pun bisa kamu gunakan untuk liburan.

3. Ikut challenge

Photo Credit: MyPixa

Selain perlombaan, kamu juga bisa ikut challenge dengan hadiah tiket liburan, tiket pesawat, atau voucher hotel yang bisa kamu gunakan dan tentunya memangkas pengeluaran. Biasanya, jelang akhir tahun akan banyak challenge yang ditawarkan oleh brand-brand ternama dan bisa diikuti oleh siapa saja. Yakin kamu nggak mau ikutan juga?

4. Kurangi jajan di luar

Photo Credit: Shutterstock

Jika kamu ingin sesuatu, maka harus mengorbankan hal lain yang kurang perlu. Liburan akhir tahun kian dekat, kurangi jajan di luar yang tak terlalu bermanfaat. Alihkan dana ngopi di cafe kesayangan untuk biaya makan atau bahkan menginap di hotel selama liburan. Hitung-hitung sih biar kamu nggak terlalu banyak membutuhkan anggaran. Benar tidak?

BACA JUGA


Halal dan Pasti Murah! Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini Saat Berlibur ke Bali

Halal dan Pasti Murah! Jangan Lewatkan 5 Kuliner Ini Saat Berlibur ke Bali

Bali tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang digemari wisatawan, baik lokal maupun mancanegara

Read more..

Nah itulah 4 langkah mudah menyiapkan dana liburan akhir tahun untuk Sahabat Moola. Selamat berlibur dan semoga bermanfaat!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "4 Langkah Mudah Menyiapkan Dana Liburan Akhir Tahun". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !