Berhijab di masa kini tidak sekadar memenuhi panggilan agama namun juga memiliki sisi yang pop yaitu fashion. Penampilan adalah hal yang penting diperhatikan sehingga pakaian wajar dipikirkan harus serasi dari kerudung, baju, hingga sepatu dan tas. Untuk urusan kerudung, berbagai model hadir saat ini dan masing-masing ada pangsa pasarnya sendiri berdasarkan selera.

Online shopping menjadi penyalur hasrat bagi perempuan yang tidak selalu sempat untuk berbelanja ke toko atau pusat perbelanjaan untuk membeli produk yang memenuhi selera gaya dirinya. Solusi fashion ini selain menjadi berkah juga menjadi ancaman bagi keuangan. Bahaya, lho, akses mudah. #Internetmurah untuk apa? Ya BELANJA, dong!


Belanja itu tidak apa-apa, Sahabat Moola. Asal dalam porsi aman terjangkau dan tidak mengancam arus kas. Masalahnya, kita mudah waspada pada hal-hal besar, namun kita akan lengah pada hal-hal kecil yang tampak sepele. Apa sih 3 hal yang menunjang penampilanmu sebagai hijaber?


1. Kerudung

Photo Credit: primaradio

Ya iyalah, hijaber mesti punya kerudung. Punya, ya. Berbeda dari mengoleksi. Hayo, kamu punya atau mengoleksi?

Persoalan umum adalah "Gue gak punya kerudung yang matching, nih!", sembari dahi berkerut dan tangan berkacak pinggang, menatap... berhelai-helai kerudung di lemari.


Kerudung biasanya tidak semahal baju. Lebih terasa pengeluaran untuk membeli baju ketimbang untuk membeli kerudung. Untuk jumlah uang yang sama, bisa membeli lebih banyak kerudung daripada baju. Jadi, akan lebih sering beli kerudung daripada beli baju.


Lumrah saja kok untuk memiliki 2-3 helai kerudung warna berbeda yang dapat dipadankan dengan satu baju. Kamu tidak begini? Mungkin waktunya meninjau padu padan warna. Sebetulnya 3-4 helai untuk tiap variasi kelompok warna sudah cukup lho. Kemudian godaan online shop hadir dengan update koleksinya. "Gue belum punya warna ini! Beli!"


Apa masalahnya? Kita lengah memeriksa total jumlah uang yang dikeluarkan untuk membeli kerudung, karena harganya (secara umum) lebih murah daripada baju. Padahal, ada berapa helai kerudung yang kamu punya? Mungkin kaget sendiri kalau dihitung jumlahnya.


Coba TRIK yang ini: masuk satu, keluar satu. Kalau beli satu yang baru, keluarkan satu yang lama dan berikan ke orang yang lebih membutuhkan. Beli dua ya keluarnya dua.

Sayang dong, beli tapi diberikan ke orang?

Anggap saja amal. Lagipula, pasti ada kerudung yang kita beli karena suka warna atau modelnya tapi ternyata kurang suka dengan bahannya. Atau ada juga kerudung yang saat dipakai tidak cocok dengan warna kulit atau bentuk wajah. Kerudung yang kita simpan hanya karena sayang kalau dibuang, bukan karena sering dipakai. Nah, keluarkan yang ini. Masuk satu keluar satu bisa mengendalikan ruang penyimpanan yang kamu pakai. Berlaku juga untuk jenis pakaian yang lain.


2. Peniti atau jarum

Photo Credit: National Geographic Indonesia

Peniti ini kecil tapi bisa bikin drama, deh. Peniti yang kurang kuat biasanya cepat rusak, selain rentan menyakiti diri sendiri; kuku rusak, jari tertusuk, kain kerudung jadi cacat, dan lain-lain. Peniti kecil yang seperti ini biasanya yang berwarna kuning keemasan. Karena mudah rusak dan berkarat, jadi pemakaiannya boros karena cepat diganti. Peniti yang lebih bisa diandalkan itu yang warnanya khas warna logam; abu-abu. Walaupun ternyata peniti 'putih' ini juga ada versi lunaknya! Mirip peniti 'kuning' tadi sifatnya. Jadi kalau ingin peniti yang awet, coba cari yang warna logam biasa dan kuat/keras, tidak mudah bengkok.


Selain soal empuk, hal lain yang patut diwaspadai dari peniti adalah kemampuannya untuk menghilang. Saat dibutuhkan, tidak ada. Dan itu biasanya saat kamu akan berangkat kuliah atau kerja! Padahal tadi malam ditaruh di tempat biasanya. Tapi sudah aduk-aduk laci penyimpanan, tidak ketemu juga. Keluarkan yang baru deh dari simpanan cadangan. Dan ini akan berulang dalam beberapa hari atau pekan. Jadi walaupun peniti logam ini bukan masuk benda yang bisa dimakan, tapi diam-diam masuk kategori habis digunakan.


TRIK berikut ini bisa dicoba: sediakan satu saja di tempat yang mudah dijangkau. Jangan ubah tempat penyimpanannya, jangan bercampur dengan hiasan, karena entah bagaimana mereka pandai berkamuflase. Kalau cuma satu, kita akan hati-hati memperlakukannya, diingat-ingat tempat meletakkannya, karena malas untuk mencari cadangannya di sudut laci. Jadi, satu saja. OK?

Untuk jarum, sediakan dalam jumlah pas dengan yang biasa kamu pakai saat terburu-buru (bukan saat kamu meluangkan waktu untuk berhias karena ada pesta).


3. Pin/hiasan/bros

Photo Credit: SinceravCraft

Ini tergantung selera dan gaya masing-masing. Saya hampir setiap hari membawa ransel atau tas selempang, sehingga bros yang paling aman saya pakai adalah yang bentuknya datar. Semua (iya, semua) bros yang tidak datar yang saya miliki akan rusak dalam keadaan berubah bentuk atau kehilangan fitur penting; jumlah kelopak bunga berkurang (karena copot), jumlah motif punggung kura-kura berkurang, atau tidak ada lagi di tempatnya alias lepas dari pin. Jadi bros yang saya pakai ya yang itu-itu saja.

Aduh, masa itu-itu doang yang dipakai tiap hari?

Kecuali kamu pakai bros atau hiasan yang besar, tidak akan terlalu diperhatikan orang lain, kok. Yang akan jadi pusat perhatian orang adalah warna kerudungmu, bagaimana kamu memakai/melilitkannya, dan senyum kamu (awas, jangan sampai ada sisa daun bayam nyelip di gigi). Santai saja. Bisa jadi trademark kamu juga, lho!

TRIK nya seperti ini: simpan hiasan/bros spesial untuk acara spesial. Untuk sehari-hari, 2 buah cukup untuk menghuni meja rias kamu. Ini juga akan menghemat waktu kamu untuk bersiap-siap. Kalau hanya satu, kamu tinggal pakai tak perlu pikir-pikir atau pilih-pilih. Semakin banyak pililhan, semakin banyak waktumu terpakai. Sedikit selisih waktu yang tersisa bisa dipakai untuk memastikan tidak ada sisa sarapan yang dapat dilihat orang lain. Cek lagi lipatan kerudungmu sebelum meninggalkan cermin.


Itu 3 alternatif kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk tetap efisien. Apakah kamu punya kebiasaan keuangan unik sebagai hijaber? Berbagi dengan Sahabat Moola, yuk!


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "3 TRIK Sederhana yang Dapat Menghemat Uang dan Waktu Bagi Para Hijaber". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !