Jadi orang Indonesia tentu sangat erat dengan kebiasaan dan tradisinya! Termasuk soal... oleh-oleh! Kamu boleh kesal. Kamu boleh terbebani. Setiap kali kamu bepergian, tanpa malu-malu sebagai orang Indonesia, kita akan selalu mendengar kalimat, “Jangan lupa bawa oleh-oleh ya!”

Padahal kan yang berjuang mengumpulkan uang untuk berangkat ya kita. Kok dia yang harus menikmati terima oleh-olehnya? Ya namanya juga kebiasaan alias sudah tradisi kita untuk pulang dengan membawa buah tangan. Gak ada salahnya kok, kalau kita mampu, siap dengan budgetnya, menunjukkan perhatian pada orang-orang yang kita sayangi dengan oleh-oleh tentu bisa kita upayakan!

Berikut ini 10 trik jitu mengatur ongkos oleh-oleh.


1. Siapkan budget dong!

Biar gimana juga, harus ada uangnya kan. Saat bepergian, kita perlu banget menyiapkan dana untuk transportasi dan akomodasi. Nah siapkan juga dana khusus oleh-oleh ini. Tentukan saja mau menghabiskan berapa dan bayarnya dengan kas atau kartu kredit. Yang penting, oleh-oleh ini bermakna dan sesuai tujuan awal - menunjukkan perhatian kita, bukan malah membebani. Jangan sampai oleh-oleh ini kita cicil ya!


2. Buat daftar Ring 1.

Ada orang-orang terpenting dalam hidup yang perlu kita hadiahi oleh-oleh misalnya kakak adik, orang tua dan mertua. Kalau bepergian untuk pekerjaan, pasangan dan anak tentu juga jadi ring pertama yang akan mendapatkan oleh-oleh. Jadi kalau pun kamu punya budget sangat terbatas, ring 1 ini adalah orang yang pasti dapat oleh-oleh. Selebihnya ya dapat salam aja!

Buat daftar RING 1 vs RING 2 vs RING 3 untuk atur prioritas oleh-oleh.


3. Buat daftar Ring 2 & Ring 3.

Selain ring 1, ada juga ring 2. Mereka adalah para tetangga, anak-anak kantor dan para sahabat yang memang dapat giliran utama untuk dapat oleh-oleh. Ring yang ketiga adalah para sepupu, om dan tante juga teman sepengajian / gereja. Kalau kamu punya budget lebih, belanja oleh-oleh dalam jumlah masif akan menghasilkan perhatian untuk kelompok yang ini.


4. Riset oleh-oleh makanan khas destinasi wisata.

Konon, di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng Banten, tanda termudah melihat asal sebuah pesawat adalah dengan melihat conveyor belt pengambilan bagasi. Di sana kamu akan melihat berbagai kerdus oleh-oleh!

Ayo sebut! Apakah kamu bisa mengenali makanan khas oleh-oleh daerah Indonesia? Ada sambel khas dari Surabaya, kue bika ambon dari Medan, bolu talas dari Bogor, batagor dari Bandung, kuku macan dari Banjarmasin, hingga pempek Palembang!

Tebak pesawat dari kota apa dengan melihat kardus oleh-oleh!

Ya betul! Sebegitu patuhnya kita orang Indonesia menyiapkan oleh-oleh sampai ada hampir di setiap kota, penganan khas yang sudah dipaket sehingga bisa jadi oleh-oleh. Makanan khas begini mudah sekali diakses dan yang paling top beli sekerdus cukup mengoleh-olehi satu kompleks! Hemat dan masif sekaligus!


5. Selalu ada toko murah meriah.

Untuk belanja oleh-oleh di luar negeri tentu lebih menantang. Kurs Rupiah terhadap mata uang asing tidak selalu bersahabat dengan kantong kita. Maka trik yang kamu bisa pakai adalah cari toko murah meriah! Di Singapura ada Mustafa, di Jepang ada Daiso dan di Amerika Serikat bertebaran factory outlet.

Mau beli oleh-oleh?

Bersabarlah. Cari dulu toko murah meriah di lokasi yang sedang kamu kunjungi!


6. Kerajinan terkeren produksi lokal.

Ada kalanya kita membeli oleh-oleh gak selalu murah. Apalagi kalau berkesempatan berkunjung ke area yang terkenal dengan kerajinan lokalnya. Misalnya kunjungan ke Flores dan Sumba, maka kamu jangan sampai melewatkan belanja kain tenun buatan perempuan di sana. Kain tenun ini bisa kamu beli untuk ibu dan ibu mertua sebagai oleh-oleh, walau mungkin gak perlu segitunya beli kain tenun untuk tetangga sekompleks.


7. Cek supermarket lokal.

Trik seru yang bisa kamu pakai berburu oleh-oleh sesuai budget adalah menyerbu supermarket lokal! Supermarket ini adalah tempat penduduk lokal belanja kebutuhan – bukan destinasi turis. Maka harga di sana bisa jadi ‘normal’ dan tidak di-mark-up untuk para turis.


Selalu ada ide oleh-oleh seru di supermarket lokal!


Selalu ada saja ide oleh-oleh menarik yang bisa kamu temukan di supermarket lokal lho! Misalnya sumpit warna warni dari Guangzhou, manisan mangga dari Johor dan mug lucu dari Sydney. Ayo kamu bisa kreatif urusan oleh-oleh ini hanya dengan mengunjungi supermarket lokal!


8. Suvenir tematik.

Kamu punya gak tante yang simpan koleksi barang dari seluruh dunia? Jangan diketawain! Ini bisa jadi ide menarik untuk oleh-oleh. Ternyata ada lho barang-barang tematik yang bisa kamu kumpulkan dari seluruh dunia. Mulai dari berbagai T-shirt “I love”, sendok kecil, lonceng mini, miniatur gedung penting, sampai magnet kulkas!

Sudah beli 10 mini Eifel Tower untuk Aki, Nini, Uwa, Mamang, Bibi, Teteh, Aa dan sepupu yang banyak itu?


9. Kartu pos selalu mempesona.

Oleh-oleh gak selalu harus mahal. Yang penting kan perhatiannya! Coba juga cara old school ini: mengirimkan kartu pos untuk sanak saudara dari negeri seberang! Begitu kamu sampai rumah, oleh-olehmu juga sudah sampai ke rumah saudaramu. Banyak oleh-oleh cuma jadi sampah, tentu tidak jika ini berbentuk kartu pos dari destinasi idaman. Ide yang fresh dan menggemaskan.


10. Tidak beli oleh-oleh!

Keluarga dan sahabat yang sesungguhnya tidak akan memaksamu jadi bokek hanya karena urusan oleh-oleh. Mereka tentu akan senang mendapatkan buah tangan tapi akan maklum juga kalau kamu tidak punya budget untuk oleh-oleh. Ajak sahabat dan saudara menikmati kesenanganmu berlibur dalam bentuk oleh-oleh cerita dan photo.

Terakhir, mari berhenti melakukan terror ala orang Indonesia dengan kalimat “Jangan lupa bawa oleh-oleh ya!”. Just be happy for them. Let them enjoy their holiday. Kamu bisa memulai kebiasaan dengan kalimat, “Jangan lupa photo yang banyak ya! Ikut senang lihat liburanmu!”.

Oleh-oleh harusnya bukan jadi beban ongkos atau tambahan koper yang overweight kan?

Selamat berlibur! #Senangliburan!

BACA JUGA


Waspadai 5 Pengeluaran Sepele yang Membuat Biaya Travelling Membengkak

Waspadai 5 Pengeluaran Sepele yang Membuat Biaya Travelling Membengkak

Sudah nabung jauh-jauh hari untuk travelling malah dana membengkak karena pengeluaran ‘sepele’. Gimana cara mengatasinya

Read more..

***

Dapatkan merchandise #SenangLiburan di Quamma.org dan bantu gerakan sosial “Menjadi Jagoan Finansial”. Saat guru dan murid belajar tentang keuangan, bersama-sama kita mewujudkan kesejahteraan di masa depan.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Siasati Titipan Oleh-Oleh Saat Liburan dengan 10 Tips Berikut Ini". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !